Berbagai macam manfaat minyak kelapa untuk rambut sudah dikenal sejak zaman kerajaan dahulu kala. Pada zaman dulu, para putri kerajaan biasa menggunakan bahan alami seperti minyak kelapa ini untuk merawat rambut mereka.

Banyak kandungan dalam minyak kelapa yang menjadikannya ramuan andalan untuk menjaga kesehatan rambut. Bahkan hingga zaman sekarang, penggunaan manfaat minyak kelapa untuk rambut masih diterapkan dan menjadikanya ramuan andalan.

Meskipun masih banyak orang yang memilih untuk pergi ke salon untuk perihal perawatan kecantikan rambut, tidak ada ruginya jika kamu mencoba resep turun-temurun ini untuk memperindah mahkotamu.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

Dewasa ini, penggunaan minyak kelapa untuk rambut sudah bukan lagi menjadi hal yang dipandang sebelah mata. Bukti dari manfaat minyak kelapa untuk rambut jelas ada di depan mata kita.

Hingga kini, banyak perusahaan-perusahaan alat kecantikan yang masih maupun tetap menggunakan minyak kelapa sebagai bahan dasar produk mereka. Artinya, minyak kelapa masih digandrungi oleh masyarakat.

Lalu sebenarnya apa saja sih manfaat minyak kelapa untuk rambut? Nah, simak penjabarannya di bawah ini :

a. Melembutkan Rambut

Manfaat pertama dari minyak kelapa adalah menghaluskan rambut. Bagi anda yang memiliki rambut ikal dan sedikit kusut, minyak kelapa akan sangat membantu masalah anda yang satu ini.

kandungan minyaknya dapat membuat rambut anda halus pada permukaannya sehingga menjadikannya lebih mudah diatur. Caranya yaitu dengan mengoleskannya secara langsung pada rambut anda dimulai dari bagian tengah rambut.

b. Mengatasi Rambut Keriting

Rambut keriting bisa disebabkan oleh kurangnya kelembaban pada rambut anda sehingga mengakibatkan rambut cenderung akan kering. Untuk mengatasi hal ini, maka anda bisa mencoba mengaplikasikan minyak kelapa pada rambut.

Setelah dipakaikan minyak kelapa, rambut anda akan lebih lembut dan minyak alami pada rambut bisa sedikit tergantikan. Dengan begini rambut akan mudah diatur.

c. Menghilangkan Rambut Bercabang

Rambut bercabang sering menjadi ciri bagi kerusakan rambut. Hal ini sangat dihindari oleh setiap wanita. Solusi yang umum mereka lakukan adalah dengan memotong ujung rambut sehingga bagian bercabangnya akan terbuang.

Namun sebenarnya ada hal lain yang dapat dilakukan selai memotong terus menerus. Yaitu dengan cara mengoleskan minyak kelapa secukupnya pada bagian ujung rambut. Kandungan minyak kelapa akan melindungi rambut sehingga meminimalisir terjadinya rambut bercabang.

d. Sebagai Conditioner

Jika anda malas menggunakan conditioner kimia, maka anda bisa beralih pada bahan yang satu ini. minyak kelapa bisa anda manfaatkan sebagai conditioner.

Caranya yaitu sebelum anda keramas gunakanlah minyak kelapa secara merata pada rambut anda. Untuk hasil terbaik, tutuplah menggunakan penutup rambut dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu bukalah dan keramas hingga bersih.

e. Menghilangkan Ketombe

Kandungan asam laurat yang terdapat pada minyak kelapa bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi udara pada kulit kepala anda.

Dengan rajin menggunakan minyak kelapa pada kulit kepala dan disertai pijatan, maka memperlancar pertumbuhan rambut baru serta membuat kulit kepala bebas dari kotoran dan bisa menghilangkan ketombe.

f. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Bagi anda yang ingin agar rambut anda cepat panjang maka gunakanlah minyak kelapa sebagai ramuan alaminya. Cukup oleskan minyak kelapa secukupnya pada bagian kulit kepala dan pijat-pijat sesaat.

Meskipun membutuhkan waktu yang lumayan lama, tapi jika rutin memakainya maka hasilnya tidak akan mengecewakan.

g. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Sifat anti jamur dan antibakteri yang dimiliki oleh minyak kelapa menjadikan kesehatan kulit kepala anda tetap terjaga. Selain itu dapat juga dimanfaatkan untuk menyembuhkan jerawat yang muncul di kulit kepala anda.

Kandungan asam kaprat pada minyak ini juga dapat membantu menjauhkan ketombe. Sehingga pertumbuhan rambut bisa berjalan dengan baik.

membuat minyak kelapa sendiri

Nah, setelah tadi saya jabarkan panjang-lebar soal manfaat minyak kelapa untuk rambut kamu, kamu tinggal mencobanya. Lalu apakah kamu harus membeli minyak kelapa? Tentu tidak!

Kamu bisa membaca artikel cara membuat minyak kelapa murni yang bisa mengajarkanmu 3 kiat jitu untuk membuat minyak kelapamu sendiri. Atau jika mungkin pengolahan minyak kelapa terlalu ribet buatmu, kamu bisa cek juga manfaat santan kelapa lho!