Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Berikut Ini adalah Manfaat Menggunakan AC yang Perlu Anda Ketahui

manfaat menggunakan ac

Selamat datang di artikel kami pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang manfaat dari menggunakan AC serta apa itu AC ? mau tau yuk langsung simak saja.

Manfaat Menggunakan AC dan Pengertian AC

manfaat menggunkan ac

Pengertian AC

Air Conditioner (AC) adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengondisikan udara. Bisa dikatakan bahwa AC adalah alat yang berfungsi sebagai penyejuk udara.

Penggunaan AC dimaksudkan untuk memperoleh temperatur udara yang diinginkan (sejuk atau dingin) dan nyaman bagi tubuh.

Tidak hanya membuat udara menjadi lebih sejuk, tetapi AC juga dapat meningkatkan kualitas udara dan dapat mengurangi gejala asma dan alergi.

AC sangat banyak digunakan pada wilayah yang beriklim tropis dengan kondisi temperatur udara yang relatif tinggi (panas), seperti di Indonesia. AC bisa digolongkan pada barang mewah karena harganya yang cukup mahal dan daya listrik yang dibutuhkan cukup besar.

Namun, bagi sebagian orang hal ini sudah tidak lagi termasuk barang mewah karena manfaatnya untuk mengatur siklus dan temperatur udara yang memberi efek pada kenyamanan tubuh.

1. Temperatur Nyaman Pada  AC

Untuk membuat temperatur dalam ruangan menjadi nyaman dan sejuk seperti yang diinginkan, sebisa mungkin temperatur udara diatur atau dikondisikan terlebih dahulu.

Proses mendinginkan atau menurunkan temperatur udara perlu dilakukan ketika temperatur udara di dalam dan luar ruangan tinggi (panas).

Sebaliknya, proses memanaskan atau menaikkan temperatur udara dilakukan ketika temperatur di dalam dan luar ruangan sangat rendah (dingin), seperti kondisi bersalju di daerah yang memiliki empat musim.

2. Kelembabpan Pada AC

Pada temperatur udara yang panas, mendinginkan udara saja belum cukup untuk mendapatkan hawa sejuk ketika kelembapan udara ruangan masih tinggi.

Ditingkatan kelembapan yang rendah, cenderung membuat tubuh terasa lebih sejuk dan nyaman karena keringat akan mudah terangkat dari pori-pori kulit. DIruang ber-AC, semakin dingin suhu ruangan, berarti semakin banyak uap air yang dikeluarkan dari ruangan.

Seperti pada saat pengaturan temperatur AC terlalu dingin, maka meakibatkan kelembapan udara ruangan menjadi rendah di tambah lagi dengan penggunaan AC selama berjam-jam.

Jika kondisi ini dibiarkan, kelembapan ruangan akan semakin rendah atau melewai batas kritis. Hal ini juga dapat menyebabkan efek kekeringan pada kulit.

Akibatnya, seringkali tubuh merasakan ketidak nyamanan, seperti pegal-pegal atau pusing.

3. Udarah Bersih Pada AC

Pada setiap unit AC, biasanya dilengkapi dengan filter udara yang terpasang pada bagian evaporator (indoor). Filter tersebut berguna untuk menyaring udara kotor di dalam ruangan.

Untuk itu, unit AC memerlukan pembersihan yang benar dan secara berkala baik pada komponen filter maupun evaporatornya.

Ini diperlukan agar kesejukan dan kebersihan udara di dalam ruangan tetap terjaga dan agar tidak menimbulkan resiko buruk bagi kesehatan. ada banyak jenis jenis ac  yang cukup baik dan cepat dingin

Manfaat  Menggunakan AC

manfaat menggunakan ac

Hidup sehat sudah pasti menjadi keinginan tiap orang. Hidup sehat yang kamu butuhkan ini bisa kamu dapatkan dari mana saja, selain mengkomsumsi makanan bergizi dan gaya hidup sehat, ternyata air conditioner (AC) pun bisa memberi manfaat tak terduga.

Di balik kontribusi dari pemanasan global, AC masih mempunyai manfaat yang bisa kamu terima, selain fungsi utamanya sebagai pendingin ruangan.

Penasaran apa saja manfaat dari penggunaan AC untuk kesehatan kamu? Yuk, disimak 10 daftar manfaatnya di bawah ini!

