Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Membudidaya Kelapa Hibrida Yang Menguntungkan

Banyak manfaat kelapa muda yang tumbuh di negara kita, salah satunya adalah salah satu tanaman buah hasil persilangan dari jenis “kelapa dalam” dengan “kelapa genjah” yang menghasilkan varietas baru yang unggul karena memiliki dua kelebihan sifat dari dua jenis kelapa yang berbeda. Artikel ini, kami akan membahas cara membudidaya kelapa hibrida yang menguntungkan. Yuk kita simak bersama.

Buah Kelapa Hibrida

Kelapa hibrida ini umumnya mulai berbuah saat pohon berusia 5 – 7 tahun. Kelebihan lain dari jenis hibrida ini adalah bisa menanamnya di halaman depan atau pekarangan rumah karena tinggi dan ukuran pohon ini terbilang pendek jika kita bandingkan dengan jenis biasa.

Spesifikasi

  1. Nama latin Ilmiah: Cocos Nucifera
  2. Asal Muasal: Negara Indonesia
  3. Sifat-sifat serta keunggulan buah kelapa hibrida: Tanaman ini jauh lebih cepat berbuah jenis biasa.
  4. Sifat-sifat dan keunggulan bibit kelapa hibrida: Bisa tumbuh optimal jika budidaya di dataran rendah berketinggian 450m dpl.
  5. Umur Bibit Bisa Berbuah: 5 – 7 tahun
  6. Cara Pembibitan yang kami lakukan: Biji / buah
  7. Tabulampot: Tidak cocok
  8. Tanah biasa: Sangat Bisa

Keunggulan Kelapa Hibrida

  1. Tanaman buah varietas ini jauh lebih cepat berbuah, hanya perlu waktu 5-7 tahun kita bisa panen buahnya.
  2. Kelapa hibrida cukup produktif karena bisa menghasilkan rata-rata 140 butir tiap pohonnya per-tahun
  3. Buah kelapa hibrida bisa memproduksi kopra rata-rata hingga 6-7 ton / tahun setiap tahun ketika tanaman berumur 10 tahun.
  4. Daging kelapa hibrida tebal, agak keras serta memiliki kandungan minyak yang tinggi, daging buahnya memiliki ketebalan sekitar 1,5 cm.
  5. Tandan buah cukup produktif, dari 12 tandan bisa berisi 10-20 butir buah.

Setelah kita tahu betapa produktifnya varietas ini maka tak salah maka kita coba menanam pohon ini sebagai investasi jangka menengah, jika punya lahan yang cukup luas dan modal kecil maka dalam jangka 5-7 tahun keuntungan akan berlipat-lipat. Jika tertarik, berikut beberapa catatan langkah demi langkah untuk membudidayakan bibit kelapa hibrida sampai dapat berbuah.

Budidaya Kelapa Hibrida

Sebelum memutuskan membudidaya kelapa hibrida yang menguntungkan dan membeli atau membibitkan jenis ini agar tidak menyesal, apakah lahan atau lingkungan tempat yang akan kita gunakan sesuai dengan persyaratan tumbuh kembang pohonnya, untuk mengetahuinya berdasarkan ini:

  1. Kelapa hibrida dapat tumbuh optimal di daerah yang memiliki ketinggian antara 0-450 mdpl
  2. Tanaman ini dalam curah hujan antara 1300-2300 mm / tahun
  3. Sebaiknya tanaman ini di tanam di area yang memiliki suhu sekitar 20 ° C-27 ° C.
  4. Kekeringan yang cukup lama bisa mengakibatkan produksi turun sampai 50%, sedangkan jika terlalu lembap menyebabkan pohon dapat terserang jamur.
  5. Tanah yang di anjurkan untuk menanam varietas di antara jenis tanah vulkanik, tanah berpasir, tanah berbatu, tanah liat, serta tanah aluvial, yang memiliki pH tanah sekitar 5 hingga 8.
  6. Pastikan lahan yang akan kita pilih saat matahari terbenam sekurang-kurang 4 jam sehari

Memilih Bibit Kelapa Hibrida Kualitas Unggul

Setelah syarat syarat tumbuh pohon kelapa hibrida maka langkah selanjutnya memilih bibit hibryda yang akan kita tanam. Pemilihan bibit yang bagus ini sangat penting sekali untuk mulai m embudidaya kelapa hibrida yang menguntungkan. Hanya bibit yang berkualitas serta unggulan yang akan menghasilkan buah lebih cepat serta mendapatkan panen yang maksimal.

