Macam Macam Kelapa – Kelapa atau yang memiliki nama lain Cocos Nucifera merupakan anggota tunggal dari marga cocos dari uku aren – arenan atau Arecacae. Kelapa merupakan tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi manusia. Pohon ini dapat ditemukan di pesisir pantai. Di Indonesia, tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah karena tumbuhan ini tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Hampir seluruh bagian tubuh dari tumbuhan ini dapat dimanfaatkan oleh manusia. Akarnya bisa digunakkan untuk obat. Batangnya bisa digunakkan untuk kebutuhan bangunan dan perabot rumah tangga. Daunnya bisa digunakkan untuk kerajinan. Sementara buahnya biasa digunakan untuk keperluan konsumsi.

Baca Juga : Alat dan Bahan Membuat Klepon

Kelapa memiliki beragam jenis. Masing – masing jenis kelapa memiliki ciri khas dan manfaatnya masing – masing. Apa saja macam macam jenis kelapa tersebut? Berikut kami jelaskan macam macam kelapa beserta penjelasannya.

Macam Macam Kelapa

macam macam kelapa

Kelapa Genjah

Kelapa Genjah adalah jenis kelapa yang memiliki umur relatif muda yaitu sekitar empat sampai lima tahun dengan tinggi yang sangat rendah atau bisa dibilang sangat pendek dibanding kelapa lainnya. Tinggi batang kelapa genjah hanya sekitar tiga sampai empat meter, sementara tinggi saat akhir umur produktifnya hanya bisa mencapai sepuluh meter. Walaupun begitu, batang pohon ini cukup kuat dan kokoh. Hal tersebut dikarenakan bentuk batang pohon kelapa genjah ini sama besar mulai dari ujung sampai dengan pangkal batang.

Kelapa Genjah merupakan salah satu jenis kelapa yang sangat produktif. Kelapa genjah ini dapat menghasilkan banyak buah. Dalam waktu empat hingga lima tahun, jenis pohon ini dapat menghasilkan buah. Buahnya ada yang berwarna hijau dan ada pula yang berwarna kuning. Buah yang dihasilkan pun memiliki daging yang tebal serta berukuran besar. Tak heran, jenis kelapa ini sangat populer dikalangan petani kelapa. Buah kelapa genjah memiliki banyak manfaat. Manfaat tersebut antara lain mengobati penyakit, membantu memperindah tubuh, dan memiliki daya ekonomi yang tinggi.

Jenis pohon kelapa genjah juga tidak sulit untuk dibudidayakan. Jenis kelapa genjah dapat tumbuh dimana saja asal mendapat air dan sinar matahari yang cukup. Karena ukurannya, kelapa genjah juga dapat ditanam di pekarangan rumah.

Kelapa Gading

Jenis kelapa yang kita bahas selanjutnya yaitu kelapa gading. Kelapa gading merupakan salah satu jenis kelapa yang memiliki buah berwarna kuning seperti gading. Jenis kelapa ini cukup cepat berbuah. Kelapa gading dapat berbuah pada umur tiga tahun. Jenis kelapa ini juga memiliki daun yang sebagiannya juga berwarna kuning.

Kelapa Hijau

Kelapa hijau merupakan jenis kelapa yang termasuk golongan kelapa dalam. Dari namanya saja kita sudah tau kalau kulit buah kelapa dari tumbuhan ini berwarna hijau. Kelapa ini memiliki nama lain Cocos Viridis. Pohonnya memiliki ukuran yang besar dan tinggi serta buahnya memiliki ukuran yang cukup besar. Sama seperti kelapa pada umumnya, kelapa ini juga bermanfaat mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit.

Kelapa merah

Jenis kelapa berikutnya yaitu kelapa merah. Kelapa merah merupakan salah satu golongan kelapa yang memiliki kulit buah berwarna coklat atau kemerahan. Kelapa merah memiliki nama lain, yaitu cocos rubecens. Jenis kelapa merah ini memiliki pohon dengan ukuran yang cukup besar dan juga tinggi. Buahnya berukuran besar serta memiliki bentuk yang bulat. Kandungan minyak buah kelapa merah ini cukup tinggi.

