Tahukah kamu bahwa ternyata benar adanya manfaat santan kelapa untuk rambut? Karena saya juga baru tahu!

Seperti kita semua tahu sebelumnya, santan kelapa itu ya untuk bahan masak. Apalagi masakan padang. Pasti bersantan semua. Dan jelas, rasanya enak bangeet.

Meskipun dinilai makanan bersantan itu kurang sehat, tapi ya namanya lidah kadang susah diajak kompromi. Ketika nafsu makan sudah melanda, apa daya, kesehatan jadi nomer dua.

Santan kelapa sendiri adalah hasil olahan dari buah kelapa. Saya yakin anda semua pasti pernah meminum air kelapa. Nikmatnya es kelapa muda dicampur dengan gula aren di pinggir pantai pasti menjadi adisi yang luar biasa nikmat.

Pohon kelapa yang menjulang tinggi di wilayah pesisir dan mendayu-dayu dengan eloknya menjadi dekorasi yang apik bagi selayang pandang garis khatulistiwa.

Entah siapa yang terpikirkan pertama kali, untuk memetik buahnya, memeras parutan dagingnya menjadi santan, dan menemukan manfaat santan kelapa untuk rambut.

Faktanya, santan kelapa telah sejak lama digunakan untuk perawatan kesehatan oleh para kaum hawa sejak jaman dahulu.

Kandungan minyak yang ada pada santan kelapa dipercaya dapat berfungsi untuk melembabkan kulit kepala dan juga meningkatkan kesehatan rambut.

Manfaat Santan Kelapa Untuk Rambut Sehat

Meskipun minyak kelapa sudah diketahui dapat menjadi penyehat rambut, ternyata manfaat santan kepala untuk rambut juga sangat baik.

Kelapa dan berbagai olahannya terbukti cukup ampuh untuk digunakan dalam perawatan kecantikan.

Jadi jelas tak heran apabila sekarang ini banyak produk kecantikan dan sebagainya yang menggunakan kelapa sebagai bahan dasarnya.

Nah, kalau pada umumnya minyak kelapa itu terkenal dapat mengatasi penumbuhan uban, merangsang pertumbuhan rambut, serta menghindari kebotakan. Sedangkan santan kelapa asli justru mampu menyuburkan rambut dan meluruskan rambut lho.

Manfaat santan kelapa untuk rambut antara lain adalah:

  • Memberi protein pada rambut.
  • Memberi kilau pada rambut. Gunakan seminggu dua kali untuk hasil terbaik.
  • Memperbaiki rambut yang rapuh, rambut bercabang, dan segala kerusakan lainnya pada rambut.
  • Membuat rambut yang kusut jadi mudah disisir.
  • Membuat rambut lebih lembut.
  • Mempercepat pertumbuhan rambut bagi anda yang ingin memanjangkan rambut.
  • Membasmi ketombe.
  • Melindungi rambut dari polusi dan paparan zat berbahaya.

Cara Penerapan Manfaat Santan Kelapa untuk Rambut

Cara membuat santan kelapa sendiri terbilang lebih mudah daripada membuat minyak kelapa. Pertama-tama, parut daging kelapa, kemudian rendam parutan dalam air jika ingin menghasilkan santan yang kental.

Setelah itu, peras parutan di atas saringan yang rapat agar tak ada ampas yang menggenang.

Disini saya akan memaparkan cara penggunaan santan kelapa untuk rambut. Ikuti langkah-langkahnya dengan seksama yaaa!

  1. Letakkan santan kelapa ke dalam panci ukuran sedang. Hangatkan dengan api kecil selama kurang lebih 10 menit sambil diaduk sesekali. Jaga janagn sampai santan mendidih ya.
  2. Angkat dan pindahkan santan kelapa yang hangat ke dalam mangkuk. Pastikan santan hangat namun tidak terlalu panas. Tentunya kamu gak mau kan mengoleskan santan panas ke kulit kepala kamu hehehe.
  3. Lilitkan handuk ke bahu dan leher. Ini berguna agar tetesan santan tidak mengotori bagian tubuhmu yang lain.
  4. Celupkan jarimu ke dalam mangkuk santan tadi. Lalu dengan jari yang tercelup santan tadi, oleskan santan ke rambut dan kulit kepala kamu.
  5. Ulangi proses ini hingga rambut dan kulit kepala kamu cukup basah.
  6. Setelah itu, pijat kulit kepala kamu dengan jari-jari selama kurang lebih 15 menit.
  7. Tutup rambut kamu dengan shower cap dan biarkan selama kurang lebih 1 jam.
  8. Seusai dibiarkan selama 1 jam, cuci rambutmu dengan shampoo guna menghilangkan kandungan minyak. Bilas hingga bersih dan biarkan kering.