Macam-macam Bumbu Sate Ayam – Didaerah  Indonesia mempunyai sate khas yang punya kenakan sendiri. Selain pemakai bumbu dan daging, sate Nusantara ini juga dihidangkan dengan berbagai macam bumbu saat disajikan.

Bumbu sate yang paling terkenal memang bumbu kacang dan bumbu kecap, padahal jika ditelisik lagi, sate punya bumbu yang beragam dengan keunggulan rasa masing-masing. Okezone merangkum 4 bumbu sate populer yang sering ditemui ketika makan sate.

Macam-macam Bumbu Sate Ayam

Sate Bumbu Kacang

 

 

sate ayam bumbu kacang

Bumbu kacang sering disandingkan dengan sate ayam khas Madura. Racikannya cukup sederhana yakni bawang putih, bawang merah, kacang tanah goreng, kemiri dan garam. Semua bahan dicampur dan dihaluskan bersama-sama kemudian diberi air hingga konsistensinya kental sedikit cair. Selain bumbu kacang ini, sate ayam madura juga ditambahkan sedikit kucuran kecap manis dan perasan jeruk limo untuk memperkaya rasanya.

Sate Bumbu Kecap

 

 

sate ayam bumbu kecap

Jenis sate yang akrab disandingkan dengan bumbu kecap adalah sate kambing ataupun sate sapi. Sate kambing khas Madura dan sate Tegal atau sate sapi asal Purwakarta yang dikenal sebagai sate maranggi adalah deretan sate yang lezat tersaji dengan bumbu kecap. Campuran bumbu kecap ini sangat simpel karena hanya terdiri dari irisan bawang merah, cabai rawit dan tomat. Semua bumbu iris ini kemudian disiram dengan kecap manis.

Sate Bumbu Padang

sate ayam bumbu padang

Bumbu sate padang ini bisa dibilang eksklusif karena tidak ada sate lain yang disajikan dengan bumbu seperti ini. Ciri utama bumbu sate padang adalah sausnya yang berwarna kuning oranye bertekstur kental. Bahan yang membuat teksturnya kental adalah tepung beras yang dicampur dengan air kaldu sapi. Bumbu campuranya antara lain kunyit, jahe, bawang putih, ketumbar, lengkuas, jintan putih, bubuk kari dan garam. Bumbu sate ini disajikan sebagai siraman bersama sate yang baru saja dibakar. Sate padang terasa lezat jika disantap saat masih hangat karena ketika dingin, bumbunya akan menggumpal menjadi lebih kental.

Sate Bumbu Sambal Matah

 

 

sate ayam sambal matah

 

Lilit sate Bali memang sudah diolah bersama campuran bumbu sebelum dilekatkan ke tusukan dan dibakar. Tapi untuk menambah sensasi rasanya yang lebih sempurna, sate lilit kadang disajikan dengan sambal matah. Sambal matah khas Bali memang punya sensasi rasa yang sempurna, racikan bawang merah iris, cabai iris dan sedikit serai iris ini disiram dengan minyak kelapa buatan sendiri.

Demikianlah para pembaca setia databisnisekonomi.com proses yang dibutuhkan untuk tahap pengunaan memang mudah untuk dipraktekkan cenderung dan tidak memerlukan perawatan yang ini itu. Hal inilah yang membuat banyak orang. Hanya perlu melakukan pengecekan rutin agar  lebih bagus lebih lanjutnya liat Resep Sate Ayam Madura Yang Lezat Dan Mudah Di Praktekin Di Rumah