Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Jus Penurun Kolesterol yang Baik dan Sehat bagi Tubuh

jus penurun kolesterol

Jus penurun kolesterol sering diminum oleh orang yang mengidap penyakit tersebut. Salah satu minuman yang paling digemari oleh banyak orang adalah jus.

Minuman yang bisa dibuat dari sayuran atau buah-buahan ini memang bisa memberikan sensasi rasa yang menyegarkan. Selain itu, jus juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Salah satunya adalah menurunkan kadar kolesterol tubuh.

Selain membahas cara membuat kue bolu, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang jus penurun kolesterol

Jus Penurun Kolesterol yang Baik dan Sehat bagi Tubuh

Sebenarnya, untuk menurunkan kolesterol kita harus benar-benar mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Bahkan, sebagian orang sampai harus mengonsumsi obat penurun kolesterol. Hanya saja, kita juga bisa membantu proses penurunan kolesterol ini dengan mengonsumsi beberapa jenis jus yang sehat dan menyegarkan.

Berikut ini adalah berbagai jus yang dapat memberikan manfaat kesehatan tersebut.

1. Jus alpukat

Jus alpukat dikenal luas sebagai minuman yang cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang menjalani program diet. Hanya saja, banyak orang yang tidak tahu jika buah yang bisa mengenyangkan perut ini sebenarnya juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh dengan efektif.

Berdasarkan sebuah penelitian yang diunggah dalam buku Encyclopedia of Food and Health pada 2016 lalu, disebutkan bahwa alpukat ternyata tinggi kandungan nutrisi sehat seperti asam lemak tak jenuh tunggal dan serat. Kedua kandungan inilah yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam darah sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik.

Penelitian lainnya juga menghasilkan fakta bahwa makan alpukat satu buah setiap hari bisa membantu menurunkan kadar kolesterol pada mereka yang mengalami obesitas dan kolesterol tinggi.

2. Jus jeruk

Salah satu jus yang paling menyegarkan ini ternyata juga sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin menurunkan kadar kolesterol jahat lho. Pakar kesehatan menyebut hal ini disebabkan oleh adanya kandungan pektin yang tinggi di dalam jeruk.

Sebagai informasi, pektin adalah sejenis serat larut. Kandungan ini jika dikonsumsi secara rutin bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 6-10 persen. Selain itu, di dalam jeruk juga tinggi kandungan antioksidan yang mampu melawan peradangan dan paparan buruk radikal bebas di dalam tubuh yang bisa memicu dampak buruk bagi kesehatan organ kardiovaskular.

3. Jus apel – jus penurun kolesterol

Sudah menjadi rahasia umum jika apel termasuk dalam buah yang paling baik bagi kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dengan efektif. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan serat larut pektin yang cukup tinggi di dalamnya.

Sebagai informasi, pektin bisa mencegah penyerapan kolesterol dan lemak jahat yang berasal dari makanan yang kita konsumsi di usus halus. Kolesterol ini kemudian akan ikut terbuang saat kita buang air.

Selain dikonsumsi sebagai jus, apel juga cocok dimakan langsung sebagai camilan di antara jeda waktu makan besar.

4. Jus jambu biji – jus penurun kolesterol

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul American Journal of Cardiology, dihasilkan fakta bahwa 12 orang yang rutin minum jus jambu biji dalam waktu 12 hari mampu menurunkan kadar kolesterol jahat sampai 9,9 persen. Bahkan, kadar kolesterol baik justru bisa meningkat hingga 8 persen.

Jus jambu bisa dikonsumsi satu atau dua kali dalam sehari. Demi mendapatkan manfaat sehatnya dengan maksimal, sebaiknya kita tidak menambahkan gula pada minuman ini.

5. Jus mentimun – jus penurun kolesterol

Siapa bilang jus mentimun hanya akan memberikan manfaat kesehatan bagi penderita tekanan darah tinggi saja? Dalam realitanya, rutin minum jus mentimun juga ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh lho.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin mengonsumsi jus mentimun setiap hari demi mendapatkan antioksifan flavonoid yang bisa menurunkan kolesterol jahat dan memperbaiki kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Theme by Anders Norén