Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Resep Keripik Ubi/Singkong Pedas Dengan Rasa Yang Gurih

keripik ubi pedas

Kripik Ubi/Singkong Pedas dan resep keripik pisang memang sangat mirip dalam proses membuatnya. Yang membedakan keduanya hanya bahan bakunya saja, selebihnya cara membuatnya kurang lebih sama.

Sama seperti keripik pisang, umumnya keripik singkong cukup renyah dengan rasa yang bervariasi seperti keripik singkong rasa pedas, ras manis, rasa asin, rasa keju, rasa balado, dan masih banyak lagi.

Resep Keripik Ubi/Singkong Pedas

Karena bahan bakunya sangat murah dan mudah didapat, keripik singkong cukup digemari oleh masyarakat Indonesia semua usia.

Untuk keripik singkong yang benar-benar lezat dengan tingkat kerenyahan sempurna hanya bisa didapatkan dari singkong yang masih segar atau baru diambil dari pohonnya.

keripik ubi pedas

Bahan:

  • 600 gram singkong ukuran sedang
  • 1 sendok teh air kapur sirih
  • 1 sendok teh garam
  • 750 ml air 500 ml minyak

 

Bahan Goreng Untuk Bumbu Pedas:

  • 5 butir bawang merah
  • tumbuk kasar 5 buah cabai merah besar
  • tumbuk kasar 5 buah cabai merah keriting
  • tumbuk kasar 2 lembar daun salam
  • 1 1/2 sendok teh garam 50 gram gula merah
  • sisir 1 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh asam jawa
  • larutkan dengan 2 sdm air
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis

 

Cara Membuat keripik Ubi/Singkong Pedas:

  1. Kupas singkong dan iris-iris tipis. Kemudian rendam di dalam larutan air kapur sirih, garam, dan air selama 15 menit. Lalu cuci bersih dan tiriskan.
  2. Panaskan minyak. Goreng singkong iris sampai matang dan kering di atas api sedang. Angkat dan sisihkan. Baca juga: Resep Roti Canai, Roti Pipih Teman Makan Kari
  3. Siapkan wajan baru dan panaskan sedikit minyak di dalamnya. Masukan bawang merah, cabai, dan daun salam tumis sampai harum.
  4. Tambahkan perasa garam, gula merah, gula pasir, dan air asam jawa. Aduk sampai bumbu mengental.
  5. Masukan singkong goreng. Aduk sampai terbalut rata oleh bumbunya. Keripik singkong siap disajikan.

 

6 Manfaaat Singkong Pada Tubuh Manusia

  1. Sumber Serat

Singkong yang menjadi bahan utama dalam pembuatan keripik singkong ini sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar trigliserida serta untuk menjadg ini memiliki manfaar uni sumber serat yang bagus untuk tubub manusia.

Sehingga singkong yang dipakai dalam membuat keripik singkontuk menurunkan resiko stroke, jantung, kanker usus besar, serta bisa mengendalikan diabetes. Namun manfaat dari singkong ini memang akan lebih banyak di dapat ketika singkong di masak dengan cara di kukus atau direbus.

  1. Sumber Karbohidrat

Singkong memiliki jumlah kalori yang dua kali lipat lebih besar di bandingkan kentang. Sehingga tidak salah jika singkong menjadi salah satu makanan pokok yanga menjadi sumber karbohidrat. Karena di dalam 100 gram singkong terdapat kandungan 160 kalori yang sebagian besar terdiri dari sukrosa.

  1. Protein Tinggi

Singkong merupakan salah satu makanan yang rendah lemak jika di bandingkan dengan sereal atau kacang-kacangan, namun yang menarik adalah singkong ini memiliki kandungan protein yang tinggi jika di bandingkan dengan kentang dan pisang. Sehingga anda tidak perlu khawatir akan kekurangan protein ketika mengkonsumsi singkong.

  1. Vitamin K

Singkong juga mengandung vitamin, salah satu nya adalah vitamin K, vitamin K ini sendiri memang berfungsi untuk membangun masa tulang. Sehingga tulang akan terjaga ketahanan nya, di samping itu vitamin K juga berperan penting dalam penyembuhan pasiean Alzheimer.

Sehingga sangat cocok untuk di konsumsi oleh para penderita Alzheimer atau pelupa, karena vitamin K dapat membatasi kerusakan yang ada pada saraf otak.

  1. Vitamin B Kompleks

Tanaman singkong ini juga merupakan salah satu dari sumber vitamin B kompleks dan kelompok vitamin seperti folates, riboflavin, thiamin, piridoksin atau vitamin B-6 dan asam pantotenat.

Salah satu kandungan yang bernama riboflavin bisa berguna untuk membantu pertumbuhan tubuh serta membantu daam memproduksi sel darah merah sehingga orang yang memakan singkong akan terhindar dari penyakit anemia.

  1. Mineral Penting

Singkong atau keripik singkong juga sangat bermanfaat bagi tubuh sebagai sumber mineral, seperti magnesium, seng, besi, mangan dan tembaga. Selain itu kandungan kalium yang ada pada nya juga bisa membantu anda mengantur tekanan darah.

Bahkan berdasarkan penelitian bahwa singkong sangat berpengaruh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam darah.

Theme by Anders Norén