Manfaat pohon kelapa secara singkat – Cocos Nucivera atau yang sering dikenal dengan pohon kelapa adalah anggota tunggal  dalam marga Cocos dari suku aren – arenan atau Arecacae. Tumbuhan ini sering ditemukan di daerah pantai, namun tidak jarang juga ditemukan di wilayah darat yang lain. Di Indonesia, tumbuhan ini dapat dengan mudah ditemukan karena tumbuhan ini tersebar di hampir seluruh wilayah di Indonesia.

Baca Juga : Resep Kue Akar Kelapa Wijen Renyah

Hampir seluruh bagian dari tumbuhan ini dapat dimanfaatkan oleh manusia, mulai dari akar, batang, daun, serta buahnya. Berikut kami jabarkan manfaat dari masing – masing bagian pohon kelapa beserta penjelasannya.

 

Manfaat Pohon Kelapa Secara Singkat

Manfaat Pohon Kelapa Secara Singkat

 

 A. Manfaat Akar Kelapa

Mengobati sakit demam

Akar kelapa memiliki sifat anti – piretik yang dapat menurunkan demam. Cara mengobati demam dengan akar kelapa yaitu dengan menumbuk akar pohon kelapa yang sudah kering, kemudian rebus dengan air. Lalu, minumkan ramuan tersebut kepada orang yang terkena demam sebanyak dua kali sehari

Membantu mengatasi wasir

Wasir atau ambien adalah kondisi dimana pembuluh darah vena yang ada di sekitar anus meradang atau bengkak. Wasir sangat mengganggu penderitanya karena menyebabkan rasa sakit di sekitar anus yang membuat penderitanya kesulitan dalam melakukan aktivitas. Untuk mengatasi wasir, anda dapat meminum rebusan akar kelapa.

Mengatasi gangguan perut

Berbagai gangguan perut seperti diare, sembelit, kembung, masuk angin, serta masalah perut lainnya dapat anda atasi dengan menggunakan akar kelapa. Caranya yaitu dengan meminum air rebusan akar pohon kelapa saat anda atau orang lain mengalami masalah pada perut.

Mengatasi masalah gatal pada kulit

Banyak masalah pada kulit yang dapat membuat kulit anda gatal, seperti kulit atau jamur. Biasanya rasa gatal ini terjadi di antara sela – sela jari. Rasa gatal ini dapat diatasi dengan ramuan akar kelapa. Dengan meminum ramuan akar kelapa, diharapkan rasa gatal pada kulit dapat hilang.

Membantu melancarkan peredaran darah

Manfaat ini tidak bisa dirasakan secara langsung, tapi bertahap. Caranya yaitu dengan rutin meminum ramuan akar kelapa. Dengan meminumnya, diharapkan peredaran darah pada tubuh akan semakin lancar.

 

B. Manfaat Batang Kelapa

Dijadikan bahan bangunan

Batang kelapa memiliki kualitas yang tidak kalah dari kayu – kayu dari pohon lain. Batangnya yang keras dan kokoh dapat dengan baik menahan bagian – bagian rumah seperti atap atau bisa juga dijadikan  pintu atau jendela.

Dijadikan arang

Arang adalah residu hitam berisi karbon yang biasanya sering digunakan untuk menyalakan api untuk membakar. Bagi anda yang ingin melakukan pembakaran seperti membakar sate atau makanan lain, anda bisa menggunakan batang pohon kelapa. Pilihlah batang kelapa yang sudah kering, potong, kemudian beri minyak tanah, lalu nyalakan api pada arang tersebut.

Sebagai perabot rumah

Batang pohon kelapa juga dapat dijadikan perabot rumah. Batang pohon yang kuat serta tahan lama dapat menjadi alternatif kayu jati atau kayu lain untuk membuat perabot rumah seperti lemari, meja, atau kursi.

Dijadikan pupuk

Batang pohon kelapa juga dapat dijadikan pupuk untuk tanaman. Caranya dengan menggunakan serbuk bekas batang kelapa yang sudah digergaji lalu memasukkannya ke tanah tempat tanaman tumbuh.

 

C. Manfaat Daun Kelapa

Dijadikan atap

Daun kelapa bisa menjadi alternativ untuk membuat atap. Daun kelapa cukup kuat untuk menahan air saat hujan ringan. Anda dapat menemukan bangunan yang menggunakan daun kelapa di daerah pantai ataupun gubuk di sawah.

