6 Jenis Usaha BUMDes – Macam-macam jenis usaha BUMDes tersebut golongkan ke dalam 6 klasifikasi jenis usaha BUMDesa antara lain :

jenis usaha BUMdes

1.Jenis Usaha BUMDes Brokering

Brokering yaitu BUMDesa menjadi “lembaga perantara” yang menghubung kan komoditas pertanian dengan pasar atau supaya para petani tidak terlalu kesulitan menjual produk mereka kepasar.

Atau BUMDes yang menjual jasa servis atau pelayanan untuk para warga dan usaha usaha masyarakat. Contoh jenis usaha Brokering yaitu: Jasa pembayaran listrik, Air PAM, Telpon, Jasa perpanjsngan pajak lendaraan bermotor dan lain lain.

Desa juga bisa membuat atau mendirikan pasar desa guna memasarkan produk – produk yang sudah dihasilkan oleh masyarakat.

2.Jenis Usaha BUMDes Banking

Jenis Usaha BUMDes yang ke-dua adalah BUMDes Banking menjalankan ”bisnis uang”, untuk memenuhi kebutuhan ke-uangan masyarakat desa dengan bunga yang rendah atau lebih kecil dari pada bunga uang yang diperoleh masyarakat desa dari rentenir desa atau bank – bank konvensional.

Contoh jenis usaha Banking yaitu : Bank desa atau lembaga per kreditan desa atau lembaga keuangan mikro desa, unit usaha dana bergulir dan lain sebagainya.

3.Jenis Usaha BUMDes Trading

Jenis Usaha BUMDes yang ke-tiga adalah BUMDes Trading menjalankan bisnis yang ber produksi dan/atau ber dagang barang – barang tertent guna memenuhi kebutuhan masyarakat maupun dipasarkan pada kelas pasar yang lebih besar.

Contoh jenis usaha Tradingantara lain: Pabrik pembuat es, pabrik pembuat asap cair, hasil-hasil pertanian, penyedia produksi pertanian, dll.

baca juga ciri-ciri BUMDes.

4.Jenis Usaha BUMDes Renting

BUMDes Renting menjalankan bisnis per sewaan untuk melayani ke butuhan masyarakat setempat sekaligus untuk memperoleh pendapatan desa.

Contoh jenis usaha Renting yakni: Per sewaan traktor, perkakasalat pesta, gedung pertemuan atau aula, rumah toko, tanah, dll.

5. Jenis Usaha BUMDes Serving

BUMDes menjalankan ”bisnis sosial”  yang melayani warga, bisa dapat melakukan servis/pelayanan publik kepada paramasyarakat. Dengan kalimat lain, BUMDes ini memberikan social benefits kepada warga, meskipun tidak memperoleh profit ekonomi yang tinggi.

Contoh jenis usaha Serving  yakni Usaha air minum desa baik pengelolaan air bersih maupun pengelolaan air minum (suling), usaha listrik desa, lumbung pangan, dll

6.Jenis Usaha BUMDes Holding

BUM Desa sebagai ”usaha bersama”, atau sebagai ibu/induk dari unit – unit usaha yang ada didesa, di mana setiap unit yang berdiri sendiri- sendiri ini, diatur dan di tata sinergi nya oleh BUMDes agar bisa tumbuh usaha bersama.

Contoh jenis usaha Holding yaitu: 1) Kapal desa yang berskala besar untuk mengorganisir dan mewadahi nelayan-nelayan kecil; 2) ”Desa wisata” yang mengorganisir berbagai jenis usaha dari kelompok masyarakat: makanan, kerajinan, sajian wisata, kesenian, penginapan, dll.

baca juga tujuan didirikan BUMDes. dan baca juga artikel menarik lain nya di sini