Fashion selalu berevolusi. Apa yang dipandang paling cool hari ini, bisa jadi sesuatu yang ketinggalan zaman hanya dalam beberapa bulan. Kaos yang pernah jadi baju andalan pun bisa terpaksa kamu istirahatkan jika sudah nggak zaman lagi. Ide Kreatif Dari Baju Bekas.

Mungkin juga kaosmu yang dulu bagus sekarang sudah buram atau bolong-bolong. Kamu pun tergoda untuk membuangnya langsung ke tempat sampah. Padahal dengan sedikit kreativitas, kaos tersebut dapat berubah menjadi fashion item lain yang berguna untuk menunjang penampilan barumu.

Iya, kamu bisa mengubah kaosmu yang udah usang menjadi tas, yang dapat kamu kenakan sebagai aksesoris ketika menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan.

Di antara kita pasti punya baju yang sudah lama gak pernah dipakai tapi tetap saja disimpan di lemari. Dibuang sayang tapi juga gak pernah digunakan.

Nah, bagaimana kalau kamu coba daur ulang jadi sesuatu yang lebih berguna? Kaos oblong yang udah gak muat bisa kamu bikin jadi barang yang lebih bermanfaat kok. Penasaran bisa dibikin apa aja ya?

kalian juga pasti mau tau kan Modal usaha isi ulang air galon bisa kalian contoh buat referensi.

  1. Kantong Belanja

Cara Membuat :

  • Pilihlah kaos bekas yang ingin kamu jadikan tas. Jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu, supaya tasmu nanti tidak bau.

Sebelum menjadikan kaos bekasmu sebuah tas, alangkah bijak jika kamu mencucinya terlebih dahulu, agar tas kece yang kelak akan kamu pakai jalan-jalan terlihat bersih dan tidak bau. Sebaiknya pilihlah kaos yang memiliki motif bagus agar hasil akhir yang keluar juga terlihat istimewa.

  •  Persiapkan gunting khusus kain. Memakai ini untuk menggunting bisa menghasilkan potongan yang terlihat rapi.

Setelah selesai dibersihkan, siapkan gunting khusus kain atau gunting biasa yang tajam agar potongan yang terbentuk di kaos terlihat rapi. Potongan yang tidak rapi akan membuat tas kaosmu nanti terlihat jelek.

  •  Langkah pertama, letakkan kaos di atas meja, dan guntinglah bagian bawahmua. Jangan dibuang ya sisa potongannya!

Untuk memulainya, letakkan kaos yang sudah kamu cuci diatas meja dalam posisi telentang dengan bagian depan kaos berada di sebelah atas. Gunakan penggaris atau feeling untuk memotong bagian bawah kaos selebar 3 cm. Jangan buang sisa potongan tersebut karena nanti akan berguna untuk mengikat bagian bawah tas.

  • Kemudian lipatlah setengah bagian kaos ke belakang, sehingga bagian leher terlihat. Potong bagian kerah dan lengan kaos dengan menggunakan gunting.

Setelah bagian bawah kaos terpotong, lipatlah setengah bagian kaos ke belakang sehingga bagian depan kaos tetap terlihat. Potong bagian kerah dan lengan kaos untuk di jadikan tali tas, jika ingin gagang tas terlihat panjang, kamu bisa memotong bagian lengan lebih panjang lagi ke bawah.

  •  Baliklah kaosmu, sehingga yang terekspos dari luar adalah bagian dalam kaos tersebut. Ikat bagian bawah kaos dengan kain sisa potongan yang pertama.

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah membalik kaos tersebut sehingga yang terlihat adalah bagian dalam kaos, gunakan sisa kain dari potongan yang pertama untuk mengikat bagian bawah kaos. Ikat dengan kencang, gunakan gunting untuk memotong sisa ikatan yang masih panjang.

  • Dan, kini tas kece dari kaos bekas bisa kamu gunakan untuk jalan-jalan.

2.  Bandana Dari Baju Bekas

Kaos bekas bisa juga jadi aksesoris cantik. Dengan ketelitian dan keapikan, sulaplah kaos bekasmu menjadi bando seperti di atas! Berikut cara membuat bandana yang mudah untuk kalian agar bisa mencoba nya di rumah !

Bahan dan alat:

– Kain bekas

– Benang

– Pita karet

– Gunting bergerigi untuk kain

– Lem tembak  

Cara membuat:

1. Gunting kain zig-zag sesuai dengan ukuran yang diinginkan menggunakan gunting bergerigi

2. Tarik bagian tengah atas dan bawah ke titik tengah

3. Kemudian ikat bagian tengahnya menggunakan benang

4. Potong pita karet sesuai dengan ukuran kepala bayi

5. Tempelkan kedua ujung pita karet di tengah kerutan kain

6. Lalu rekatkan menggunakan lem tembak panas

7. Bandana mungil siap dipakai untuk si kecil.

3. Boneka

Kamu punya kaos kekecilan yang punya gambar-gambar lucu? Daripada dibuang, coba potong karakter lucu yang ada di kaosmu dan hidupkan kembali untuk jadi plushie yang gemas. Lumayan kan untuk nambah koleksi boneka kamu atau diberikan pada ponakanmu?

Sedikit pembahasan ini semoga dapat menambah wawasan untuk para pembaca ya. Selamat Mencoba semua !