Apa Itu Limbah Organik?

Limbah organik adalah bahan yang memiliki kemampuan untuk terurai secara alami oleh bumi. Biasanya, limbah jenis ini berasal dari makhluk hidup, yakni tanaman maupun binatang.

Sejatinya, limbah organik diurai oleh organisme lain seiring waktu berjalan dan kadang juga disebut ‘sampah basah’. Biasanya, limbah jenis ini terdiri atas sisa sayuran dan buah-buahan, kertas, tulang-belulang, maupun limbah manusia yang dapat hancur dengan cepat.

Sebagai upaya agar lingkungan tetap dapat terjaga, bersih, serta aman, limbah organik jelas menjadi pilihan limbah yang lebih baik daripada benda-benda yang mampu menghancurkan lingkungan dan tidak dapat terurai secara alami.

Contohnya seperti tas plastik, atau botol air plastik yang membutuhkan ratusan bahkan ribuan tahun agar dapat terurai. Bahan bahan anorganik ini hanya akan menjadi sampah dan mengotori lingkungan selama masa hidup kita.

Dari Limbah Organik Menjadi Pupuk Kompos

Banyak orang rumah yang membuat pupuk kompos mereka sendiri dengan memanfaatkan limbah organik dari rumah mereka. Biasanya hal ini dilakukan dengan menambahkan perantara lain, seperti kotoran hewan dan dedaunan.

Penambahan perantara lain ini berguna agar nutrisi-nutrisi penting yang ada pada limbah organik akan kembali lagi ke tanah. Melakukan kegiatan membuat pupuk kompos seperti ini secara rutin akan membantu mengurangi penumpukan sampah di TPA.

Untuk membuat pupuk kompos dengan benar dan efisien, para ahli menganjurkan 4 bahan utama dalam kandungannya, yakni:

  • Nitrogen
  • Oksigen
  • Air
  • Karbon

Untuk rasio bahan-bahan ini akan tergantung pada tempat tinggal di negaramu, kondisi cuaca, serta jenis maupun bentuk limbah organik yang kamu punya.

Dengan mencampur bahan-bahan di atas, hasilnya biasanya berupa campuran remah-remah material organik yang membusuk berwarna gelap. Anda dapat melakukan konsultasi dengan ahli perkebunan atau sejenisnya untuk cara yang terbaik dalam membuat kompos ini.

Kategori Limbah Organik

Nah, berikut ini adalah beberapa kategori limbah organik yang dapat kamu temukan dengan mudah di dalam maupun di luar rumahmu. Silahkan disimak!

1. Limbah Kebun

Salah satu bentuk limbah organik yang paling dikenal biasanya dihasilkan atau muncul dari kebunmu sendiri. Contohnya seperti tanaman, bunga-bunga, potongan rumput, serta dedaunan.

2. Sampah Dapur

Benda-benda yang termasuk dalam limbah organik yang berasal dari dapur biasanya berupa cangkang telur, potongan sayuran, kulit buah-buahan seperti kulit jeruk, kulit apel, kulit timun, dan sebagainya. Biasanya apapun yang anda gunakan dalam membuat salad pasti masuk kategori limbah hijau atau organik.

3. Makanan Masak

Sisa makanan yang telah dimasak, seperti daging pasti akan mengkerut dan ditelan bumi apabila menjadi limbah. Kategori satu ini terdiri atas potongan daging, daging masak, bahkan juga tulang-belulang.

4. Produk Kertas

Benda-benda semacam tisu kertas, kardus, maupun kertas untuk menulis; semua ini termasuk barang-barang yang dapat terurai secara alami dan aman bagi lingkungan. Produk kertas semacam ini dapat menjadi bahan kompos yang baik karena mampu terurai dengan cepat dan efisien.

5. Limbah Manusia

Limbah manusia, kotoran, pembuangan got, bahkan limbah dari penyembelihan hewan adalah bagian dari kategori limbah manusia yang dapat terurai secara alami. Pupuk kotoran hewan biasanya dapat dibeli di toko perkebunan.

Jika anda tertarik mencoba membuat pupuk organik sebagai langkah bisnis dalam kuantitas besar, silahkan baca artikel cara membuat pupuk organik padat ini.

*****

Bicara soal hal-hal yang organik, anda juga saya sarankan untuk membaca cara membuat pakan ternak organik atau cara membuat pelet ikan organik. Selamat mencoba!