Mari kita bicara soal jenis minuman kopi!

Selama lebih dari ribuan tahun kita hidup di dunia, manusia terus menerus mencoba menyempurnakan ‘seni’ membuat dan meminum sebuah minuman luar biasa yang penuh dengan keajaiban dan harapan, yang kita sebut kopi.

Berawal dari sebuah cerita dimana seorang penggembala kambing yang berdansa ria dengan kambingnya setelah memakan beri merah yang misterius, hingga sekarang dimana para pekerja harian mengonsumsi cairan hitam ini guna menyegarkan pikiran di pagi hari.

Intinya, sebuah entitas bernama kopi telah menjadi bumbu hidup yang diperlukan oleh umat manusia, dimanapun dan kapanpun.

Jenis Minuman Kopi Yang Dikonsumsi Secara Global

Baru saja saya bilang bahwa kopi bisa anda temukan dimanapun dan kapanpun. Nah, di sini saya akan menjelaskan mengenai jenis-jenis minuman kopi yang cukup populer di mata global untuk anda coba dan nikmati.

1. Espresso

jenis minuman kopi

Espresso adalah kopi hitam dengan citarasa yang kuat. Jenis minuman kopi satu ini dibuat dengan cara penekanan uap melalui biji kopi yang telah dipanggang dengan menggunakan mesin espresso.

Kopi espresso yang telah diracik dengan baik dan benar akan memiliki crema (buih) yang kental dan berwarna coklat-keemasan di permukaannya. Jika pembuatannya benar, gula yang kamu tambahkan ke dalam espresso akan mengambang ke permukaan selama beberapa detik sebelum jatuh ke dasar espresso.

Cara penyajian : Penyajian espresso biasanya dilakukan dengan menggunakan gelas ukuran kecil. Ada 2 jenis penyajian, yakni short dengan sedikit air dan konsentrasi kopi yang lebih tinggi, atau long dengan jumlah air yang lebih banyak.

Tips untuk dicoba : Tambahkan susu kental ke espresso-mu untuk membuat espresso macchiato. Atau kamu bisa menambahkan whipped cream ke espresso-mu untuk menghasilkan espresso con panna.

2. Cappuccino

jenis minuman kopi

Jenis minuman kopi yang satu ini sangat populer dan telah menjadi pilihan menu standar di berbagai jenis kedai kopi yang ada di sekitarmu. Namun demikian, cappuccino yang sesungguhnya adalah kombinasi dari sebagian espresso, susu kental, serta buih susu.

Minuman yang mendapat predikat ‘mewah’ ini dapat berfungsi juga sebagai pencuci lidah jika dibuat secara baik dan benar, berkat kekayaan citarasanya yang kompleks.

Cara Penyajian : Meskipun terdengar umum, cobalah untuk menaburkan bubuk cocoa atau parutan cokelat hitam ke buih cappuccino-mu.

Tips untuk dicoba : Mintalah cappuccino scuro (gelap) untuk sedikit susu, atau chiaro (terang) untuk jumlah susu yang banyak. Es cappuccino adalah pilihan yang baik untuk minuman musim panas.

3. Americano

jenis minuman kopi

Kopi americano adalah satu sajian espresso yang ditambahkan ke segelas air panas. Penamaan jenis minuman kopi satu ini dimaksudkan untuk mengejek orang-orang Amerika yang dianggap “menodai” espresso dengan mengencerkannya atau menambahkan air.

Cara penyajian : Banyak orang yang meminum jenis minuman kopi satu ini layaknya minum segelas kopi biasa pada umumnya, yakni dengan menambahkan gula atau susu. Namun para ahli/pencinta kopi menyarankan penggunaan susu yang minim agar citarasa espresso-nya tidak terganggu.

Tips untuk dicoba : Sewajarnya, kopi americano tidak memiliki tips spesial dalam bentuk apapun untuk menikmatinya, namun apabila kamu merasa butuh yang segar-segar di hari yang panas, cobalah menambahkan es batu ke kopi ini.

4. Caffe Latte

jenis minuman kopi

Caffe latte adalah kombinasi dari satu sloki espresso dengan 3 sibakan susu kental.

Cara penyajian : Tambahkan gula atau pemanis apapun ke latte-mu, lalu rasakan kenikmatan dunia celup-mencelup. Kamu bisa mencelupkan entah itu sponge cake, biskuit, cracker, atau roti tawar ke dalam latte-mu dan rasakan sarapan nikmat ala-ala mediterania.

Tips untuk dicoba : Sepertinya tidak ada. Hehehe.

5. Caf au Lait

jenis minuman kopi

Minuman tradisional dari Perancis ini memang agak mirip dengan caffe latte, akan tetapi jenis minuman kopi satu ini dibuat dengan rebusan kopi alih-alih dengan espresso. Lalu dicampur dengan susu kental dengan rasio 1:1.

Cara penyajian : Kamu bisa menambahkan gula, dan bisa juga digunakan untuk minuman celupan.

Tips untuk dicoba : Sayangnya tidak ada tips khusus hehehe.

6. Caf Mocha (Mochachino)

jenis minuman kopi

Mochaccino adalah campuran antara cappuccino/caffe latte dengan sirup/bubuk cokelat. Variasi dalam penyajian jenis minuman kopi satu ini cukup banyak, sehingga disarankan sebelum kamu memesan minuman ini, tanyakan dulu kepada barista-mu bagaimana ia menyiapkannya.

Cara penyajian : Seperti cappuccino, kamu bisa menambahkan bubuk cocoa atau parutan cokelat ke atasnya.

Tips untuk dicoba : Hias dengan whipped cream.

7. Caramel Macchiato

jenis minuman kopi

Jenis minuman kopi satu ini mungkin adalah minuman kopi dengan bentuk penyajian yang paling bervariasi. Namun, metode paling umum dalam penyajiannya biasanya adalah dengan mengkombinasikan espresso, karamel, serta buih susu. Seringkali juga ditambahkan vanilla untuk memperkaya rasanya.

Cara penyajian : Kamu bisa menambahkan gula, tapi jangan lupa untuk dicoba dulu agar tidak kemanisan.

Tips untuk dicoba : Tambahkan saus karamel ke permukaannya.

 

Nah, itu dia 7 jenis minuman kopi yang paling populer menurut kami. Silahkan langsung saja mampir ke kedai kopi terdekat, dan langsung pesan!

Jangan lupa baca artikel kami lainnya mengenai kopi, seperti cara membuat kopi hijau atau 15 cara membuat kopi yang enak.