Pakan adalah hal yang wajib di miliki oleh seorang peternak, untuk memberi makan hewan ternaknya, tak terkecuali pakan ternak kambing.

Kambing merupakan hewan ternak yang biasa di kembangbiakkan oleh petani, dan hewan tenak ini lumayan kecil jadi tidak terlalu repot jika mengembalanya, walaupun kecil, kambing juga memiliki daya konsumsi makanan yang cukup banyak.

Sedangkan rumput yang tersedia di lahan biasanya menipis, kondisi ini memaksa para peternak kambing untuk menciptakan pakan alternatif.

Pakan alternatif ini bisa di buat dari gedebok pisang, jerami, singkong, dedak halus dan ampas tahu. Untuk menciptakan pakan alternatif ini tidak lah sulit hanya perlu pencampuran beberapa bahan kimia saja.

Untuk lebih jelasnya nanti akan di jelaskan di bawah. Memberikan pakan arternatif untuk hewan ternak juga membantu ternak bisa lebih sehat.

Pakan Ternak Kambing Yang Murah Dan Mudah

1).Manfaat Pakan Ternak Alternatif atau Fermentasi
  1. Memperbaiki sistem pencernaan. dan akan membuat pencernaan kambing menjadi lancar, karena pakan alternatif mengandung serat yang cukup.
  2. Kambing yang mengkonsumsi pakan alternatif buatan ini akan menjadi lebih gemuk dan sehat. Dan juga akan meningkatkan produksi susu (terutama untuk kambing – kambing di wilayah dataran tinggi).
  3. Daging yang di hasilkan sangat baik untuk di konsumsi manusia karena menjadi lebih rendah kolesterol, karena dengan pakan ternak kambing alternatif iniĀ  bobot kambing akan bertambah dengan cepat secara alami, sehat dan gemuk.
  4. Kotoran kambing akan jauh lebih sedikit dan dapat digunakan sebagai biogas serta pupuk kandang alami, karena dengan mengkonsumsi pakan alternatif juga membuat kotoran kambing menjadi lebih sedikit dan tidak berbau.
  5. Menjadikan kambing lebih tahan terhadapa penyakit dan nafsu makan pada ternak kambing semakin baik.
Pakan ternak kambing

Pakan ternak kambing

2). Cara Membuat Pakan Ternak Alternatif
  1. Siapkan Jerami atau Pohon Pisang sebagai alternatif lain.
  2. Jerami dicacah atau dipotong kecil-kecil. Kemudian siapkan larutan gula bersama parutan nanas yang dicampur dengan air guna membuat fermentasi basah Pohon Pisang sebanyak 1 liter.
  3. Pakan ternak kambing untuk fermentasi kering maka gunakan air sebanyak 10 liter.
  4. Campurkan bahan utama yaitu jerami atau pohon pisang, ampas tahu beserta bekatul ke dalam sebuah wadah berukuran besar.
  5. Larutan yang berisi gula pasir, air serta parutan nanas harus diaduk hingga merata. Lalu coba diamkan campuran tersebut selama kurang lebih 15 menit.
  6. Masukkan kembali larutan tersebut ke dalam 10 liter air. Siramkanlah secara merata ke dalam campuran pakan di dalam wadah besar.
  7. Taburkan garam kemudian aduk kembali secara terus menerus hingga semua bahan menjadi tercampur merata.
  8. Setelah semua proses di atas selesai, maka anda harus memasukkan bahan pakan fermentasi dalam sebuah drum atau ember plastik.
  9. Tutup ember atau drum menggunakan terpal atau plastik, sehingga bagian dalam drum atau ember menjadi kedap udara paling tidak selama 1 hari.
  10. Jika pakan terbuat dari bahan debog atau pohon pisang (basah), maka proses fermentasi hanya membutuhkan waktu selama 1 hingga 3 jam saja.
  11. Sampai pada proses ini pakan kambing fermentasi sudah dapat diberikan pada ternak kambing 2 kali dalam sehari, yaitu pagi serta sore hari.
  12. Hasil fermentasi pakan ternak kambing tersebut juga dapat diberikan kepada ternak sapi yang juga membutuhkan pakan tambahan untuk menambah daging.

Itu tadi tadi adalah proses untuk memberikan pakan ternak kambing alternatif yang murah dan mudah. Dengan melaksanakan cara ini maka dapat memudahkan untuk merawak kambing dan hewan ternak lebih efektif dan efisien.