Manfaat pupuk kompos terdiri atas begitu banyak aspek. Pupuk kompos memiliki manfaat bagi tanah, tanaman, hingga planet Bumi yang begitu kita cintai ini.  Cara membuat pupuk kompos pun begitu mudah dan sederhana.

Manfaat Pupuk Kompos dengan Bantuan Unsur Organik

Manfaat pupuk kompos dapat menguntungkan tanahmu dengan banyak cara melalui unsur organik yang ada dalam kandungannya. Lalu bagaimana kamu bisa mengintegrasikan unsur organik ke dalam pembuatan pupuk komposmu?

Cara mudahnya adalah dengan memanfaatkan segelintir sampah organik yang ada di rumahmu. Alih-alih membuangnya dan membiarkannya membusuk di tempat tidak jelas, mengapa tidak diolah menjadi hal yang berguna?

Kamu bisa baca artikel berikut ini yang menjabarkan secara detil mengenai limbah organik dan pemanfaatannya.

Manfaat Pupuk Kompos

Berikut ini adalah 13 poin yang akan menjelaskan mengapa kamu perlu segera memulai membuat pupuk kompos. Karena, manfaat pupuk kompos ada begitu banyak. Silahkan disimak!

1. Mengurangi Jumlah Sampah

Poin paling pertama ini mungkin adalah hal pertama yang akan terpikirkan ketika kita membicarakan manfaat pupuk kompos. Sudah menjadi sebuah kepastian apabila kamu mulai membuat pupuk kompos, kamu telah mengurangi lebih dari seperempat dari total sampah padat yang ada di TPA.

2. Pupuk Organik Gratis

Manfaat pupuk kompos tidak hanya berlaku bagi tanamanmu saja, akan tetapi juga untuk dompetmu. Dengan memproses semua sampah dapurmu dan juga sampah kebunmu menjadi pupuk kompos, kamu dapat menghasilkan pupuk organik untuk tanamanmu tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

3. Menyuplai Unsur Organik dan Mikroba

Pupuk kompos yang dibuat dengan benar tentunya mengandung mikroba. Kandungan mikroba pada pupuk kompos ini menyediakan suplai unsur organik yang mencukupi untuk tanah jenis apapun.

Ditambah lagi, dengan meningkatnya unsur organik dan mikroba pada kandungan tanahmu, kamu dapat meningkatkan ketahanan tanaman terhadap gangguan hama.

4. Ketahanan Terhadap Kekeringan

Membantu tanamanmu bertahan dalam musim kemarau dengan cara meningkatkan kapasitas penyimpanan air pada tanah, adalah salah satu dari manfaat pupuk kompos.

Manfaat satu ini membuat kebunmu akan tetap bertahan selama kekeringan. Ketika kapasitas penyimpanan air pada tanah meningkat, artinya kamu bisa mengurangi frekuensi penyiraman tanaman. Semua ini berkat adanya unsur organik.

5. Kemampuan Menyimpan Nutrisi

Saat kamu memberikan pupuk kompos ke tanahmu, unsur organik yang ada pada pupuk kompos dapat membantu mengikat nutrisi dari lingkungan sekitar. Kandungan organik yang ada dalam kompos berfungsi seperti magnet nutrisi yang terus mengikat nutrisi hingga tanamanmu benar-benar membutuhkannya.

Proses pengikatan nutrisi ini disebut sebagai just-in-time delivery system, atau ‘sistem pengiriman tepat waktu’. Penyebutan ini dikarenakan proses pengikatan ini menyuplai nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman tepat di saat tanaman membutuhkannya saja.

6. Memperbaiki Struktur Tanah

Tidak perlu khawatir apabila tanahmu terdiri atas tanah liat, atau tanah berpasir. Karena jika kamu memberikan pupuk kompos, struktur tanahmu pastinya akan membaik seiring waktu.

7. Mencegah Erosi

Seperti disebutkan di poin nomor 6, manfaat pupuk kompos dapat membantu memperbaiki struktur tanah tanpa perlu khawatir akan jenis tanahnya. Kamu juga perlu tahu bahwa seiring memperbaiki struktur tanah, kompos juga membantu mencegah erosi.

Unsur organik yang ada pada pupuk kompos berfungsi nyaris seperti perekat bagi tanah. Ini artinya dengan adanya kompos pada tanahmu, berbagai macam perangkat yang ada pada tanahmu akan tetap ada pada tempatnya sehingga erosi sulit terjadi.

8. Menyokong pH dan Suhu Tanah

Unsur organik atau humus pada kompos dapat membantu menyokong tanamanmu. Ini artinya lebih banyak nutrisi yang tersedia bagi tanamanmu melalui nilai pH yang lebih luas.

Konsep yang sama juga berlaku bagi suhu tanah di kebunmu. Apabila kamu memiliki kandungan organik yang cukup pada kebunmu, maka cuaca ekstrim macam apapun tidak akan memiliki efek yang signifikan pada suhu tanahmu.

9. Menyediakan Steroid bagi Tanaman

Manfaat pupuk kompos yang memiliki kualitas tinggi dapat memproduksi senyawa bernama asam humat. Asam humat ini sudah terbukti dapat merangsang pertumbuhan tanaman.

10. Memanfaatkan Kompos Sebagai Cover Crop

Kompos yang sudah selesai diproses dapat dimanfaatkan sebagai tanaman penutup tanah, atau cover crop, guna mencegah tumbuhnya rumput liar. Kamu dapat menaruhnya sebagai pelapis permukaan tanah kebunmu atau di sekitar akar pohonmu dengan ketebalan 10-15cm.

11. Membuat Tanah Pot

Cobalah menambahkan pupuk kompos sebagai kandungan utama dalam tanah potmu. Tanah pot yang dijual secara komersil biasanya sudah dipanaskan dan disterilkan terlebih dahulu sehingga membunuh unsur organik di dalamnya.

Manfaat pupuk kompos satu ini tentunya dapat membantu menyehatkan tidak hanya tanaman di kebunmu, tapi juga semua tanaman di rumahmu.

12. Memberi Asupan untuk Kebunmu

Manfaat pupuk kompos salah satunya adalah sebagai opsi terbaik bagi tanahmu. Kamu tidak perlu membeli berkilo-kilo pupuk sintetis. Yang dibutuhkan oleh tanamanmu hanyalah pupuk kompos organik dengan kualitas tinggi.

13. Membuat Pupuk Organik Padat

Konsep yang sama dalam membuat pupuk kompos juga dapat kamu sambi dengan pembuatan pupuk organik padat. Cara dan bahan dasarnya hampir sama. Untuk detilnya, silahkan baca artikel cara membuat pupuk organik padat berikut ini.