Kali ini saya akan membahas dengan khusus khasiat minyak kelapa. Minyak kelapa adalah satu dari sekian hasil proses olahan buah atau daging kelapa.

Namun berbeda dengan santan kelapa yang notabene juga merupakan hasil proses daging kelapa dalam bentuk cairan, minyak kelapa berwarna lebih bening. Tidak putih pekat seperti santan. Khasiat minyak kelapa pun pastinya berbeda dengan santan kelapa.

Pembuatan minyak kelapa dapat dilalui dengan banyak proses, seperti proses pendinginan, pemanasan, maupun proses fermentasi. Proses itu berawal dari kelapa yang di olah menjadi santan kemudian diproses menjadi minyak kelapa.

Bagi sebagian orang yang tidak mengenal khasiat minyak kelapa pasti akan mengira bahwa khasiat minyak kelapa itu mengandung banyak lemak jenuh dan membuatnya sangat buruk bagi kesehatan dan dapat menyebabkan seseorang terserang serangan jantung.

Akan tetapi, setelah para ahli melakukan penelitian maka para ahli meyakinkan bahwa kandungan pada minyak kelapa berupa minyak jenuh yang ternyata kaya akan asam laurat yang sangat baik bagi kesehatan.

Berkat khasiat minyak kelapa, banyak yang mengklasifikasikan minyak kelapa sebagai superfood, atau makanan super. Hingga saat ini, terdapat lebih dari 1500 penelitian yang membuktikan bahwa minyak kelapa adalah satu dari sekian makanan tersehat di planet ini. Wow banget ya!

Jelas bahwa manfaat maupun khasiat minyak kelapa sangat lebih dari apa yang orang-orang sadari. Penelitian yang sudah berjalan akhirnya menemukan apa rahasia dibalik khasiat minyak kelapa ini.

Berdasarkan penelitian tadi, ditemukan bahwa minyak kelapa mengandung lemak baik yang disebut medium-chain fatty acids (MCFAs). Unsur lemak ini mengandung:

a. Asam Kaprilat

b. Asam Laurat

c. Asam Kaprat

Kurang lebih 62% dari kandungan minyak kelapa berisikan 3 asam lemak ini. Serta sekitar 91% dari kandungan lemak dari minyak kelapa adalah lemak jenuh yang sehat.

Khasiat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Berikut adalah 20 khasiat minyak kelapa berdasarkan penelitian di bidang kedokteran.

1. Pengobatan Alami Terhadap Penyakit Alzheimer

Medium-chain fatty acids tadi dicerna dalam hati dan menghasilkan ketones–yang merupakan sumber energi yang dapat diserap secara langsung oleh otak. Ketones menyuplai energi ke otak tanpa memerlukan insulin untuk memproses glukosa menjadi energi.

Penelitian terbaru telah membuktikan bahwa otak mampu menciptakan insulin-nya sendiri untuk memproses glukosa dan menggerakkan sel-sel otak. Otak penderita Alzheimer umumnya sudah kehilangan kemampuan untuk memproduksi insulinnya sendiri.

Maka dari itu, ketones dari minyak kelapa mampu menghasilkan sumber energi alternatif untuk membantu pemulihan fungsi otak.

2. Mencegah Penyakit Jantung Serta Darah Tinggi

Minyak kelapa memiliki kandungan lemak jenuh sehat yang tinggi. Lemak jenuh ternyata tidak hanya mampu untuk menambah kolesterol baik (HDL) dalam tubuh, tapi juga mampu merubah kolesterol jahat (LDL) menjadi HDL.

Dengan meningkatnya kandungan HDL dalam tubuh, kesehatan jantung dapat meningkat serta memperkecil risiko penyakit jantung.

3. Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih dan Infeksi Ginjal & Melindungi Liver

Telah banyak diketahui bahwa minyak kelapa dapat membersihkan dan menyembuhkan urinary tract infections atau infeksi saluran kemih, serta infeksi ginjal.

Kandungan MCFAs pada minyak kelapa dapat menghancurkan lapisan lipid pada bakteria dan membunuhnya dengan bekerja sebagai antibiotik natural. Juga pernah ada studi yang membuktikan bahwa minyak kelapa melindungi liver secara langsung dari kerusakan.

4. Mengurangi Inflamasi dan Radang Sendi (Arthritis)

Dalam sebuah penelitian di India, kandungan antioksidan yang tinggi di minyak kelapa murni (virgin coconut oil) terbukti dapat mengurangi inflamasi serta menyembuhkan radang sendi lebih efektif daripada obat paling mutakhir sekalipun.

Di penelitian yang lebih baru, diteliti bahwa minyak kelapa yang dibuat dengan panas medium dapat menekan sel-sel inflamasi. Minyak kelapa ini juga dapat bekerja sebagai analgesic dan anti-inflamasi.

5. Mencegah dan Mengobati Kanker

Minyak kelapa memiliki 2 unsur yang membuatnya dapat melawan kanker. Pertama, dikarenakan ketones yang diproduksi dalam proses pencernaannya. Sel tumor tidak mampu mengakses energi dalam ketones yang tidak memerlukan glukosa.

Dipercaya bahwa diet ketonik dapat menjadi komponen pembantu pasien kanker untuk sembuh.

Kedua, seiring dengan dihabisinya lapisan lipid bakteri oleh MCFAs, asam lemak ini juga dapat membunuh bakteri helicobacter pylori yang dikenal mampu meningkatkan risiko kanker perut.

Bahkan dalam riset-riset mengenai kimiawi kanker, kehadiran minyak kelapa dapat mencegah perkembangan sel kanker.

Selain itu, minyak kelapa juga dapat:

6. Meningkatkan sistem imun

7. Meningkatkan fungsi otak dan memori

8. Meningkatkan ketahanan tubuh, energi, dan durabilitas

9. Melancarkan pencernaan, mencegah maag, serta peradangan dinding saluran pencernaan

10. Mengurangi gejala penyakit kandung empedu serta pankreas

11. Memperbaiki sel kulit, khususnya wajah

12. Mencegah penyakit mulut dan pembusukkan gigi

13. Mencegah osteoporosis

14. Mencegah Diabetes Tipe-II

15. Minyak kelapa untuk menurunkan berat badan

16. Membentuk otot serta membakar lemak

17. Bermanfaat untuk perawatan rambut

18. Mencegah infeksi jamur

19. Berfungsi sebagai anti-penuaan bagi wajah

20. Berfungsi sebagai penyeimbang hormon