Kelapa kuning

Jenis kelapa berikutnya, yaitu kelapa kuning. Kelapa kuning merupakan salah satu jenis kelapa yang biasa kita temui. Kelapa kuning memiliki nama lain Cocos eburen. Jenis kelapa ini memiliki pohon yang berukuran tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu besar. Seperti namanya, kelapa kuning memiliki buah dengan kulit buah berwarna kuning dengan ukuran yang kecil dan berbentuk bulat.

Kelapa Pandan wangi

Jenis kelapa berikutnya yaitu kelapa pandan wangi. Kelapa pandan wangi merupakan salah satu jenis kelapa produktif yang cocok untuk dijadikan sumber ekonomi. Kelapa pandan wangi memiliki ukuran pohon yang cukup kecil, bahkan lebih kecil daripada kelapa genjah. Jenis kelapa ini memiliki ukuran tinggi sekitar dua meter. Buah kelapa dari jenis kelapa pandan wangi memiliki ukuran sedikit lebih kecil daripada kelapa genjah. Walaupun begitu, buah kelapa pandan wangi memiliki kandungan air yang cukup banyak serta memiliki aroma harum atau wangi sesuai namanya.

Harga dari buah kelapa pandan wangi cukup mahal bila dibandingkan dengan jenis kelapa lain. Harganya bisa mencapai sepuluh kali lipat dibanding dengan kelapa lain. Harga dari kelapa ini bisa lebih mahal dari kelapa lainnya karena kurangnya ketersediaan bibit kelapa pandan wangi di pasar. Kurangnya bibit kelapa pandan wangi disebabkan oleh belum banyaknya petani yang membudidayakan jenis kelapa ini.

Budidaya kelapa pandan wangi hampir sama seperti kelapa genjah. Hanya saja, perawatan kelapa pandan wangi sedikit lebih rumit daripada kelapa genjah. Penyiraman pohon kelapa pandan wangi dilakukan secara rutin dan sebanyak dua kali sehari diwaktu pagi dan sore hari. Pupuk yang digunakkan pun haruslah pupuk organik dan juga pemupukan harus dilakukan secara rutin agar pohonnya bisa menghasilkan kelapa pandan wangi yang baik.

Kelapa Kopyor

Kelapa kopyor atau yang di daerah jawa tengah biasa disebut garoh adalah salah satu jenis kelapa yang disebabkan kelainan genetik pada buah kelapa. Beberapa kelainan dari kelapa ini yaitu daging buah yang terlepas dari tempurungnya dan juga empuk. Jumlah air buah kelapa kopyor sedikit dan memiliki aroma yang berbeda dari buah kelapa pada umumnya.

Sifat kelapa ini merupakan hasil mutasi yang spontan di bagian mayang yang bersifat setempat atau bisa disebut juga chimera dalam istilah botani. Perubahan sifat dapat terjadi setelah maupun sebelum pembuahan. Buah kelapa kopyor ini dapat dikenali dengan menggoyangkannya lalu akan terdengar suara yang mirip pasir, bukan air yang seharusnya menjadi isinya.

Kelapa Hibrida

Jenis kelapa berikutnya yaitu kelapa hibrida. Kelapa hibrida merupakan hasil dari persilangan untuk mendapatkan varieatas unggul dari jenis kelapa dalam dan kelapa genjah sehingga menghasilkan sifat – sifat yang baik dari kedua jenis kelapa tersebut.

Kelebihan dari kelapa ini, yaitu cepat berbuah pada umumnya yang berbuah pada umur satu hingga empat tahun. Buah yang dihasilkan cukup besar dengan tingkat produksi yang tinggi. Pohonnya dapat tumbuh dengan baik hingga ketinggian 450m diatas permukaan laut.

Demikian artikel tentang macam macam kelapa. Semoga artikel tentang macam macam kelapa ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kesalahan dan kekurangan pada artikel macam macam kelapa ini, kami mohon maaf. Sekian dan terima kasih.

Sumber : tokomesinkelapa