Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Kopi

Kopi Luwak Hitam , Kopi Asli Indonesia yang Harganya Selangit

kopi luwak hitam

Kopi luwak hitam-Menikmati secangkir kopi sudah menjadi gaya hidup. Saat bercengkerama dengan orang-orang terdekat Anda, menikmati kopi sering kali menjadi cara untuk bersantai.

Apalagi jika kopi yang Anda minum memiliki rasa dan kebahagiaan yang tidak biasa.

Berbicara mengenai kopi Indonesia dikenal memiliki jenis kopi yang berbeda dengan kenikmatan yang berbeda pula, dan kopi yang selalu menarik perhatian adalah kopi luwak hitam.

Manfaat dan Fakta Kopi Luwak hitam

Konon kopi jenis ini menyandang predikat kopi termahal di dunia karena cita rasa dan rasanya yang khas.Berikut beberapa manfaat kopi luwak dan fakta unik seputar kopi termahal di dunia asal Indonesia.

1. Memiliki bau yang berbeda

Kopi jenis ini sangat populer untuk dinikmati. Kopi luwak memiliki aroma dan selera makan yang khas karena dihasilkan dari proses alami hewan mirip musang yang disebut luwak. Tak heran jika kualitas dan harganya jauh berbeda dengan kopi biasa.

2. Proses pembuatan kopi luwak yang unik

Pecinta kopi luwak yang terkenal dihasilkan dari proses luwak alami. Hewan mirip musang ini diketahui memiliki bau menyengat yang bisa membedakan biji kopi yang baik dan yang buruk.

Uniknya, hewan ini hanya mau memakan biji kopi yang sudah masak. Rasa yang pas ini membuat tidak mungkin kopi luwak menjadi murah dan memiliki khasiat gizi yang tinggi dari kopi luwak.

3. Kopi Luwak adalah kopi asli dari Indonesia

Kopi luwak sebenarnya merupakan produk asli Indonesia yang sudah ditemukan dan sudah ada sejak abad ke-19. Namun berkat kelezatannya, produksinya kini mulai merambah negara tetangga, seperti Vietnam, Filipina, dan Malaysia.

Dan yang paling membanggakan, Indonesia ternyata menjadi negara dengan produksi kopi luwak tertinggi di dunia. Sekitar 200 kg kopi luwak diproduksi setiap tahun. Namun, jumlah kopi luwak di negeri ini masih terbatas. Karena harganya di pasaran sangat mahal.

4. Kopi luwak memiliki berbagai manfaat kesehatan

Untungnya, Anda termasuk orang yang menyukai kopi yang sangat mahal. Mau tahu apa saja sih manfaat kutu kopi? Minuman unik dan nikmat ini dipercaya dapat mencegah kanker payudara, diabetes, dan batu empedu, meningkatkan stamina, serta melindungi kulit, mulut, dan gigi.

5. Kopi luwak adalah kopi termahal di dunia

Mengingat rasanya yang khas, tidak heran jika kopi luwak disebut sebagai kopi termahal di dunia. Fakta ini dicatat dalam Guinness Book of Records, seperti yang Anda ketahui.

Di Inggris Raya, harga kopi luwak bisa serendah £ 70 atau Rp 10 juta per kilogram. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat mengonsumsi kopi yang diklaim sebagai kopi luwak namun dijual dengan harga murah. Rasa dan aromanya pasti kalah dengan kopi luwak aslinya.

Cara membuat kopi luwak

Berikut cara membuat kopi luwak

1. Pilih biji kopi terbaik

Sedangkan untuk Indonesia sendiri, penghasil biji kopi terbaik berasal dari tanah Lampung. Nah, dari situlah banyak biji kopi luwak berasal. Selain sebagai ekstrak buah kopi berkualitas, filter pertama adalah olahan biji  yang terkenal ketat, lho!

Buah kopi yang dipilih hanya berwarna merah dan sangat segar. Kemudian buah yang dipilih direndam untuk menentukan buah mana yang cocok untuk diolah pada proses selanjutnya.

2. Beri luwak biji kopi

Setelah disortir, biji kopi dibagi menjadi beberapa mangkok untuk diberi musang. Hanya satu jenis musang yang digunakan, yaitu musang binturong yang merupakan musang pemakan kopi.

Berkat aromanya yang menyengat, penjepit luwak dapat benar-benar memisahkan buah kopi yang sudah matang, menghasilkan kopi yang berkualitas tinggi.

3. Panen Kopi

Setelah proses “produksi” dengan musang , biji kopi yang masih berupa kotoran musang bisa dijemur untuk mengeringkan ampasnya, atau dicuci terlebih dahulu untuk mensterilkannya.

Pencucian dilakukan dengan mencampurkannya dengan debu dan menggoreng sebanyak 7 kali.

4. Menggiling dan memanggang kopi

Setelah melalui proses penjemuran, hasilnya berupa biji kopi luwak mentah atau mentah. Kemudian beras giling dipilih untuk memisahkan biji kopi utuh dari biji kopi bubuk. Sortasi secara manual untuk menghasilkan biji kopi berkualitas tinggi, siap untuk disangrai atau disangrai.

Agar lebih mudah, Anda bisa memanggang kopi di dalam mesin roasting kopiyang bisa anda dapatkan di grosirmesin.

5. Pengemasan

Kami sampai pada langkah terakhir, yaitu pemupukan. Cara pemurnian juga dilakukan secara manual dengan proses dilesung atau dengan mesin penghancur biji kopi. Apalagi kopi bubuk tersebut dikemas dalam kemasan alumunium foil dan siap dijual di pasaran.

Theme by Anders Norén