Perkembangan jaman yang ingin semuanya serba instan serta praktis membuat modal usaha air minum isi ulang galon tumbuh pesat di masyarakat Indonesia. Dari pelosok desa sampai kota mudah sekali didapati berbagai depot isi ulang air minum dengan merek tertentu. Seperti Aqua, Fujiro, Air Biru dan brand lainnya.

Inilah peluang bisnis yang sangat populer di masyarakat Indonesia kali ini. Berikut ini adalah informasi penting mengenai modal bisnis air isi ulang. Bagi Anda yang ingin membangun usaha air minum isi ulang ini bisa menyimak,

Disini kalian juga harus membaca kerajinan botol bekas yang unik

Uraian Modal Bisnis Air Isi Ulang Di Bawah Ini.

Prospek Usaha Isi Ulang Air Galon

Minuman merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia setiap harinya. Sejak lahir manusia tentunya membutuhkan air. Oleh sebab itu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari air minum yang baik dan menyehatkan. Namun saat ini masih terdapat kesulitan dalam mendapatkan air yang disebabkan karena kekeringan di berbagai daerah. Hal tersebut membuat peluang bisnis isi ulang air minum ini menjadi sangat menjanjikan.

Rincian Modal Bisnis  Isi Ulang Galon 

Berikut ini adalah rincian modal untuk bisnis air isi ulang awal dalam membuka usaha ini yang perlu Anda ketahui.

  • Peralatan                                                          = Rp. 16.000.000.,-
  • Biaya listrik                                                     = Rp. 150.000,-
  • Peralatan khusus (tutup galon, tisu, air)          = Rp. 2.000.000,-
  • Biaya transportasi                                              = Rp. 100.000,-
  • Gaji Karyawan                                                = Rp. 750.000,-
  • Sewa lokasi                                                     = Rp. 15.000.000,-

Setelah dihitung estimasi modal usaha air minum isi ulang sekitar Rp. 34.000.000,-. Jika dalam sehari Anda dapat menjual air minum sebanyak 100 buah maka penghasilan kotor yang didapat sekitar Rp. 500.000,- .

Jadi dalam sebulan penghasilan kotor yang Anda dapatkan sekitar Rp. 15.000.000,- ( Rp. 500.000 X 30). Jika dikurangi biaya operasional, maka keuntungan yang Anda dapatkan sekitar Rp. 10.000.000,- / bulan. Dan untuk BEP atau balik modal bisa kembali sekitar 3 bulan.

Kelebihan Usaha  Isi Air Galon

Mungkin pada saat ini bisnis air minum isi ulang Anda berjalan sangat lancar sehingga mendapat  banyak keuntungan. Namun ingatlah sewaktu-waktu bisnis depot air minum isi ulang Anda juga bisa saja mengalami penurunan keuntungan. Hal tersebut tidak dapat terlepas dari beberapa faktor.

Misalnya pesaing membangun usaha yang sama degan Anda di lokasi yang cukup strategis dan dekat dengan depot air minum milik Anda. Target market Anda yang awalnya besar akan menjadi terbelah dua. Namun disamping itu, usaha depot air minum isi ulang memiliki kelebihan yang sangat mendasar. Berikut ini adalah penjelasannya :

1. Modal Kecil

Modal usaha yang dibutuhkan untuk membangun usaha ini relatif kecil. Dengan modal dana kurang dari Rp. 10.000.000, Anda sudah bisa membangun usaha ini. Anda bisa membangun usaha air minum isi ulang ini secara sangat sederhana. Begitu juga dengan biaya operasional usaha terbilang sangat kecil. Misalnya biaya transportasi yang bisa ditutupi dengan keuntungan usaha tersebut.

2. Mudah Dijalankan

Dalam menjalankan bisnis ini cukup mudah, sebab konsumen akan datang sendiri ke tempat depot air minum Anda. Mereka butuh air minum setiap hari yang cukup praktis dari pada harus merebus air yang akan memakan waktu lama.

3. Tempat Fleksibel

Usaha ini tidak akan membutuhkan tempat yang luas. Dengan memanfaatkan ruangan kecil di depan rumah, Anda sudah dapat menjalankan bisnis ini dengan prospek yang baik.

4. Bisnis Non Musiman

Kelebihan dari bisnis ini adalah tidak mengenal musim. Bisnis ini akan laku sepanjang waktu tanpa membutuhkan keterampilan yang khusus. Seorang anak kecil pun bisa untuk menjalankan bisnis ini. Yang terpenting adalah belajar dan belajar.

5. Untung Besar

Yang terpenting adalah keberanian dalam memulai suatu bisnis terutama bisnis ini yang memiliki banyak keuntungan. Jika Anda tak mempunyai modal untuk menjalankan bisnis ini, Anda bisa meminta bantuan ke berbagai pihak dengan melengkapi proposal usaha air minum isi ulang galon.

Berikut adalah 2 jenis bisnis air minum isi ulang yang ada di Indonesia:

1. Bisnis Air Minum Isi Ulang Tanpa Teknologi Reverse Osmosis

Bisnis air minum isi ulang ini menggunakan alat filter untuk membersihkan air dari kuman dan bakteri. Namun filter tidak dilengkapi Reverse Osmosis.

Modal bisnis ini cukup murah dibandingkan bisnis air minum yang menggunakan reverse osmosis ( RO ).

2. Bisnis Air Minum Isi Ulang Dengan Teknologi Reverse Osmosis

Bisnis air minum isi ulang dengan tambahan filter yaitu alat reverse osmosis. Alat ini akan menjaga kualitas air dengan membersihkan air dalam level molekul untuk menjaga kemurnian air.