Halo kalian pembaca setia databisnisekonomi. Kali ini saya akan berbagi info mengenai indutri macam macam bumbu dapur yang fresh. Simak info berikut ini!

Bumbu yang merupakan hal utama dalam memasak memiliki permintaan yang tinggi. Tingkat penjualan berbagai macam macam bumbu dapur tidak pernah turun, malah semakin meningkat.

Selain itu, tidak hanya macam macam bumbu dapur mentah yang dijual. Bumbu dapur giling pun semakin banyak digemari oleh masyarakat.

Macam macam bumbu dapur fresh dan giling

Inovasi mesin dan teknologi dalam bidang memasak, salah satunya mesin giling bumbu serbaguna sangat membantu bagi keseharian masyarakat dalam memasak.

Imbasnya, banyak industri kecil menengah (UKM) yang mendirikan usaha macam macam bumbu dapur. Hal ini juga berdampak baik untuk kesehatan masyarakat daripada menggunakan bumbu instan.

Sebenarnya perbedaan bumbu instan dengan bumbu dapur giling ini tidak terlalu jauh, namun fatal yakni penggunan bahan pengawet.

Bumbu dapur instan menggunakan bahan pengawet juga pastinya bahan-bahan yang digunakan tidak fresh. Berbeda jika kalian membeli bumbu giling dapur di pasar yang fresh.

Macam macam bumbu dapur yang bisa digiling pun hampir semua, karena mesin giling bumbu serbaguna ini dapat dipakai segala bumbu, antara lain:

  1. Bawang putih
  2. Bawang merah
  3. Ketumbar
  4. Merica
  5. Jahet
  6. Kunyit
  7. Lengkuas
  8. Kencur
  9. cabai
  10. dll

Kalianpun bisa memesan kepada produsen bumbu apa yang diinginkan. Keuntungan menggunakan bumbu dapur giling dari bumbu instan adalah, antara lain

  1. Mendapatkan bumbu yang fresh
  2. Harga tidak jauh berbeda
  3. Tidak adanya campuran bahan kimia
  4. Kuantitas bumbu bisa disesuaikan

Namun kadang kala, ada beberapa bumbu yang memang sulit didapatkan di pasar. Sehingga akhirnya memakai alternatif bumbu instant.

Berbagai macam bumbu dapur olahan

Selain macam macam bumbu dapur. Dengan mesin giling bumbu serbaguna kalian juga bisa mendapatkan bumbu olahan masakan seperti;

  • Gado gado
  • Pecel
  • Rendang
  • Sayur asam
  • Bumbu kacang
  • dsb

Uniknya, kalian juga bisa memesan bumbu bumbu masakan di atas dengan resep anda pula. Misalnya bumbu gado-gado anda bisa memesan dengan tingkat kepedasan dan kemanisan yang berbeda.

Sungguh bermanfaat bukan ? Daripada kalian menggunakan bumbu instan yang tidak bisa sesuai keinginan, lebih baik kalian pergi ke pasar dan mendapatkan bumbu yang fresh.

Tips Usaha Macam Macam Bumbu Dapur Giling

macam macam bumbu dapur

macam macam bumbu dapur

Jika kalian tertarik juga mendirikan usaha bumbu dapur jadi, anda cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini;

  • Cari partner produsen bumbu dapur

Hal ini penting, karena partner ini merupakan partner utama kalian dalam bekerja. Anda yang menjual bumbu giling, sangat bergantung pada produsen bumbu dapur yang menyetok hasil produksi ke anda.

  • Siapkan beberapa mesin giling bumbu serbaguna

Anda bisa menggunakan beberapa mesin giling bumbu serbaguna, agar dalam operasionalnya tidak perlu menunggu.

Mesin giling bumbu serbaguna ini hanya memakan tempat yang kecil dan penggunaan bensin yang irit. Kalian pertimbangkan untuk penggunaan mesin giling bumbu serbaguna lebih dari 1.

Selain itu mesini ini dapat memproses 20kg per jam. Kecepatan produksi ini akan meningkatkan pula omzet yang kalian bisa dapatkan.

  • Cari area jualan

Sebaiknya area jualan adalah di pasar. Namun kalian juga bisa memilih area jualan yang menurut anda baik, seperti:

  1. Di area padat penduduk, perumahan.
  2. Pasar kecil
  3. Berjualan keliling

Selain itu, anda juga dapat bekerja sama dengan industri catering. Posisi anda sebagai penyetok bumbu dapur giling menjadi posisi vital bagi kemajuan industri tersebut.

Demikian info yang bisa saya bagi kali ini. Semoga bermanfaat bagi anda dan usaha anda. Selamat mencoba