Hampir sama dengan tanaman kelapa yang banyak memiliki banyak manfaat dari seluruh bagian tanamannya, tanaman cengkeh juga demikian. Minyak cengkeh sebagai hasil dari penyulingan bunga atau daun cengkeh ternyata memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan.

Selain cengkeh, minyak cengkeh adalah salah satu manfaat yang bisa diambil dari tanaman cengkeh. Minyak cengkeh adalah minyak atsiri yang berupa hasil dari penyulingan bunga, daun atau ranting tanaman cengkeh.

Jadi bukan hanya cengkehnya saja yang bisa dipanen dari tanaman cengkeh, bahkan minyak cengkeh hasil dari penyulingan daun dan bunga tanaman ini bisa dijadikan sumber penghasilan. Dan yang paling penting adalah manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Minyak Cengkeh

minyak cengkeh

Apa sebenarnya kandungan minyak cengkeh sehingga dipercaya untuk pengobatan tubuh manusia. Ternyata, minyak cengkeh mengandung eugenol sebanyak 78-98%. Zat ini dihasilkan oleh kelenjar minyak yang terdapat pada permukaan bunga cengkeh.

Berbeda dengan minyak yang dihasilkan dari bunga cengkeh, minyak cengkeh dari daun dan ranting tanaman cengkeh mengandung eugenol lebih banyak. Jika dari daun cengkeh terdapat kandungan egenol sebanyak 82-88%  maka dari rantingnya lebih banyak karena  mencapai 90-95%.

Kandungan lain dalam minyak cengkeh selain egenol adalah asam lemak omega 3, zat mangan, zat besi, magnesium, kalsium dan juga potasium. Tentu juga kandungan vitamin berupa vitamin C dan K yang juga diperlukan oleh tubuh.

Manfaat Minyak Cengkeh

Ini dia yang dinantikan, mengetahui manfaat minyak cengkeh. Penasaran bukan, mungkin anda belum familiar dengan minyak satu ini. Nah, bagi anda yang punya keluhan sakit gigi, ada kabar gembira karena salah satu manfaat minyak yang terbuat dari cengkeh adalah sebagai obat sakit gigi.

Yah meski tidak sepopuler minyak kayu putih atau minyak zaitun, minyak cengkeh memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, apa saja? Berikut 4 manfaat minyak cengkeh untuk kesehatan:

 

1. Minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi

Inilah manfaat minyak cengkeh yang paling populer. Siapa sih yang tahan dengan sakit gigi, bingung mau diapakan? Cobalah diobati dengan minyak ini.

Kandungan egenol yang terkandung dalam minyak ini bisa membunuh bakteri dan jamur penyebab sakit gigi secara alami.

Caranya mudah, teteskan minyak ini ke dalam kapas lalu tempelkan pada gig yang sakit. Selain sebagai obat juga bisa sebagai obat peradangan.

Jika ingin menggunakan daun cengkeh untuk obat sakit gigi juga bisa. Caranya dengan merebus 7-9 lembar daun cengkeh dengan setengah gelas air. Setelah itu saring dan ambil sari daun cengkeh, sari daun inilah yang bisa anda gunakan untuk dioleksan pada gigi yang sakit.

Perlu anda tahu bahwa minyak  ini akan terasa panas dan pedas di mulut, sehingga ada beberapa orang yang tidak tahan, sehingga gunakan saja sari daunnya. Pastikan gigi anda dalam keadaan bersih sebelum diberi obat dari daun cengkeh ya.

2. Minyak cengkeh sebagai obat nyeri otot dan nyeri sendi

Kandungan dalam minyak  selain egenol yaitu kalsium dan omega 3, keduanya berguna untuk menguatkan sendi dan tulang. Luar biasa bukan.

3. Minyak cengkeh dapat memperbaiki kondisi pernafasan.

Bagi anda yang menderita pilek, infeksi virus, asma, TBC, hidung tersumbat atau bronchitis bisa menggunakan minyak ini sebagai obat.

Caranya adalah dengan mencampurkan 10-15 tetes minyak ke dalam segelas air putih lalu diminum sebagai obat. Nah, minum campuran air dan minyak ini juga dapat mengobati gejala sakit tenggorokan.

4. Minyak cengkeh untuk merawat kulit

Selain untuk obat dalam, minyak dari cengkeh juga dapat digunakan untuk obat luar yaitu untuk menyembuhkan kulit, mengurangi infeksi dan mengobati bekas gigitan serangga.

Banyak bukan manfaat minyak  untuk kesehatan tubuh manusia, tidak ada salahnya untuk dicoba bukan. Nah, jika anda ingin membuat sendiri minyak ini bisa menggunakan bantuan alat berupa mesin cengkeh.

Mesin ini berguna untuk mengolah cengkeh dari perontokan sampai menjadi bahan siap pakai.

Selain 4 manfaat diatas,  minyak ini juga digunakan untuk penyedap rasa, parfum, anti bakteri, anti jamur dan anti serangga. Yang unik, minyak tersebut juga dapat digunakan untuk pembius ikan pengganti sianida sehingga lebih ramah lingkungan.

Demikian manfaat minyak cengkeh untuk kesehatan, banyak dan berguna sekali bukan? Hanya saja bagi anda yang mengkonsumsi obat antikoagulan dan obat antiplatelet perlu konsultasi dulu ke dokter untuk berhati-hati ya. Semoga bermanfaat.