Minyak Kelapa Untuk Rambut. Minyak kelapa dari sejak zamn dulu sudah dikenal dengan berbagai manfaatnya untuk manusia. Salah satu manfaat minyak kelapa yang paling sering digunakan adalah untuk kesehatan rambut.

Proses membuat minyak kelapa berasal dari buah kelapa yang diolah menggunakan berbagai mesin untuk menghasilkan minyak. Salah satu mesin yang cukup penting yaitu alat parut kelapa guna menghasilkan kelapa parut untuk diolah lebih lanjut.

Kadungan yang baik dari minyak kelapa sangat ampuh untuk ramuan alami merawat kesehatan rambut. Bahkan putri dizaman kerajaan juga sudah menggunakan minyak kelapa untuk rambut sebagai bahan perawatan dan kesehatan.

Banyak sekali yang merekomendasikan minyak kelapa sebagai bahan perawat rambut karena terbukti lebih ampuh dan alami. Namun masih ada saja yang menganggap perawatan rambut dengan minyak kelapa itu cara kuno.

Belakangan ini  maraknya penggunaan pomade oleh anak muda, membuat varian minyak rambut berbahan minyak kelapa banyak digunakan oleh pria. Harganya juga sangat kompetitif dan membuat nilai jual minyak kelapa menjadi lebih meningkat lagi.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut

  • Memberi Nutrisi dan Melembabkan Rambut

Minyak kelapa dapat meresap kedalam setiap helai rambut yang akan menambah kelembutan pada folikel dan mencegah rambut kering dan patah. Tak hanya itu minyak kelapa juga menambah kekuatan dan vitalitas dengan melembabkan rambut dari dalam.

Jika kamu memiliki jenis rambut yang kering minyak kelapa sangat cocok untuk rambut jenis ini. Kandungan vitamin E dalam minyak kelapa dipercaya bisa meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan.

  • Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Dengan sifat anti jamur dan bakteri minyak kelapa dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit kepala yang umum seperti ketombe. Karena ketombe yang berlebih membuat folikel terhambat dan memperlambat pertumbuhan rambut.

Minyak kelapa didalamnya juga mengandung asam kaparat yang mempunyai sifat antimikroba. Jadi, kesehatan kulit kepala akan lebih terjaga dengan minyak ini.

  • Mecegah Hilangnya Protein Rambut

Sebagai emolien yang sangat baik minyak kelapa menjadi sumber yang kaya akan asam lemak seperti asam oleat, asam linoleat, dan asam laurat.

Asam lauat sangat efektif untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, karena mempunyai afinitas yang tinggi untuk protein rambut. Zat inilah yang dapat mengikat protein dalam rambut dan akan mencegah hilangnya protein rambut.

  • Membuat Rambut Kuat dan Elastis

Dengan adanya asam linoleat dalam minyak kelapa dapat membuat rambut terhidrasi dengan baik sehingga mempertahankan elastisitas rambut. Rambut yang tebal dan kuat juga bisa dapatkan dari asam oleat dalam minyak kelapa.

Manfaat minyak tak hanya ini saja, Baca Juga Khasiat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan. Supaya menambah wawasan kamu tentang olahan kelapa ini.

  • Melembutkan Rambut

Rambut yang kering sering menjadikan kita tampil kurang percaya diri karena rambut kering terlihat berantakan. Dengan menggunakan minyak kelapa secara teratur kamu akan mendapatkan rambut yang lebih mudah diatur.

Penggunaan minyak kelapa cukup beberapa tetes , lalu oles ke rambut dan kulit kepala sambil memijat-mijatnya lembut. Lakukan setiap hari secara rutin, apalagi di pagi hari, akan membuat rambut lebih lembut. Setelah dioles, tunggulah 30 menit sebelum membasuh menggunakan air seperti biasa.

  • Mengatasi Rambut Bercabang

Selain dapat mengatasi rambut yang kering minyak kelapa juga bisa mengatasi masalah rambut lain yaitu rambut bercabang. Rambut yang bercabang biasanya disebabkan karena terlalu sering mewarnai dan mencatok rambut.

Untuk mengatasi rambut bercabang biasanya para wanita melakukannya dengan cara memotongnya. Cara ini bisa dilakukan namun sangat tidak efektif, yang paling mudah adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Cukup mengoleskan pada bagian rambut yang bercabang secara rutin, maka kamu akan mendapatkan hasil yang tidak kamu duga.

  • Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Yang paling ampuh dari minyak kelapa untuk rambut yaitu dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Cocok sekali untuk kamu yang memiliki rambut tipis atau tidak tumbuh panjang.

Hanya dengan mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala secara rutin hasilnya akan maksimal meskipun membutuhkan waktu cukup lama. Minyak kelapa akan membantu pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat dengan nutrisi yang akan diserap rambut.

  • Menghilangkan Ketombe

Kandungan asam laurat yang terdapat dalam minyak kelapa bisa membantu melancarkan udara dan peredaran darah pada kulit kelapa. Untuk cara mengaplikasikanya cukup mudah yaitu cukup dengan mengoleskanya ke seluruh bagian rambut sebelum tidur dengan menggunakan sisir agar merata.

Setelah itu bungkus dengan handuk dan tunggu sampai semalaman. Anda bisa membilas dengan air bersih pada waktu pagi hari.

Itulah tadi beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari minyak kelapa. Terbukti berbagai masalah rambut dapat diatasi dengan olahan kelapa yang satu ini.

Selain banyak manfaatnya minyak kelapa juga mudah untuk didapatkan, bahkan kamu juga dapat membuatnya sendiri. jadi kamu bisa melakukan perawatan rambut secara alami setiap saat tanpa takut ada efek sampingnya.

Walaupun perwatan rambut dengan menggunakan minyak kelapa relatif cukup lama, namun efek yang diberikan benar benar alami dan nyata.