Ini dia kandungan gula kelapa dan manfaatnya bagi kesehatan Anda ketahui  gula kelapa tidak ada campuran bahan kimia sehingga tidak membahayakan di tubuh. Namun, tetap memiliki banyak kandungan nutrisi yang di perlukan oleh tubuh.

Gula kelapa atau gula merah yang memiliki warna kuning kecoklatan ini terbuat dari cairan nira atau legen yang dikumpulkan dari pohon kelapa, aren, tebu atau lontar.

Cairan tersebut dikumpulkan yang kemudian direbus secara perlahan hingga mengental lalu di cetak dan didinginkan sampai padat. Setelah dingin dan padat maka gula kelapa sudah siap untuk jual atau di konsumsi.

Siapa sih yang nggak kenal gula kelapa atau gula merah ini? Pasti semua orang di seluruh Indonesia sudah sangat familiar dengan gula kelapa ini. Karena pada umumnya gula kelapa ini selalu ada pada kehidupan masayarakat.

Pada kandungan gula kelapa ini juga banyak dan gula kelapa ini sering disebut gula jawa atau palm sugar. Walaupun memiliki banyak varian tetapi tergantung pada jenis bahan dasar yang digunakan.

Dalam kandungan gula kelapa ini mengkonsumsi gula kelapa dengan jumlah banyak atau besar. Karena bisa meningkatkan vitalitas dan kesehatan tubuh kita.

Hal tersebut menandakan bahwa kita tak perlu ragu untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang menggunakan gula kelapa yang sebagai salah satu bahan bakunya.

Dengan rasanya yang manis dan gurih serta dapat meningkatkan selera makan. Bahkan kenyataannya lebih sehat berkat nutrisi yang di kandungan gula kelapa.

Baca juga : Ini Dia Macam-Macam Gula Yang Wajib Anda Ketahui

Kandungan Gula Kelapa

Tambahan gula kelapa pada makanan dan minuman tidak hanya membuatnya menjadi lezat, tetapi juga menjadi sehat. Sebab, setiap seratus gram gula kelapa yang mengandung 4 mg zat besi, 90 mg kalsium dan karoten serta laktoflavin.

Kandungan gula kelapa lebih rendah jika dibandingkan dengan gula pasir sehingga sangat baik untuk penderita diabetes atau bagi mereka yang ingin menurunkan kadar lemak tidak jenuh di dalam tubuhnya.

Selain itu tidak ditemukan kolesterol di dalam gula kelapa. Nutrisi mikro yang lain yaitu thiamine, nicotinic acid, riboflavin, niacin, ascorbatic acid, vitamin C, vitamin B12, vitamin A, vitamin E, asam folat, protein kasar dan juga garam mineral. Pada kandungan gula kelapa sendiri telah memiliki fungsi masing-masing yaitu :

  • Thiamin berfungsi sebagai koenzim dalam metabolism energy, serta menjadi salah satu unsur untuk menguatkan system syaraf.
  • Kalsium berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang, begitu juga dengan kalsium dalam gula kelapa.
  • Abcorbic acid berfungsi sebagai mencegah dan mengatasi terjadinya penyakit kanker dan penyakit asma karena telah memiliki fungsi sebagai antibiotic.
  • Niacin memiliki fungsi yang sama dengan thiamin yaitu mempunyai sifat koenzim, namun hanya satu yang berbeda dalam proses metabolismenya. Niacin berfungsi untuk membantu proses proses metabolism alcohol, glukosa, dan lemak dalam tubuh. Fungsi yang terpenting dalam niacin adalah meningkatkan kerja otak serta menurunkan kadar kolesterol yang berlebihan dalam tubuh. Jadi kandungan gula kelapa ini sangat cocok untuk Anda konsumsi.
  • Kandungan gula kelapa lainnya adalah energy, zat besi, fosfor,dan protein.

Manfaat Gula Kelapa Bagi Kesehatan

Menurut ahli pengobatan dari negeri China, gula kelapa atau gula jawa sangat  dipercaya memiliki berbagai khasiat dalam kesehatan tubuh. Mereka menjelaskan bahwa gula kelapa memiliki sifat hangat dan memiliki rasa manis alami.

Di dalam gula kelapa terkandung unsur yang bersifat menguatkan limpa, menambah darah, meredakan nyeri, memperlancar peredaran darah dan menghangatkan lambung. Gula kelapa sangat baik bagi kaum lanjut usia yang mengalami serapan mikronutrien dan multivitamin yang rendah.

Dalam gula kelapa juga dapat memberikan manfaat positif kepada wanita yang baru melahirkan atau memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Tetapi pada dasarnya gula kelapa dapat dikonsumsi oleh semua orang

Konsumsi gula kelapa ini dengan takaran yang pas dapat membantu Anda menjaga kesehatan dan kondisi prima tubuh Anda.

Baca juga : 5 Es Krim Termahal Di Dunia Ini Bikin Geleng-Geleng Kepala

Demikian kurang lebih itu artikel tentang kandungan gula kelapa yang kami sampaikan semoga bermanfaat bagi Anda.

Sekian dan terimakasih.