Kerajinan tangan dari bahan bambu pastinya dinilai oleh sebagian besar orang sebagai bahan produk kerajinan yang estetis dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Hampir sejak ratusan tahun yang lalu, orang Indonesia telah menggunakan bambu untuk berbagai macam kebutuhan, mulai dari yang paling sederhana, hingga diolah sedemikian rupa dengan kebutuhan yang lebih rumit. Hingga saat ini, bambu masih digunakan untuk keperluan tersebut.

Bahkan saat ini produk kerajinan tangan dari bahan bambu mulai tampil dengan desain yang lebih menarik dan lebih artistik. Beberapa teknik dalam pembuatan kerajinan tangan dari bahan bambu mencakup teknik anyaman dan teknik tempel atau sambung.

Mengenal Bambu

Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya. Bambu memiliki banyak tipe. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru.

Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik, Beberapa keunggulan bambu adalah seperti di bawah ini :

  • Mudah ditanam dan tidak memerlukan pemeliharaan khusus
  • Untuk melakukan budidaya bambu, tidak diperlukan investasi yang besar.
  • Jika tanaman sudah mantap, hasilnya dapat diperoleh secara terus menerus tanpa perlu menanam lagi.
  • Secara fisik, bambu memiliki serat yang panjang dan rapat, lentur, tidak mudah patah, dinding batang yang keras, dan banyak lagi.
  • Pertumbuhan vegetatif yang sangat cepat, yakni 30-120 cm per 24 jam.
  • Memiliki ketahanan yang sangat luar biasa. Apabila terbakar pun ada kemungkinan bisa tumbuh lagi.

ambu merupakan tanaman rakyat terpenting dan banyak kegunaannya untuk kehidupan sehari-hari, baik sebatas kebutuhan rumah tangga maupun sebagai sumber perdagangan. Hampir tiap petani di pedesaan memiliki tanaman bambu di kebunnya masing-masing.

Tanaman bambu ini secara umum sangat efektif untuk reboisasi wilayah hutan terbuka atau gundul akibat penebangan karena pertumbuhan rumpun bambu yang sangat cepat dan toleransinya terhadap lingkungan sangat tinggi serta memiliki kemampuan memperbaiki sumber tangkapan air sangat efektif.

Memperindah Taman dengan 7 Kerajinan Tangan dari Bahan Bambu Berikut ini

Tentunya bagi kalian para pencinta desain eksterior maupun interior, keindahan bagi mata adalah segalanya. Apalagi menyangkut taman. Apabila rambut wanita adalah mahkota bagi para kaum hawa, maka keindahan taman di rumah pun bisa menjadi analogi yang serupa.

Siapa sih yang tidak ingin membuat rumah miliknya, tempat beristirahatnya, menjadi tambah indah dan nyaman? Berikut ini saya akan memaparkan 7 kiat kreatif membuat kerajinan tangan dari bahan bambu buat kalian para pengejar estetika taman.

1. Pot Tanaman Gantung dari Bambu

kerajinan-tangan-dari-bahan-bambu-pot-gantung

Dengan warna naturalnya yang mencolok, yakni hijau maupun kuning, bambu dapat memberikan sensasi warna kontras terhadap warna-warni tanaman yang ada di dalamnya.

Produk kerajinan tangan dari bahan bambu satu ini memberikan opsi bagi kamu untuk mengoptimalisasikan keindahan warna-warni tersebut tidak hanya di permukaan tanah, tapi juga di udara.

Caranya adalah dengan membelah batang bambu ukuran besar lalu isilah dengan tanaman kecil yang warna-warni guna mencapai keindahan yang hakiki.

2. Tralis Tanaman Rambat dari Bambu

kerajinan-tangan-dari-bahan-bambu-tralis-tanaman

Adanya tanaman rambat dalam komposisi tanaman di taman adalah sebuah kewajiban. Tergantung media rambatnya, tanaman rambat dapat menghadirkan nuansa baru untuk spot-spot di tamanmu yang terlihat membosankan, seperti dinding atau pagar.

Caranya cukup mudah, yakni menyediakan beberapa bambu dengan ukuran yang sama, lalu disusun sedemikian rupa seperti tralis, lalu diikat tali atau kawat agar kuat.

Untuk jenis tanaman rambatnya, anda bisa mencoba tanaman sirih merah, mandavela, morning glory, bougenvil, melati irian, bunga clementis, atau bunga air mata pengantin.

3. Rumah Gantung dari Bambu untuk Pot Tanaman

kerajinan-tangan-dari-bahan-bambu-rumah-tanaman-gantung

Lain dengan fungsi pot gantung, produk kerajinan tangan dari bahan bambu satu ini sangat berguna sebagai eye catcher untuk para pengunjung tamanmu. Dengan adanya rumah gantung ini, dapat dipastikan orang yang mengunjungi tamanmu pasti akan terpesona dan kagum dengan seleramu.

Rumah gantung untuk pot tanaman ini bisa kamu gantung dari batang pohon yang besar atau dari kayu penunjang atap rumahmu.

4. Railing/Pagar Taman dari Bambu

kerajinan-tangan-dari-bahan-bambu-railing

Pembuatan hiasan taman satu ini cukup simple. Kuncinya adalah kamu harus memilih bambu yang tebal dan kuat agar awet. Kamu cukup melubangi bagian atas bambu untuk dilalui tali tambang.

Nuansa railing dan tekstur bambu ini dapat menghasilkan detil yang menawan meskipun cara pembuatannya terbilang simpel. Untuk finishing yang mantap, kamu bisa lapisi bambumu dengan pelitur.

5. Water Fountain dari Bambu

kerajinan-tangan-dari-bahan-bambu-pancuran

Pancuran air merupakan cara sempurna untuk menambahkan Zen kecil pada rumah anda, yang membawa keindahan, ketenangan, dan nuansa alam pada saat Anda masuk ke dalam rumah. Ini merupakan proyek mudah yang membutuhkan beberapa teknik atau peralatan dan dapat anda selesaikan sendiri hanya dalam beberapa jam.

6. Gerbang Taman dari Bambu

kerajinan-tangan-dari-bahan-bambu-gerbang-taman

Sebenarnya kamu bisa membuat pagar taman dari apa saja. Akan tetapi, berkat nuansa hijau/kuning dari bambu yang mencerminkan nuansa yang damai, penggunaan bambu sebagai gerbang tamanmu akan memberikan impresi tersebut bagi para pengunjung.

7. Genta Angin dari Bambu

kerajinan-tangan-dari-bahan-bambu-genta-angin

Salah satu atribut spesial dari genta/lonceng bambu ini adalah suara unik yang dihasilkan. Lonceng dari bambu sebagai salah satu kerajinan tangan dari bahan bambu memiliki suara yang jauh lebih lembut daripada lonceng angin yang terbuat dari besi.

Untuk cara pembuatannya, bisa kamu cek disini.