Kerajinan botol bekas yang unik merupakan salah satu cara untuk menyelamatkan bumi dari pencemaran sampah yang semakin hari semakin menumpuk. Dengan memanfaatkan sampah botol bekas menjadi sebuah kerajinan tangan dari botol bekas.

Botol bekas yang terbuat dari kaca atau plastik merupakan sampah yang tidak bisa terurai di dalam tanah. Sampah jenis ini bisa utuh sampai ratusan tahun di dalam tanah tanpa sedikitpun terurai ke lingkungan. Berbeda dengan sampah organik yang bisa terurai dengan cepat di lingkungan, sampah jenis ini sangat susah untuk terurai.

Beberapa kerajinan dari botol bekas ini bisa dijadikan sebagi ide produk bisnismu. Lumayan lho kalau kamu bisa membuat produk dari botol bekas. Keuntungan yang dihasilkan bisa untuk tambahan penghasilan.

Kalian juga bisa membaca usaha rumahan ibu rumah tangga yang unik dan kreatif

Yuk simak contoh-contoh kerajinan tangan dari botol bekas berikut ini.

  1.  Hewan Imut dari Tutup Botol Bekas

Karakter hewan imut ini dibuat dari bekas tutup botol yang biasa kita buang bersamaan dengan botolnya. Nah, untuk memperkaya ide untuk membuat sebuah kreasi tangan yang imut, kita bisa meniru ide unik ini. Kerajinan dari tutup botol ini bisa kamu buat dengan mudah menggunakan alat dan bahan yang mudah didapat.

Kerajinan hewan imut dari tutup botol ini bisa dijadikan media belajar anak untuk mengenal hewan-hewan dalam versi imutnya. Minimal bisa mengenal hewan aslinya dari warna dan ciri khas  yang kita buat pada tutup botol ini.

2.  Vas Bunga

Kreasi dari botol bekas yang pertama adalah vas bunga. Botol-botol yang ada di rumah bisa kamu gunakan sebagai vas bunga seperti pada gambar di atas. Untuk mempercantik tampilan vas bunga, botol sebaiknya dicat dengan warna yang menarik.

Cara mengecat botol-botol ini bisa kamu lakukan dari dalam botol atau dari sisi luar botol. Perbedaannya, jika kamu mengecat botol dari dalam, vas bunga akan tetep mengkilau karena kaca bagian sisi luar botol tidak tertutup cat sehingga kilaunya tetap ada.

Namun, jika kamu mengecat botol dari sisi luar hasilnya akan seperti pada gambar di atas. Tidak mengkilau. Tapi tetep cantik kan. Untuk menambah kesan artistik, kamu juga bisa menambahkan gambar-gambar di luar sisi botol. Kamu bisa menggambar daun, huruf, atau gambar-gambar lucu yang kamu sukai.

3. Lampu Hias Gantung

Dengan botol kaca bekas, kamu bisa membuat lampu hias seperti ini. Botol dipotong dan bagian atasnya digunakan untuk lampu hias gantung dengan menambahkan gantungan kawat dan pitingan lampu atau alas lilin jika lampu hiasnya akan diisi dengan lilin bukan dengan lampu listrik.

Pilih botol dengan warna bermacam-macam seperti merah, biru, hijau dan sebagainya. Dengan warna botol seperti ini akan menambah kesan warna-warni.

Susun lampu hias dengan cara seperti pada gambar atau dengan cara kamu sendiri. Mau digantung secara berjejer atau berkelompok juga bisa.

4. Lampu Hias Romantis

Prakarya dari botol bekas berikutnya adalah lampu hias dari botol kaca. Suasana romantis bisa kamu dapatkan dengan cara yang sederhana. Salah satunya adalah dengan mendekorasi ulang ruangan itu sendiri. Romantis identik dengan pencahayaan yang tidak terlalu terang serta tidak terlalu gelap.

Dengan menggunakan botol bekas sebagai lampu hias utamanya, kamu bisa membuat suasana yang romantis seperti pada gambar di atas.

Lampu hias dari botol bekas ini akan menjadi salah satu hiasan yang unik dan menarik. Ditambah lagi dengan bola lampu pijar yang memancarkan warna kuning matahari berlapis kaca botol sehingga warna terangnya akan terfilter dan menghasilkan intensitas cahaya yang tidak terlalu menyakitkan mata.

Dengan botol bekas, kita juga bisa membuat lampion lho. Contohnya seperti pada gambar di atas. Lampion dari botol bekas ini dibuat dengan bajet yang cukup murah karena bahan utamanya yaitu botol tidak dibeli. Kertas untuk hiasannya pun bisa kita dapatkan dari kertas-kertas bekas yang ada di rumah.

Cara membuat lampion dari botol bekas ini cukup mudah lho. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Sedangkan lampu dan kabelnya bisa kamu beli di toko listrik terdekat. Gunakan lampu berbentuk jantung yang berukuran sekitar 5 cm supaya tidak terlalu besar untuk dimasukkan ke dalam botol.

Demikianlah sedikit pembahasan dari saya semoga dapat bermanfaat untuk anda dan selamat mencobanya di rumah.