Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Membuat Resep Mie Tek Tek Goreng Jawa Yang Terasa Bumbunya

mie-tek-tek-goreng-jawa

Membuat Resep Mie Tek Tek Goreng Jawa Yang Terasa Bumbunya – Hidangan mie goreng jawa membuat kita rindu dan tidak akan lupa rasanya yang super enak ini.

Selalu saja bikin nagih dan ngangenin. Salahsatu jenis olahan mie yang cukup banyak memiliki penggemar di Indonesia adalah mie tek-tek atau sebagaian lagi menyebutnya dengan mie dok-dok.

Mie tek-tek atau dikenal dengan nama mie dok-dok biasanya dijajakan pada malam hari oleh pedagang yang berkeliling .

Dengan menggunakan wajan penggorengan yang dipukul sehingga menimbulkan bunyi “tek-tek” mereka memberitahu para pelanggannya jika mereka datang.

Rasanya yang gurih dan penuh dengan cita rasa menjadi hal yang dinanti para pecintanya.

Campuran dalam mie tek-tek goreng ini sangat mudah dan fleksibel untuk dimodifikasi sehinga sangat mungkin disesuaikan dengan selera anda masing-masing.

Bagi anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri dan menyajikannya untuk keluarga anda atau orang-orang terdekat anda.

Maka berikut ini kami sajikan resep dan cara membuat mie tek-tek goreng yang mantap yang bisa anda aplikasikan dengan mudah di dapur anda masing-masing.

Tertarik untuk mencobanya . untuk membuatnya ternyata caranya nggak terlalu sulit, kok. Ikuti saja resep mie tek – tek goring jawa di bawah ini.

Membuat Resep Mie Tek Tek Goreng Jawa Yang Terasa Bumbunya

 Bahan Utama:

  •  150 gram udang segar kupas bagian kulitnya
  •  3 lembar kol yang diiris kasar
  • 100 gram sawi hijau rajang kasar
  • 5 butir baso sapi ukuran sedang yang diiris tipis
  • 1 batang bawang daun polong rajang halus
  • 200 gram mie telur kering
  •  2 butir telur ayam
  • Kecap manis secukupnya
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  •  Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:

  • 1 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • 2 butir kemiri yang telah disangrai

Bahan Pelengkap:

  • Bawang goreng secukupnya

    Cara Membuat Mie Tek-Tek Goreng yang Mantap:

Haluskan bumbu terdiri dari bawang putih, bawang merah, dan kemiri yang sebelumnya telah disangrai dengan blender atau ulekan (sesuaikan selera)

Siapkan wajan dan panaskan minyak, kemudian masukan bumbu halus dan tumis hingga tercium aroma harum dari tumisan anda. Setelah tercium aroma harum dari masakan anda, masukan telur kemudian orak arik.

Tambahkan udang dan baso sapi ke dalam tumisan, dan aduk kembali hingga semua bahan merata. Masukan kol dan sawi yang telah dipotong-potong ke dalam tumisan anda, hingga sedikit layu.

Tambahkan mie yang telah anda rebus kemudian tuangkan garam dan penyedap rasa serta kecap manis.

Aduk semua bahan tadi hingga tercampur merata dan matang dengan sempurna.

Setelah dirasa benar – benar matang, kemudian matikan api. Setelah itu siapkan piring saji, kemudian tuangkan mie tek-tek anda ke atas piring saji.

Berikan taburan bawang goreng diatas mienya untuk menambah kelezatan dari mie anda. Mie tek tek siap untuk dinikmati , Mie ini juga pas disantap dengan acar mentimun dan cabai rawit.

Tips Meminimalisir Bahaya Mie Instan

1. Jangan Terlalu Sering

Oleh sebab itu, kalaupun anda begitu menyukai mie instan, cobalah untuk memberi jedah dalam mengkonsumsinya. Jagan terlalu sering memakannya apalagi sampai setiap hari.

Bila perlu jangan menyetok mie instan di rumah karena biasanya seseorang jadi malas memasak karena ada mie instan yang cepat saji.

2. Buang Air Rebusan Salah

satu proses yang sangat penting untuk diperhatikan adalah proses perebusan mie instan.

Kebanyakan konsumen mungkin akan menggunakan air rebusan sebagai kuah, padahal sebaiknya air rebusan tersebut dibuang karena mengandung bahan kimia yang lepas semasa perebusan.

Jika anda perhatikan, air rebusan mie umumnya akan berubah menjadi lebih keruh berwarna kekuningan dan terlihat seperti ada lapisan lilin. Jika air ini dijadikan kuah, maka tentu akan berbahay bagi tubuh.

3. Gunakan Kuah Baru

Saat anda membuat mie kuah, maka gunakanlah air baru sebagai kuah setelah mie instan direbus dan ditiriskan.

Jangan gunakan air rebusan sebagai kuah karena pada air tersebut terdapat berbagai bahan kimia berbahaya hasil rebusan tadi.
Demikian Membuat Resep Mie Tek Tek Goreng Jawa Yang Terasa Bumbunya.

Resep ini sangat mudah untuk anda aplikasikan di rumah masing – masing, isi dan bahan – bahan pelengkap bisa anda kreasikan kembali dengan menggunakan bahan lainnya sesuai dengan selera masing-masing.

Lezat dan terasa bubunya mie tek-tek ini bisa menjadi menu andalan baru bagi anda dan keluarga anda. selamat memcoba Resep Mie Tek Tek Goreng Jawa.

Sekian informasi tentang : Membuat Resep Mie Tek Tek Goreng Jawa Yang Terasa Bumbunya. Jika anda menginginkan informasi lainya anda bisa mengunjunggi artikel tentang : Resep Mie Tek Tek Kuah Jawa Yang Sederhana Dan Menyehatkan

 

Theme by Anders Norén