Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Olahan Ikan Tuna Segar

Ada banyak sekali olahan ikan tuna yang bisa kamu temui di restaurant, rumah makan sederhana dan kedai-kedai steak. Olahan ikan tuna Segar merupakan menu yang paling digemari. seperti Resep Bumbu Kuning,  Asam Manis, Goreng,  Bakar Saus Tomat,  Suwir,  Bumbu Gulai,  Bolu isi Keju, dan sebagainya. Berikut adalah informasi dan berbagai resep olahan ikan tuna.

Pengertian

Tuna adalah ikan laut pelagik yang termasuk bangsa Thunnini, terdiri dari beberapa spesies dari famili skombride, terutama genus thunnus . Ikan ini adalah perenang andal (pernah diukur mencapai 77 km/jam). Tidak seperti kebanyakan ikan yang memiliki daging berwarna putih, daging tuna berwarna merah muda sampai merah tua.

Hal ini karena otot tuna lebih banyak mengandung myoglobin daripada ikan lainnya. Beberapa spesies tuna yang lebih besar, seperti tuna sirip biru atlantik (Thunnus thynnus), dapat menaikkan suhu darahnya di atas suhu air dengan aktivitas ototnya.

Hal ini menyebabkan mereka dapat hidup di air yang lebih dingin dan dapat bertahan dalam kondisi yang beragam. Kebanyakan bertubuh besar, tuna adalah ikan yang memiliki nilai komersial tinggi.

Tuna memiliki bentuk tubuh yang sedikit banyak mirip dengan torpedo, disebut fusiform, sedikit memipih di sisi-sisinya dan dengan moncong meruncing. Sirip punggung (dorsal) dua berkas, sirip punggung pertama berukuran relatif kecil dan terpisah dari sirip punggung kedua.

Tuna memiliki bentuk tubuh yang sedikit banyak mirip dengan torpedo, disebut fusiform, sedikit memipih di sisi-sisinya dan dengan moncong meruncing. Sirip punggung (dorsal) dua berkas, sirip punggung pertama berukuran relatif kecil dan terpisah dari sirip punggung kedua. Di belakang sirip punggung dan sirip dubur (anal) terdapat sederetan sirip-sirip kecil tambahan yang disebut finlet.

Sirip ekor bercabang dalam (bercagak) dengan jari-jari penyokong menutup seluruh ujung hipural. Di kedua sisi batang ekor masing-masing terdapat dua lunas samping berukuran kecil, yang pada beberapa spesiesnya mengapit satu lunas samping yang lebih besar.

Tubuh kebanyakan dengan wilayah barut badan (corselet), yakni bagian di belakang kepala dan di sekitar sirip dada yang ditutupi oleh sisik- sisikyang tebal dan agak besar. Bagian tubuh sisanya bersisik kecil atau tanpa sisik. tulang-tulang belakang (vertebrae) antara 31–66 buah.[1]

Selanjutnya kita akan bahas berbagi resep Olahan Ikan Tuna.

Olahan Ikan Tuna Segar

Ikan tuna bisa di bilang primadona di restaurant-restaurant. ada banyak Olahan Ikan Tuna salah satunya  ikan tuna asam manis  makanan ini bisa di bilang populer di kalangan masyarakat.

olahan ikan tuna segar

 

Bahan:

  • 500 gram fillet ikan tuna
  • 200 gram tepung serba guna
  • 1 buah bawang bombay
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 botol saus tomat
  • 1 buah tomat
  • 1 sdm mentega
  • garam secukupnya
  • lada secukupnya
  • gula secukupnya
  • perasan jeruk nipis secukupnya

Resep:

  1. Potong-potong dan fillet ikan tuna
  2. Kucuri dengan perasan air jeruk
  3. Bumbui dengan lada dan garam lalu sisihkan
  4. Encerkan 1 sdm tepung serba guna
  5. Masukkan ikan lalu gulingkan dalam tepung kering
  6. Goreng sampai kecoklatan di dalam minyak panas
  7. Iris bawang dan tumis dengan sedikit minyak sampai layu
  8. Masukkan tomat yang sudah dipotong
  9. Masukkan sedikit air dan saus tomat
  10. Bumbui dengan garam, gula, dan lada
  11. Aduk rata dan koreksi rasa
  12. Masukkan mentega lalu aduk rata.
  13. Siram saus di atas ikan goreng
  14. Sajikan dan nikmat

Demikianlajh artikel kali ini tentang olahan ikan tuna segar untuk masakan dirumah, semoga bermanfaat

Theme by Anders Norén