Di artikel ini kita akan mencari tahu bagaimana sih cara mempercantik diri dengan menuai manfaat santan kelapa untuk wajah.

Siapa sih yang tidak kenal santan? Santan memang suka bikin sakit hati sih, apalagi kalau ngajak balikan.

….

Itu mantan. Bukan santan.

Maaf. Tapi berbeda dengan mantan yang bisa bikin sakit, santan bisa bikin sehat dan cantik lho.

Cairan yang dalam bahasa inggris dikenal dengan sebutan coconut milk ini merupakan hasil olahan dari daging buah kelapa yang diparut kemudian diperas bersama air.

Santan memiliki rasa yang gurih seperti lemak. Santan seringkali dimanfaatkan sebagai bahan masakan juga penyedap. Khususnya di Indonesia, santan sangat terkenal dan dapat ditemui di setiap makanan khas seperti rendang, kolak, gulai, dan masih banyak lagi.

Santan memiliki banyak kandungan air, protein, dan lemak. Kandungan-kandungan berikut inilah yang dapat memberikan manfaat untuk perawatan wajah anda.

6 Manfaat Santan Kelapa Untuk Wajah

Berikut ini adalah manfaat santan kelapa untuk wajah yang dapat kamu rasakan efek nyatanya:

1. Melembabkan kulit wajah :

Oleskan santan ke wajah anda dengan sedikit pijatan untuk merilekskan otot. Setelah dipijat diamkan selama 15 menit, selanjutnya bilas wajah hingga bersih. Kulit akan menjadi lebih lembut, lembab dan rileks.

2. Menghilangkan kulit mati :

Scrub dari santan kelapa efektif membersihkan pori-pori dan membantu pengelupasan kulit mati, membuat kulit lembut dan tampak sehat. Untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa mencampurkan 1 cangkir garam, 4 sdm. santan kelapa, dan 1 1/2 sdm minyak kelapa sebagai pewangi.

Tambahkan santan kelapa hingga campuran kekentalannya sesuai keinginan. Oleskan campuran ini pada kulit untuk mendapatkan efek pengelupasan alami dan murah yang dapat digunakan di seluruh tubuh.

3. Mencegah kulit kering :

Untuk menjaga kelembaban kulit dan membantu mencegah pengeringan dan meringankan gatal-gatal pada kulit. Cara yang bisa anda lakukan yakni campurkan santan dengan bubuk cendana, lalu oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 sampai 20 menit sebelum dibilas.

Cara lain yang bisa anda gunakan yakni , gosokkan santan langsung ke kulit tanpa menambahkan bahan lainnya. Jika langsung digosokkan, santan tidak perlu dibilas.

4. Menghaluskan kulit :

Campurkan satu mengkok santan kelapa dengan seperempat sendok makan bubuk kunyit, aduk hingga rata lalu gosokkan perlahan ke seluruh bagian tubuh.

Diamkan selama 5-10 menit kemudian bersihakan dengan air hangat. Setelah mandi, jangan lupa oleskan body lotion saat tubuh anda  masih terasa lembab. Jika dilakukan secara rutin, ramuan ini bisa menghaluskan kulit anda.

5. Mencegah kerutan :

Air kelapa bisa Anda gunakan untuk membasuh wajah dan bermanfaat untuk mencegah kerutan halus sekaligus menyamarkan flek hitam. Caranya, bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan susu pembersih atau sabun.

Bilas dengan air bersih, kemudian usapkan air kelapa muda atau basuh hingga semua bagian muka terkena. Lakukan sesering mungkin, karena cara ini tidak memiliki efek samping.

Selain santan kelapa, air kelapa ditambah parutan kelapa juga punya manfaat lho

6. Mengurangi minyak wajah :

Produksi minyak berlebih di wajah membuat riasan cepat luntur. Selain itu kulit berminyak juga membuat penampilan menjadi lusuh. Daging kelapa bisa digunakan untuk mengurangi produksi minyak di kulit wajah.

Tambahkan parutan kelapa dengan sedikit air agar parutan kelapa menjadi bubur. Tempelkan pada seluruh wajah biarkan selama 20-30 menit. Bersihkan parutan kelapa dan bilas dengan air dingin.

*****

Selain yang sudah disebutkan di atas, santan kelapa juga punya banyak manfaat lain lho.

Manfaat santan kelapa untuk rambut juga banyak, seperti membantu pertumbuhan rambut, menyehatkan rambut, mencegah rambut bercabang, melembabkan rambut, memperlambat pertumbuhan uban, serta menghilangkan ketombe.