Pembuatan tepung biji durian – Biji durian mengandung beberapa zat diantaranya protein, karbohidrat, lemak, kalsium dan fosfor sehingga dapat dijadikan sebagai tepung untuk bahan makanan.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan, setiap 100 gram biji durian terdapat kandungan 67 gram air, 28,3 gram karbohidrat, 2,5 gram lemak, 2,5 gram protein, 1,4 gram vitamin C, dan 19,7 miligram kalium.

Oleh sebab itu biji durian dapat dibuat menjadi tepung, dengan ini teping biji durian dapat menggantikan penggunaan tepung terigu yang biasa digunakan dalam pembuatan bahan makanan.

Cara pembuatan tepung biji durian

pembuatan tepung biji durian

BAHAN

Adapun bahan-bahan yang digunakan yaitu :

– Biji durian

– Garam

– Air

PERALATAN

Peralatan yang digunakan antara lain :

– Panci perebusan

– Tirisan

– Pisau

– Oven

– Mesin penggiling

– Ayakan

– Alat pengaduk

PROSEDUR PEMBUATAN

  1. Biji durian dicuci, direbus selama 10 menit dalam air mendidih, ditiriskan,
  2. Selanjutnya kulit biji durian dikupas.
  3. Kemudian biji durian diiris dengan ketebalan 2-3 mm.
  4. Lendir dihilangkan dengan cara menambahkan garam 6% pada biji durian, dicampur, diaduk-aduk dibawah air mengalir sampai keluar busa.
  5. Kemudian dicuci dengan air mengalir sampai lendir berkurang dan ditiriskan.
  6. Dioven sampai kering.
  7. Hasil pengeringan kemudian dihaluskan dengan mesin penggiling dan diayak hingga diperoleh tepung biji durian.

Baca juga cara membuat keripik biji durian spesial

Cara pembuatan tepung biji durian

pembuatan tepung biji durian

  1. Tahap pertama yang dilakuhkan adalah cucilah biji durian sampai bersih dari sisa-sisa daging buah agar tidak mengkontaminasi tepung yang akan kita buat.
  2. Rebuslah biji durian di dalam air mendidih lebih kurang selama 10 – 15 menit, kemudian diamkan beberapa saat. Hal tersebut bertujuan untuk melunakkan biji durian agar kita mudah mengupasnya. Guan dari perebusan itu adalah akan mengurangi rasa pahit pada biji durian walaupun memang rasa pahit pada biji durian tidak terlalu kuat.
  3. Selanjutnya buang kulit biji durian dan ambil inti buahnya yang berwarna putih.
  4. Berikutnya irislah inti biji durian tersebut dengan ketebalan ssekitar 2 – 3 mm.
  5. Untuk menghilangkan lendir pada biji durian maka tambahkan garam kira-kira 5 – 6% kemudian aduk hingga merata.
  6. Kemudian bersihkan campuran tersebut dengan air mengalir sehingga akan membawa lendir yang terlepas dari biji durian.
  7. Kemudian cuci dengan air mengalir sampai lendir berkurang lalu diamkan beberapa saat.
  8. Selanjutnya jemurlah biji durian di bawah terik matahari agar kering kurang lebih 5 – 6 hari. Atau juga bisa mengeringkannya dengan menggunakan alat pemanggang (Oven) sampai dirasa cukup kering.
  9. Haluskan irisan biji durian yang telah kering menggunakan blender atau mesin penggiling sampai halus dan menjadi tepung.
  10. Proses pembuatan tepung biji durianpun selesai. Dari hasil pembuatan tepung dari biji durian anda bisa memanfaatkannya untuk dibuat makanan olahan lainnya.

Baca juga cara pembuatan aneka keripik buah

Mudah bukan? setelah mengetahui cara pembuatan tepung biji durian, tepung biji durian dapat kita buat  sendiri, boleh dicoba dilakukan di rumah dengan tangan Anda sendiri di dapur kesayangan Anda. Selamat bereksperimen dan sukses !