Manfaat Jus Pisang Susu–  pisang merupakan buah yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.  Rasanya yang enak, mengenyangkan, kaya manfaat, serta harganya yang sangat terjangkau membuat buah ini menjadi pilihan bagi banyak orang.

 

Manfaat Jus Pisang Susu Bagi Kesehatan

Pisang susu merupakan salah satu jenis pisang yang beredar di masyarakat. Sama seperti buah pisang yang lainnya pisang susu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Hal ini didukung oleh berbagai kandungan nutrisi yang dimilikinya seperti potassium, vitamin A, C, B6, B kompleks, magnesium, karbohidrat, zat besi, tembaga, asam folat, dan kalsium.

1. Baik untuk kesehatan otot

Bagi atlet atau olahragawan pisang merupakan makanan wajib untuk dikonsumsi. manfaat jus pisang susu sangat baik untuk membantu kontraksi otot dan mencegah otot mengalami kram.

Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi para atlet yang sering menggunakan dan melatih otot mereka.

2. Melancarkan peredaran darah

Kalium yang terdapat dalam pisang susu sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah sehingga dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit seperti jantung dan stroke.

3. Sebagai sumber energi

Pisang susu dapat dijadikan sebagai sumber energi yang baik bagi tubuh. Kandungan karbohidratnya mudah diolah dan dapat membantu melancarkan metabolisme sehingga  dapat menjadi sumber energi untuk aktivitas sehari-hari.

Selain itu pisang juga mengandung gula alami berupa glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang sangat baik untuk memulihkan stamina. Asam amino pada pisang juga dapat membantu pembakaran lemak di dalam tubuh menjadi sumber energi. (Baca juga: manfaat lemak)

 

4. Mengatasi hipertensi

Bagi anda penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi pisang susu merupakan makanan tepat untuk dikonsumsi. Kadar kaliumnya yang tinggi dan kandungan sodium yang rendah sangat cocok bagi penderita hipertensi yang membutuhkan kalium dalam jumlah cukup tinggi namun harus membatasi konsumsi sodium.

 

Baca Juga Efek Samping Daun Sirsak Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

5. Mengatasi gejala anemia

Salah satu nutrisi penting pada manfaat pisang susu adalah kandungan zat besi yang bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah. Hal ini menjadikan pisang sebagai makanan tepat untuk mencegah dan mengatasi anemia atau kekurangan sel darah merah.

6. Meningkatkan kadar gula darah

Dengan tambahan madu pada minuman milshake pisang juga dapat membantu meningkatkan kadar gula darah. Ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil yang mengalami mual parah dan kurang selera makan.

 

7. Mengatur berat badan

Jika anda sedang dalam program diet maka pisang adalah makanan yang tepat sebagai salah satu menu harian. Dengan porsi yang tepat pisang dapat dijadikan sumber tenaga dan kalori yang lebih sehat. Kandungan seratnya yang tinggi membuat anda merasa kenyang lebih lama sehingga dapat menekan nafsu makan.

 

8.. Mengatasi asam lambung atau maag

Penderita asam lambung atau maag diharuskan berhati-hati untuk menjaga makanan baik waktu makan maupun jenis makanan yang dikonsumsi. Salah satu makanan yang tepat untuk penderita penyakit ini adalah pisang susu.

Hal ini disebabkan oleh teksturnya yang lembut serta kemampuannya untuk menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi pada usus. Yang harus diperhatikan konsumsilah pisang susu yang sudah matang dan rasanya tidak asam.

 

 

Demikian artikel manfaat jus pisang susu ini semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Untuk artikel lebih lanjut kunjungi cara membuat jus pisang