 Manfaat Menggunakan AC

1. Menghindari Dehidrasi

AC bisa melindungi kamu dari dehidrasi. Dehidrasi disebabkan oleh suhu panas yang berlebih, kemudian ketika berkeringat, cairan tubuh pun akan berkurang.
Dampak dari penggunaan AC ini akan mengrangi resiko kamu terkena dehidrasi karena AC menghilangkan suhu panas sebagai penyebab keringat.

2. Mengatasi Heatstroke

Heatstroke merupakan keadaan di mana suatu suhu tubuhmu meningkat secara drastis akibat terpapar suhu panas yang berlebih. Akibat dari penggunaan AC bisa menjadi solusi untuk menurunkan suhu tubuh dan kestabilan suhu tubuhmu.

Dari udara dingin yang dikeluarkan AC, suhu tubuh akan cepat kembali normal.

3. Meningkatkan Kualitas Udara

AC memiliki kemampuan untuk menyaring polusi dan bakteri. Kemampuan ini akan meningkatkan kualitas udara di ruangan. Kualitas udara yang baik tentunya akan melancarkan dan bisa mencegah gangguan pernapasan.

Namun perlu diingat, kondisi ini hanya berlaku jika AC-mu bersih dan jika AC yang kotor justru akan memberikan dampak negatif untuk kesehatan.

4. Mengurangi Asma dan Alergi

Sebelumnya telas dijelaskan bahwa AC dapat meningkatkan kualitas udara. Nah, kualitas udara yang sangat baik juga bisa menjauhkanmu dari asma dan alergi.

Penggunaan AC dapat menghilangkan polusi, bakteri, serta menghambat pertumbuhan jamur dan lumut yang dapat menyebabkan asma maupun alergi.

5. Elemen untuk Relaksasi

Dampak dari AC yang menyejukkan akan memberikan kenyamanan dan dapat mengurangi tingkat stres dari diri seseorang.

Agar bisa mendapatkan relaksasi yang lebih lagi, kamu bisa dapat menambahkan musik klasik dan lilin aromatherapy yang aromanya akan disebarkan angin dari AC.

Lebih sejuk dan nyaman di rumah dengan produk AC berkualitas yang awet dan hemat daya di sini!

6. Meningkatkan Produktivitas

Sebelumnya telah disebutkan, penggunaan AC pada ruangan dapat memberikan kenyamanan pada seseorang. Dalam kondisi nyaman seperti ini, seseorang akan cenderung bekerja atau beraktivitas dengan hati dan pikiran yang nyaman pula.

Berbeda dalam kondisi yang panas. Panas juga dapat mengakibatkan kamu cepat kelelahan dan stes, sehingga tidak bisa berpikir dengan jernih.

7. Menjaga Temperamen

Udara panas dapat menurunkan kinerja otak, sehingga menyebabkan peningkatan pada detak jantung dan tekanan darah. Dengan arti lain, AC juga bisa bermanfaat untuk menjagamu dari rasa emosi dan cepat marah.

8. Mengatasi Sulit Tidur

AC juga dapat meningkatkan kualitas tidurmu. Suhu dari tubuh yang panas cenderung membuat seseorang menajdi sulit untuk tidur, pada saat kondisi seperti ini AC akan berperan untuk menetralkan suhu tubuhmu.

Namun, jangan menggunakan AC di suhu yang terlalu rendah, karena justru akan menggangu tidurmu.

9. Menjaga Suhu Ruang untuk Bayi

Penggunaan AC juga berguna untuk kesehatan pada bayi lho, Toppers. Bayi itu belum bisa mengatur suhu tubuhnya secara normal, dan di sini AC berperan untuk menstabilkan suhu tubuhnya.

Selain itu, tentunya AC membuat tidur si kecil semakin nyenyak, serta akan mengurangi resiko dehidras, heatstroke, dan ruam kulit.

10. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan, terungkap bahwa penggunaan AC ternyata bisa bermanfaat untuk menurunkan risiko komplikasi penyakit jantung. Hal ini dikarenakan penggunaan dari AC akan dapat memengaruhi kebersihan udara dan suhu panas berlebih.

Jika kamu tinggal di daerah dengan kelembapan tinggi, ditambah suhu udara yang panas di siang hari. Ini bisa membuat kualitas napas menjadi berkurang.

Alasannya, karena kondisi tersebut menyebabkan stres pada jantung dan fungsi kardiovaskular, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung.

Kemungkinan itu saja yang dapat saya sampaikan tentang manfaat  menggunakan AC dan jika ada masalah atau penyebab ac bocor anda bisa service ke toko terdekat

 

Theme by Anders Norén