Coklat adalah makanan populer yang banyak disukai anak-anak maupun para remaja. Tapi tahukan anda bahwa makan coklat ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Jadi tidak hanya sekedar enak di lidah saja, apa saja manfaat makan coklat? Simak disini ya.

Coklat adalah olahan biji kakao yang telah dicampur dengan susu atau gula sehingga terasa manis. Pada dasarnya coklat asli tetaplah terasa pahit, nah jika ingin maksimal mendapatkan manfaat dari coklat ada baiknya dikonsumsi tanpa campuran bahan apa pun.

Manfaat paling populer yang sering anda dengar mungkin adalah manfaat coklat untuk mengurangi stress, memang tidak salah karena dalam coklat mengandung molekul psikoaktif yang membuat orang yang mengkonsumsi coklat merasa nyaman.

Dan masih banyak manfaat makan coklat, apa saja? ini dia:

Manfaat Makan Coklat

1. Menghindari resiko penyakit stroke

Penelitian di Swedia menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi coklat 45 gram selama seminggu 20% lebih rendah beresiko terkena penyakit stroke daripada wanita yang mengkonsumsi coklat kurang dari 9 gram setiap harinya. Nah bagaimana dengan anda?

2. Mengenyangkan

Ternyata dengan mengkonsumsi coklat di pagi hari akan membantu tubuh berada pada kondisi kenyang. Dengan demikian akan mencegah untuk mengurangi keinginan mengkonsumsi makanan manis, berlemak atau asin.

3. Meningkatkan aliran darah

Dalam coklat ternyata memiliki sifat anti penyumbatan yang berfungsi untuk pengencer darah, cara kerjanya seperti aspirin. Dengan aliran darah yang lancar maka tubuh anda akan terasa lebih segar.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit jantung adalah penyakit mematikan, bagaimana pendapat anda jika ternyata makan coklat dapat meningkatkan kesehatan jantung kita? makan coklat dengan takaran berimbang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan kolesterol. Keduanya akan sangat baik untuk jantung manusia.

Tentu yang dimaksudkan adalah coklat asli yang berwarna hitam yang masih memiliki sifat inflamasi bukan coklat olahan yang sudah dicampur susu.

5. Meningkatkan IQ dan metabolisme

Kandungan flavanoid dalam coklat mendukung sel dan metabolisme pada otak lewat antioksidan yang mendukung penyababnya infamasi. Aliran darah yang lancar ke otak akan memberikan kekuatan lebih sehingga manusia mampu melakukan banyak hal sekaligus.

6. Meningkatkan suasana hati

Rasa coklat yang manis selain mengeyangkan juga dapat mengurangi rasa stress. Terutama makan coklat di pagi hari akan meringankan beban pikiran dan mengusir stress sehingga anda bisa merasa semangat sepanjang hari.

Membuat Coklat di Rumah

manfaat makan coklat

Kemungkinan untuk mendapatkan coklat murni di pasar memang sedikit sulit, nah ada cara lain yaitu dengan membuat sendiri coklat di rumah. Tidak sulit kok cara membuat coklat di rumah, ini dia caranya

  • Pertama jika anda tidak memiliki pohon kakao sendiri maka anda harus memesan biji coklat dari petani kakao atau membelinya via internet. Pilih biji yang telah difermentasi dan usahakan membeli dari petani yang sudah terbiasa menyuplai biji kakao ke perusahaan besar, dengan demikian anda akan mendapatkan biji coklat dengan kualitas yang baik.
  • Selanjutnya yaitu tahap roasting atau memanggang biji coklat. Sebenarnya ada mesin khusus yang bisa anda gunakan, namun jika anda hanya memproduksi sedikit di rumah, anda bisa menggunakan oven. Nah, masukkan biji coklat ke dalam oven selama 30 menit tergantung seberapa jumlah biji kakao dan tingkat keharuman yang anda inginkan.
  • Setelah biji kakao kering, tahap selanjutnya adalah membuang kulit luar. Bagian yang dibuat bubuk coklat nantinya adalah bagian dalam atau kotiledon yang tertutup kulit luar. Anda bisa menggunakan pemberat timbangan untuk menyingkirkan kulit luar ini.
  • Tahap selanjutnya adalah grinding dan refining. Grinding atau menggiling biji coklat dapat menggunakan blender. Setelah coklat berubah menjadi seperti pasta bagi anda yang ingin menambahkan campuran seperti gula atau susu maka tahap inilah anda mencapurnya. Alat yang bisa anda gunakan adalah mixer, namun perlu setingan rendah dan dilakukan guncangan selama 12 jam secara konsisten.
  • Terakhir adalah pemanasan, yaitu coklat yang telah selesai tahap refining dipanaskan, anda bisa menggunakan microwave untuk melakukan langkah ini.

Nah itulah manfaat makan coklat dan cara membuat coklat sederhana di rumah. Jika anda ingin membuat coklat dalam skala besar, anda bisa menggunakan alat berupa mesin pengolah coklat dari kakao. Setiap proses dari buah kakao sampai coklat siap dikonsumsi akan terbantu dengan mudah dengan mesin ini.