Teknik pembuatan pakan ternak sapi potong modern adalah hal penting yang harus di pelajari dalam bertenak hewan, terutama hewan – hewan yang memiliki daya makan tinggi.

Pakan adalah hal yang penting untuk di perhatikan, karena  setiap peternak tentunya menginginkan jika hewan ternaknya gemuk dan sehat.

Namun, beberapa peternak justru mengalami kesulitan dalam menentukan jenis pakan yang lebih sesuai standar serta lengkap dengan nutrisi.

Pakan ternak sapi potong merupakan hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam usaha ternak sapi. Karena pakan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan sapi.

Sapi yang biasa di jadikan ternak yaitu jenis sapi potong dan sapi perah. Kedua jenis sapi tersebut sangat membutuhkan pakan ternak yang baik agar bisa menopang pertumbuhannya.

Teknik Pembuatan Pakan Ternak Sapi Potong Modern

Di bawah ini akan di jelaskan bagaimana bahan – bahan, hal yang perlu di perhatikan, cara pengolahan dalam pembuatan pakan ternak sapi potong.

Pakan Ternak Sapi Potong

Pakan Ternak Sapi Potong

1.) Jenis – Jenis Pakan Ternak Sapi Potong
  1. Pakan Hijauan Segar
    Pakan hijauan segar ini merupakan sebuah pakan ternak yang berasal dari rumput,tanamna biji-bijian atau tanaman jenis kacang-kacangan , pakan hijauan ini mengandung banyak sekali protein dan karbohidrat .
  2. Jerami Dan Hijauan Kering
    Yang dimaksud dengan pakan ini adalah pakan hewan ternak dari bahan jerami dan pakanan yang sudah dipotong dan dikeringkan .
  3. Konsentrat
    Pakan konsentrat ini biasa juga disebut dengan pakan penguat , manfaat dari konsentrat ini sangat banyak . Biasanya pakan konsentrat ini sering terdapat pada dedak padi , jagung giling , bungkil kelapa.
  4. Dan yang terakhir dari beberapa pakan ternak diatas , terdapat pula pakan ternak yang bernama pakan fermentasi . Pakan ternak fermentasi ini adalah yang paling efektif dan efisien yang akan kita buat di sini.
2.) Bahan – Bahan Pakan Ternak Sapi Potong
  1. Jerami yang tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah.
  2. Satu botol bioactivator ( ragi tape jerami )
  3. Air.
3.) Pengolahan Pakan Ternak Sapi Potong Modern
  1. Gelarkan tempat pembuatan untuk pengolahan pakan ternak sapi potong ini, bisa menggunakan terpal.
  2. Setelah tempat pembuatan siap , sekarang masukan satu persatu bahan pembuatan. Letakan jerami pada lantai tanah yang teduh (tidak terkena panas dan hujan) setebal 20 cm kemudian padatkan dengan cara diinjak-injak.
  3. Sekarang semuanya terdapat pada tempat pembuatan , sekarang anda taburkan garam beryodium tadi kedalam bahan yang tadi secara merata
  4. Setelah penaburan garam tadi , sekarang anda siramkan larutan SOC+gula pasir yang sudah dilarutkan tadi kedalam semua bahan secara merata .
  5. Jika semua sudah terdapat pada tempat pembuatan , sekarang anda aduk semua bahan tadi hingga merata
  6. Dalam proses pengadukan selesai, sekarang anda siapkan tempat fermentasi seperti tong besar yang bisa ditutup rapat hingga kedap akan udara.
  7. Jika tempat fermentasi siap , sekarang masukan semua bahan yang sudah diaduk tadi kedalam tempat fermentasi dan tutup hingga rapat .
  8. Setelah semua bahan dimasukan ke dalam tempat fermentasi , saat ini proses fermentasi sedang berlangsung , dan anda bisa menunggu hingga 3-4 jam pakan fermentasi dari gedebog pisang jadi .
  9.  Untuk pakan fermentasi dari jerami padi , anda harus menunggunya sampai 24 jam / sehari

sumber : http://agribisnis.co.id/jenis-pakan-ternak-sapi/

itu tadi cara mudah dalam membuat pakan ternak yang bisa di buat dengan mudah dan murah, sebuah alternatif untuk membuat pakan ternak dengan bahan – bahan yang sederhana.

Jika ingin lebih jelas dalam mendapatkan info – info lebih lanjut tentang teknik – teknik seperti di atas untuk memulai suatu bisnis. Bisa berkunjung ke situs. rumahmesin.com terdapat berbagai macam informasi mesin yang bisa dipakai.