Kambing  Etawa adalah jenis kambing yang bagus,  dan merupakan hewan ternak yang biasa di kembang biakkan oleh peternak, dan hewan ternak ini bisa di manfaatkan menjadi macam – macam jadi sangat bermanfaat jika mengembalanya.

Ternak kambing etawa banyak dilakukan oleh masyarakat untuk dapat dimanfaatkan sebagai penghasil susu, sebagai kambing daging, bahkan dilombakan atau dikonteskan, karena bentuknya yang bagus dan gagah.

Ada berbagai penyebutan dalam jenis kambing ini, disebut sebagai kambing etawa, kambing PE atau kambing etawah yang merupakan hasil peranakan kambing jamnapari dari India dengan kambing lokal Indonesia.

Kambing Etawa jantan memiliki kekhasan yaitu adalah ukuran daun telinga yang panjang menggantung kebawah. Kambing Etawa jantan dapat mencapai tinggi gumba antara 90 cm s/d 127 cm.

Memiliki bentuk dahi dan hidung yang kembung.Kambing Etawa dapat memproduksi susu hingga sebanyak 3 liter/hari.

3 Bahan Alternatif Untuk Memberi Pakan Ternak Kambing Etawa Yang Efektif

Jika melihat ekosistem negara kita Indonesia. Hutan, sawah dan rumput bisa di dapat dimana saja,  dan sebab itu hampir disetiap daerah memiliki berbagai macam jenis pakan.

Jadi di sini kita akan membahas 3 Bahan Alternatif Untuk Memberi Pakan Ternak Kambing Etawa Yang efektif.

Macam jenis pakan alternatif yang di bahas disini dapat juga di gunakan untuk keperluan bagi kambing peliharaan anda, karena negara kita merupakan negara kepulauan dan daerah tropis maka sangat baik ekosistemnya.

Bahan – Bahan di yang akan kami jelaskan dapat di dapatkan di sekitaran kita, jadi tidak perlu repot untuk membeli yang tidak di butuhkan, karena sesuati dengan bahasan kita, ini adalah alternatif dalam memberi pakan kambing etawa yang efektif

1.) Pakan Hijau-Hijauan Rumput Dan  Dedaunan

Bahan untuk Ternak kambing Etawa yang pertama ini yaitu pakan dari rumput-rumputan dan dari dedaunan. Pakan rumput-rumputan ini diantaranya bisa di gunakan dengan rumput gajah, rumput benggala, rumput raja dan turi.

Pakan Ternak Kambing Etawa

Jika di daerah anda tidak bisa menemukan jenis rumput tersebut maka dapat di gantikan dengan alternatif lain, untuk pakan legume antara lain seperti Lamtoro, Kaliandra, Kacang-kacangan, dan Harendong.

Sebernarnya jika anda memberi pakan ternak kambing etawa maka daun-daunan hijau lebih disukai oleh kambing dibandingkan rumput. Komposisi masing-masing pakan tergantung pada kebutuhan ternak.

Takaran Gizi yang baik juga sangat berpengaruh untuk keseimbangan kesehatan kambing etawa, oleh karena itu campuran daun-daunan dan rumput dengan perbandingan 1 : 1 akan saling melengkapi dan menjamin ketersediaan gizi.

Di samping itu, kambing tidak cepat bosan melahap pakan hijau yang tersedia. Hindari pemberian hijauan yang masih muda.

2.) Pakan Ternak Kambing Etawa Yang Di dapat dari Limbah Industi dan Pertanian

Pakan Limbah Industri dan Pertanian juga bisa di jadikan alernatif lain. Selain pakan hijauan, kambing juga menyukai pakan yang berasal dari limbah pertanian.

Sementara jika di dekat rumah anda terdapat limbah pertanian, maka baik untuk di manfaatkan  antara lain seperti jerami padi, jerami jagung, daun singkong, daun nangka dan limbah kelapa.

Limbah industri juga dapat dijadikan pakan antara lain seperti ampas tahu, ampas tempe, ampas singkong,  dedak padi, dan dedak jagung.

3.) Alternatif Pakan Tambahan Untuk Alternatif Gizi
Pakan Ternak Kambing Etawa

Pakan Ternak Kambing Etawa

Pakan tambahan berguna untuk memenuhi kebutuhan mineral dan meningkatkan nafsu makan. Selain itu, pakan tambahan ini bermanfaat untuk menutupi kekurangan zat gizi yang terdapat pada hijauan.

Sumber pakan tambahan berupa campuran mineral (mineral mix) dari garam dapur, kapur, dan premix. Untuk tetap menjamin bagaimana kestabilan Gizi Kambing

Sumber: Buku Petunjuk Praktis Menggemukan Domba, Kambing & Sapi Potong