Kegunaan Cengkeh-Cengkeh sebagai tanaman asli Indonesia sejak dahulu sudah diperdagangkan baik di dalam atau luar negeri. Permintaan cengkeh yang tinggi ini tidak lepas dari kegunaan cengkeh itu sendiri untuk kehidupan manusia.

Tanaman cengkeh ibarat pohon ajaib, sebab tidak hanya bunga cengkeh saja yang bisa dimanfaatkan, akan tetapi sampai ke daun dan rantingnya. Jadi menanam cengkeh tidak akan rugi, bahkan cengkeh sendiri dihargai hingga ratusan ribu per kilonya, jadi sangat potensial bukan.

Begitu banyak kegunaan cengkeh sehingga cengkeh sangat laku di pasar, sebut saja kegunaan cengkeh sebagai bahan campuran rokok. Bunga cengkeh yang dikeringkan dicampur dengan tembakau akan menjadi rokok kretek yang banyak dijual di toko dan warung.

Tapi selain sebagai bahan campuran rokok, ada banyak kegunaan cengkeh yang bisa jadi banyak orang belum tahu. Apa saja? Yuk kita bahas satu-satu ya

Kegunaan Cengkeh

Jika mau dibuat kategorisasi, maka kegunaan cengkeh dapat dibedakan ke dalam 3 bidang, kuliner/bumbu masakan, kesehatan/obat-obatan dan kecantikan. Tentu selain fungsi yang telah saya singgung berupa cengkeh untuk bahan campuran rokok. Untuk lebih detail, berikut pembahasannya:

1. Cengkeh Untuk Masakan

kegunaan cengkeh

Cengkeh untuk bumbu masakan bisa digunakan bersamaan dengan bumbu lain seperti jahe, kunyit bubuk atau lada. Penggunaanya bisa dalam bentuk utuh atau serbuk.

Jenis masakan yang menggunakan cengkeh sebagai bumbu misalnya kare, dan beberapa masakan khas Timur Tengah dan India. Di Indonesia, cengkeh juga digunakan untuk hiasan kue nastar. Bisa juga untuk menambah aroma saat membuat kolak pisang yang digunakan bersamaan dengan kayu manis.

Selain itu, cengkeh juga bisa digunakan untuk saus kue. Caranya adalah dengan mengolah cengkeh menjadi minyak cengkeh, minyak inilah yang dijadikan saus pembuatan kue-kue.

2. Cengkeh Untuk Kesehatan

kegunaan cengkeh

Kalau kegunaan cengkeh untuk kesehatan yang paling populer adalah khasiat minyak cengkeh untuk sakit gigi. Jika ingin lebih lengkap mengetahui fungsi cengkeh untuk kesehatan bisa anda baca disini.

Mengapa cengkeh ini berguna untuk sakit gigi? Ternyata cengkeh dapat digunakan sebagai antiseptik. Dengan mengkonsumsi cengkeh ketika sakit gigi dapat mengurangi sakit nyeri pada gigi yang berlubang. Zat antiseptik pada cengkeh dapat membunuh kuman pada gigi berlubang.

Cara mengkonsumsi cengkeh ini pun bisa secara langsung berupa cengkeh yang habis dipetik atau dengan dikeringkan terlebih dahulu. Hanya saja jika dikeringkan maka kandungan air nya banyak yang hilang.

Sebenarnya kandungan minyak cengkeh lah yang dimanfaatkan untuk obat sakit gigi, jika tidak tahan mengunyah cengkeh secara langsung untuk mengambil kandungan minyak cengkeh maka cukup dengan menempelkan kapas yang telah dibasahi dengan minyak cengkeh pada gigi anda.

Selain kandungan zat antiseptik, minyak cengkeh juga mengandung anti jamur, anti virus, anti mikroba dan afrodisiak sebagai zat-zat yang berguna untuk perawatan gigi. Bahkan beberapa produk perawatan gig juga menggunakan minyak cengkeh sebagai bahan utamanya.

3. Cengkeh Untuk Kecantikan

kegunaan cengkeh

Barangkali ini yang belum banyak diketahui orang, bahwa ternyata cengkeh juga berguna untuk kecantikan. Banyak sekali kegunaan cengkeh ini untuk perawatan kulit atau rambut. Masih dengan cara memanfaatkan minyak cengkeh sebagai bahan yang digunakan untuk semua perawatan kecantikan ya.

1. Minyak cengkeh untuk kondisioner rambut

Beberapa permasalahan rambut yang dapat diatasi dengan minyak cengkeh adalah rambut kering, rambut bercabang dan rambut berubah warna. Minyak cengkeh akan merawat folikel atau kantung rambut sehingga mampu memelihara rambut.

2. Minyak cengkeh untuk obat jerawat

Kandungan minyak cengkeh sebagai antiseptik dan anti mikroba dapat membunuh kuman penyebab jerawat. Caranya dengan mengoleskan minyak cengkeh pada area wajah yang berjerawat sebelum tidur, nah selama anda tidur maka minyak cengkeh akan bekerja, paginya cuci muka anda sampai bersih.

3. Minyak cengkeh untuk mencegah rambut rontok

Problem rambut rontok memang bisa membuat kita menjadi stress bukan. Nah minyak cengkeh ini akan membantu untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Dengan cara mencampurkan minyak cengkeh dan minyak kelapa untuk merawat rambut bisa membantu anda mendapatkan rambut yang tebal.

4. Minyak cengkeh untuk menyamarkan bekas luka

Bekas luka memang sangat mengganggu penampilan bukan. Kulit yang tadinya mulus bisa tidak cantik karena bekas luka yang diakibatkan goresan, jatuh atau yang lainnyya. Jangan khawatir, karena minyak cengeh dapat menyamarkan bekas luka anda. Kenapa? Dalam minyak cengkeh mengandung mineral seperti fosfor, natrium, besi, vitamin A yang berguna untuk kesehatan kulit.

Minyak cengkeh berfungsi sebagai exfoliator atau senyawa kimia yang berfungsi mengupas dan menyamarkan bekas luka. Selain itu, kulit anda akan menjadi lebih cerah dan sehat.

5. Minyak cengkeh sebagai sumber antioksidan

Kandungan mineral yang banyak terkandung dalam minyak cengkeh berperan sebagai antioksidan. Zat tersebut akan membantu tubuh anda menjaga kulit untuk sehat dan juga cantik. Tidak hanya itu, kandungan minyak cengkeh juga akan mengobati luka bakar dan luka sayat.

Nah, itulah beberapa kegunaan cengkeh. Sangat bermanfaat dan membantu untuk kebutuhan anda bukan. Nah lain kali kita akan bahas bagaimana cara membuat minyak cengkeh, ditunggu ya.