Dibuat menjadi ketupat

Tidaklah lengkap rasanya bila tidak ada ketupat saat lebaran. Ketupat adalah hidangan khas yang berbahan dasar beras. Beras tersebut dicuci lalu dimasukkan ke dalam suatu cetakkan yang berbentuk ketupat, kemudian direbus. Nah, bahan untuk membuat cetakkan tersebut adalah daun kelapa. Daun kelapa yang sebaiknya digunakkan adalah daun kelapa yang berwarna kuning atau hijau dan daunnya masuh segar.

Dijadikan hiasan pernikahan

Di Indonesia, daun kelapa atau janur kuning juga sering dipakai dalam acara pernikahan. Pemilihan janur untuk pernikahan juga tidak main – main karena dapat memiliki makna yang berbeda. Janur ini juga biasanya digunakkan untuk memberi arah jalan ke tempat pernikahan.

Menjadi tusuk sate

Daun kelapa memiliki tulang tengah yang tipis dan lentur, namun kuat. Bentuk tulang yang tipis dan kuat itulah yang bisa digunakkan untuk dijadikan tusukkan sate. Harganya yang murah, mudah dibuat, serta dapat ditemukkan dengan mudah membuat tulang daun kelapa menjadi alternatif dalam membuat tusukkan sate.

Menjadi pakan ternak

Daun kelapa dapat digunakan untuk dijadikan alternatif bahan pakan ternak. Daun kelapa yang digunakkan adalah daun kelapa yang sudah dipisahkan dari tulang daun kelapa.

Dibuat kerajinan tangan

Sifat elastis dan kuat daun kelapa membuatnya cocok untuk dijadikan berbagai macam kerajinan tangan. Beberapa kerajinan tangan yang bisa dibuat, yaitu wadah makanan, mainan, ataupun gantungan di pintu rumah.

Dijadikan sapu lidi

Selain dijadikan tusuk sate, tulang daun kelapa juga bisa dijadikan sapu lidi. Sifat-nya yang kuat dan elastis dari sapu lidi cocok digunakkan untuk menyapu halaman yang beralas tanah atau bisa juga untuk membersihkan kasur.

 

 D. Manfaat Buah Kelapa

Menyehatkan Jantung

Buah kelapa memiliki lemak alami yang dapat mengusir lemak jahat yang ada pada jantung sehingga membantu menjaga jantung anda tetap sehat.

Membantu menguatkan tulang

Buah kelapa memiliki kandungan magnesium dan kalsium. Mineral tersebut bermanfaat dalam menguatkan tulang dan gigi. Dengan mineral pada buah kelapa tersebut pula, kita dapat mencegah berbagai penyakit pada tulang seperti osteoporosis.

Mencegah penuaan dini

Buah kelapa juga bisa mencegah penuaan dini. Itu karena buah kelapa memiliki sifat anti oksidan. Dengan mengkonsumsi kelapa secara teratur, diharapkan dapat menjaga tubuh anda tetap terlihat awet muda.

Menyehatkan sistem pencernaan

Buah kelapa memiliki kandungan serat yang cukup untuk menjaga sistem pencernaan dari berbagai masalah dan penyakit seperti diare.

Menjaga sistem imun tubuh

Imun tubuh yang baik dan kuat sangat dibutuhkan untuk menjaga dan mengusir virus ataupun penyakit dari tubuh. Dengan mengkonsumsi buah kelapa secara teratur, diharapkan imun atau kekebalan tubuh terhadap penyakit tetap kuat dan terjaga.

Membantu mencegah diabetes

Buah kelapa dapat mencegah diabetes. Itu karena buah kelapa memiliki pemanis alami yang aman untuk dikonsumsi. Sifat mengenyangkan buah kelapa juga dapat membuat anda merasa kenyang sehingga tidak perlu memakan makanan manis yang lain.

 

 

Demikian artikel mengenai Manfaat Pohon Kelapa Secara Singkat yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel mengenai Manfaat Pohon Kelapa Secara Singkat kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kekurangan atau kesalahan dalam artikel Manfaat Pohon Kelapa Secara Singkat ini, kami memohon maaf. Sekian dan Terima Kasih

Sumber : tokomesinkelapa