Kopi klotok ungaran – Itulah warung kopi Pak Sadar yang terkenal dengan kopi klotoknya. Pak Sadar adalah salah satu minuman kuliner paling laris yang ada di Ungaran.

Lokasi Kopi Klotok

Kopi itu terletak di Daerah Ungaran di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah memang relatif lebih berhawa dingin ketimbang Kota Semarang. Hal ini tidak lepas dari kondisi geografis Ungaran yang berdekatan dengan lokasi Gunung Ungaran.

Warung Kopi Klotok Pak Sadar di Alun-Alun Kalirejo ini memang sudah termasuk tersohor bagi warga Ungaran atau Kota Semarang. Dahulu Pak Sadar menjajakan kopinya dengan gerobak di Alun-Alun Mini Ungaran di kawasan Jalan Ahmad Yani.

Proses penyajiannya memang sedikit lebih lama apalagi jika datang di malam minggu atau malam libur. Sejak buka pukul 18.30, warung yang berada di jejeran pujasera ini sudah mulai dipenuhi pengunjung.

Karena jika semakin malam, semakin ramai pengunjung yang datang,belum lagi harus berebut tempat, dan akan mengantri  lama. Tetapi jangan kuatir, itulah yang menjadi khas dari kopi klotok makin lama menunggu, makin banyak waktu untuk bercengkrama.

 

Soal Rasa ??

Menilai dalam hal rasa, kopi klotok “Sadar” tidak kalah enak dengan kopi yang ada di kedai-kedai kopi. Bahkan disini harganya bisa dibilang sangat murah untuk kopi seenak itu. Hrga kopi disini dipatok mulai dari dari Rp. 5.000 – Rp. 10.000.

Selain itu di area kopi klotok “Sadar” juga terdapat banyak pedagang dan penjual makanan, jadi pembeli tak menjadi bosan menunggu kopi yang dipesan. kopi ini seperti rasa kop arab yang sangat enak dan nikmat.

Di Alun-Alun Bung Karno Ungaran, ada bangunan khusus untuk gerai makanan dan minuman. Jadi, pedagang kaki lima dikumpulkan di sebuah lokasi agar lebih rapi dan teratur. Letaknya dibelakang gedung pertemuan. Disana terletak 2 pendopo yang sengaja berhadapan.

Pak Sadar sudah bertahun-tahun berjualan kopi klotok, tapi sebelumnya ia berjualan di alun-alun Mini Ungaran depan Mesjid Agung. Nah, Karena di Alun-Alun mini sudah tidak boleh berjualan lagi, maka ia pun pindah.

Kopi klotok menjadi istimewa karena direbus bersama-sama air mendidih di atas kompor. Kompornya pun bukan kompor biasa. Direbus di atas tungku bara api yang selalu dikipas, membuat rasa yang khas muncul di kopi Pak Sadar.

leih lengkap ada di cara membuat kopi klotok