Jenis pasir untuk plester dinding, ini tidak bisa sembarangan memilih pasir untuk bahan plester dinding karena beda pasir bisa jadi beda kegunaannya.

Membangun rumah dengan bahan material yang berkualitas sudah pasti menjadi dambaan kita semua.

Namun untuk mencapai itu semua perlu waktu dan pengalaman yang tidak sedikit, contoh kecilnya saja adalah penggunaan pasir sebagai material terpenting dalam membangun rumah.

Karena pasir ini tidak hanya memiliki satu jenis saja tetapi banyak jenisnya yang memiliki masing-masing fungsi berbeda.

Misalkan Pasir Hitam Cor yang diprioritaskan  khusus untuk pengecoran karena sifatnya yang keras, kasar dan kuat.

Jenis Pasir yang Baik untuk Plester Dinding

Beberapa Jenis Pasir Untuk Plester Dinding Dan Paling Cocok Digunakan

Nah sesuai dengan judul  artikel saya buat ini Jenis Pasir yang Baik untuk Plester Dinding, kami sekarang akan mengulas beberapa jenis pasir yang baik untuk diaplikasikan pada plester dinding rumah atau gedung. Berikut ulasannya.

Pasir Putih Bangka

Jenis Pasir pertama ini  Jenis Pasir yang  Baik untuk Plester Dinding adalah Pasir putih bangka.

Pasir Putih Bangka ini berasal dari pulau bangka yang memiliki textur lembut dan berwarana putih bersih.

Jenis pasir ini adalah jenis pasir yang paling saya direkomendasikan untuk plester dinding rumah anda, gedung atau yang lainnya.

Selain dari texturnya yang lembut pasir ini juga sangat gampang dalam pengaplikasiannya, tidak boros semen dan tidak perlu diayak lagi.

Kelebihannya: tidak ada yang kebuang, tidak perlu ayak, hemat waktu dan biaya.

Pasir Putih Lampung

Jenis pasir kedua ini adalah jenis pasir yang baik untuk plester dinding yang cocok untuk plester dinding.

Pasir ini adalah Pasir Putih Lampung sebagai alternatif kedua jika tidak cukup budget untuk membeli pasir putih bangka.

Meskipun tidak seputih pasir bangka, namun Pasir Putih Lampung ini adalah pasir paling banyak diminati untuk plester dinding.

Selain texturnya yang lembut seperti Pasir Putih Bangka, harganyapun lebih murah dari Pasir Putih Bangka.

Pasir lampung biasanya warna putih kekuningan, ternyata juga ada yang berwarna coklat.

Pasir Putih Rangkas

Jenis pasir ketiga dari  Jenis Pasir yang Baik untuk Plester Dinding adalah Pasir Putih Rangkas yang ditambang dari Rangkas Bitung Banten.

Dengan ciri khas warnanya yang putih agak keabuan seta texturenya yang tidak terlalu kasar sangat cocok sekali untuk plester dinding rumah, gedung dan lainnya.

Pasir ini berbeda dari dua jenis pasir diatas, pasir Putih Rangkas ini perlu di ayak halus dulu untuk pengaplikasiannya lalu dicampur dengan semen dan dibasahi air.

Pasir Coklat Belitung

Jenis pasir ke empat dari  Jenis Pasir yang Baik untuk Plester Dinding ini saya rekomendasikan bagi anda yang tidak mempunyai cukup budget untuk membeli ketiga jenis pasir putih diatas.

Keungulan Pasir Coklat Belitung ini memiliki sifatnya sama seperti ketiga pasir putih diatas yaitu halus dan tidak perlu diayak.

Hanya saja warnanya yang sedikit kecoklatan sesuai dengan namanya Pasir Coklat Belitung yang kami datangkan dari pulau bangka belitung.

Pasir Mundu

Jenis Pasir terakhir yang kami rekomendasikan untuk anda yang pas sebagai plester dinding yaituPasir Mundu.

Janis Pasir ini adalah jenis pasir yang banyak dijual di toko bangunan, warnanya hitam agak kecoklatan dan teksturenya agak sedikit kasar.

Tidak seperti Pasir Putih Bangka dan Pasir Putih Lampung, Pasir Mundu ini perlu di ayak (disaring) terlebih dahulu sebelum dibuat adukan.

Harganya yang murah membuat Pasir Mundu ini paling laku dijual dan paling banyak digunakan oleh masyarakat luas.

Cara Membuat Adukan untuk Plester Dinding

  1. Siapkan tempat pengadukan, bisa dari papan atau bahan lainnya dan usahakan terbebas dari pencampuran tanah langsung agar mutu adukan terjaga kualitasnya.
  2. Jika Jneis Pasir yang akan digunakan adalah Pasir Mundu, sebaiknya disaring terlebih dahulu. Namun jika hendak memakai Pasir Putih baik bangka, lampung ataupun rangkas tidak perlu disaring lagi.
  3. Takar Pasir dengan wadah apa saja yang berukuran sama, boleh dengan ember atau yang lainnya agar mudah dalam menentukan takaran semen nantinya.
  4. Campurkan semen dengan pasir yang sudah berada ditempat pengadukan hingga benar-benar rata. Dengan perbandingan 5 takaran pasir = 1 takaran semen atau dengan takaran 4 takaran pasir =  1 takaran semen.
  5. Setelah campuran pasir dan semen benar-benar rata, basahi dengan air secara perlahan hingga adukan kalis, tidak terlalu encer dan kental.

Itulah yang kami rekomendasiakan untuk  Jenis Pasir yang Baik untuk Plester Dinding dan cara pengadukannya.

Selain itu, dengan mengetahui jenis dari pasir ini bisa kita manfaatkan sebagai peluang usaha dengan keuntungan yang melimpah. Karena pasir merupakan salah satu bahan material yang paling banyak dicari.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan brankas untuk menyimpan hasil dari usaha yang kamu lakukan supaya lebih aman dan sebagai tindakan pencegahan.

Sekian informasi tentang : Beberapa Jenis Pasir Untuk Plester Dinding Dan Paling Cocok Digunakan. Jika anda menginginkan informasi lainya anda bisa mengunjunggi artikel tentang : Jenis – Jenis Pasir Dan Pemanfaatan Dalam Berbagai Bidang