Untuk bibit berkualitas terbaik dan unggulan berikut ciri-cirinya:

  1. Pastikan bibit berasal dari indukan sudah berusia antara 20-40 tahun.
  2. Bibit yang baik adalah yang memiliki batang kuat serta lurus.
  3. Bibit bebas dari hama dan penyakit
  4. Pastikan bibit hibrida dia mbil dari indukan yang memiliki produktivitas yang tinggi.
  5. Kelapa yang baik untuk di jadikan benih adalah buah yang telah berumur sekitar 12 bulan,
  6. Indukan bibit yang di pilih dengan buah yang berbentuk bulat agak lonjong yang ukuran panjang 22cm-25cm dan lebar 17cm-22cm.
  7. Indukan bibit memiliki buah berkulit licin dan agak halus serta warnanya coklat,
  8. Buah cukup berisi udara, ketika kita goyang-goyangkan akan terdengar bunyinya.

Proses Persiapan Lahan Tanam

Anda mendapatkan bibit unggulan, selanjutnya adalah proses persiapan lahan tanam atau kebun yang kita pilih, setelah persiapan ini dilakukan minimal satu bulan sebelum bibit kita pindah ke lahan tanam tersebut.

Berikut ini langkah-langkah untuk persiapan lahan tanam:

  1. Bersihkan terlebih dahulu lahan tanam dari bahan dan tanaman penggangu seperti gulma, rumput, batu-batuan, sampah plastik, sampah an-organik, dan lain-lain.
  2. Kita gembur-gemburkan tanah terlebih dahulu menggunakan cangkul,
  3. Jika ternyata tanah yang di pilih memiliki kadar keasaman tinggi maka kita bisa melakukan pengapuran.
  4. Kita buat lubang kira-kira ukurannya 70cmx70cmx70cm.
  5. Kita pilih jarak antar lubang tanam kira-kira 8m per-lubang.
  6. Setelah lubang jadi maka berikan 300 gr pupuk TSP di tiap lubangnya.
  7. Biarkan lubang tanam minimal sebulan

Proses Penanaman Bibit Pohon

Setelah sebulan kita diamkan lubang tanam, maka selanjutnya adalah proses jarak tanam kelapa . Agar lebih jelas ikuti langkah-langkah penanaman berikut ini:

  1. Buka polybag bibit kelapa hibrida secara perlahan dan hati-hati, upayakan akarnya tidak rusak.
  2. Selanjutnya hak bibit pada lubang tanam yang telah siap sebelumnya, siapkan kita tepat pada tengah lubang dan jangan sampai miring, agar pertumbuhan pohon kelapa lurus.
  3. Tutup lubang dengan tanah yang bercampur pupuk organik atau pupuk kandang.
  4. Siram terakhir dengan udara

Biasanya untuk 1 hektar lahan tanam kita membutuhkan sekitar 160 batang pohon dan sisa 17 biasanya kita gunakan untuk penyulaman.

Proses Perawatan Pohon Kelapa Hibrida

Proses perawatan terbilang merupakan proses yang terpenting karena memerlukan komitmen dan kesabaran agar kita bisa mendapatkan hasil yang memuaskan, untuk itu berikut beberapa langkah serta tips yang bisa kita praktekan ke lapangan langkah-langkah perawatan pohon hibrida.

Penyulaman

Biasanya ada bibit hibrida yang tak bisa beradaptasi lalu mati atau tumbuh kurang sempurna, maka lakukanlah penyulaman pada bibit tersebut dengan bibit cadangan yang baru.

Penyiangan

Tanah sekitar lahan budidaya akan selalu tumbuh  rumput dan gulma maka seringlah mengecek dan melakukan penyiangan secara rutin yaitu minimal tiap sebulan sekali.

Pengairan

Seperti yang sudah kita ketahui jika lahan kering terlalu lama bisa mengurangi produksi buah hampir 50%, untuk itu lakukan penyiraman tiap 2-3 hari yaitu saat sore hari.

Proses pemupukan

Pemupukan kita lakukan ketika tanaman kelapa hibrida sudah sebulan setelah tanam, biasanya menggunakan pupuk urea, dosisnya 100gr tiap pohon.

Proses pemberian pupuk tersebut dapat kita lakukan dengan cara menanam di 15cm dari pangkal batang pohon. Pemupukan kita berikan 2 kali dalam pemeliharaan, biasanya di akhir musim hujan bulan mei dan awal musim hujan bulan oktober.

Membudidaya kelapa hibrida yang menguntungkan juga bisa menggunakan alat atau mesin pemintal tali sabut kelapa yang sudah diukur di pasaran. Banyak sekali alat pendukung untuk membudidayakan kelapa ini.

 

Nah, itu dia sedikit pembahasan tentang cara membudidayakan kelapa hibrida hijau. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu dan wawasan Anda. Sekian Terima Kasih.

 

Theme by Anders Norén