Jenis AC Inverter – Inverter merupakan inovasi AC yang lebih smart. AC inverter di lengkapi dengan komponen yang mengatur kerja kompresor sesuai dengan kebutuhan.

Dalam AC (Air Conditioner), Inverter berarti teknologi yang di gunakan untuk mengontrol kecepatan motor kompresor untuk mendorong aliran refrigerant variable dalam system AC guna mengatur suhu ruangan supaya lebih stabil.

Selain itu, AC Inverter juga di lengkapi dengan variable frequancy menggabungkan inverter listrik yang dapat di sesuaikan untuk mengontrol kecepatan motor kompresor sehingga dapat menghemat daya listrik.

AC inverter adalah AC dengan kasta tertinggi. Teknologi pada AC inverter membuat kompresor pada AC inverter dapat bekerja menyesuaikan pada kebutuhan untuk mencapai suhu ruangan yang diinginkan.

Sebagai contoh apabila anda menyetel suhu 24 pada remote AC inverter anda maka pada awal dinyalakan AC Inverter akan bekerja dengan sangat keras untuk mendinginkan ruangan.

Penggunaan awal ini menggunakan listrik yang lebih tinggi dari AC Standard. Pada saat suhu ruangan sudah mencapai 24 (sesuai dengan remote AC) maka kompressor pada AC inverter akan bekerja seminimal mungkin.

AC Inverter ini akan terus bekerja untuk memastikan suhu ruangan sesuai dengan suhu yang disetel pada remotenya. Hal ini membuat AC inverter tidak cocok untuk ruangan yang pintunya kerap dibuka tutup atau banyak orang keluar masuk.

AC Inverter juga tidak cocok untuk penggunaan yang sebentar karena tarikan listrik awalnya amat tinggi sehingga tidak efisien pada penggunaan listrik.

Teknologi inverter terintegrasi pada unit outdoor, itu karena kecepatan motornya mampu di kontrol secara halus di berbagi tingkat.
AC Inverter mempergunakan jenis freon R410a, selain di anggap rama lingkungan, ternyata juga friendly ozone atau tidak mudah merusak lapisan ozone.

Oleh karena itu, harga AC inverter mempunyai harga yang agak lebih mahal di bandingkan dengan AC konvensional atau AC non inverter.

Jika AC anda bermasalah, hubungi jasa service AC jogja.

Kelebihan dan Kekurangan AC Inverter

jenis AC Inverter

Kelebihan AC Inverter

  • Dingin lebih nyaman.
  • Hemat listrik.
  • Sudah menggunakan freon R410a yang friendly ozone dan termasuk jenis freon yang di rekomendasikan pemerintah untuk saat ini.
  • Suara kompresor lebih halus, sehingga rama lingkungan.

Kekurangan AC Inverter

  • Harganya lebih mahal.
  • Biaya perawatan mahal.
  • Tidak ada proses idle atau stunby sehingga kompresor bekerja terus, tapi mungkin akan berputar lebih lambat apabila sudah mencapai suhu yang di tentukan.
  • Harga sparepart dan freon mahal.

 

AC Standard AC Low WattAC Inverter
Waktu Yang Diperlukan Untuk Ruangan Dingin

Standard

Paling lama

Paling cepat. AC inverter menggunakan tarikan listrik awal yang paling besar untuk membuat ruangan dingin secepatnya.

Tarikan Listrik Awal

Tinggi

Lebih rendah dari AC Standard

Paling tinggi. Penggunaan listrik akan menurun pada saat ruangan sudah dingin.

Efisiensi ListrikStandardLebih efisien dari AC Standard

Lebih efisien dari AC Low Watt dengan catatan penggunaan yang tepat. Penggunaan pada ruangan yang salah akan mengakibatkan AC ini paling tidak efisien. Tarikan listrik pada awal amat tinggi tetapi penggunaan listrik akan menurun drastis pada saat ruangan sudah mencapai temperatur yang disetel pada remote.

Fitur Tambahan

(Contoh: filter udara, filter bakteria)

StandardHampir sama dengan AC StandardFitur paling banyak. AC Inverter merupakan AC dengan kasta paling tinggi.
Freon Yang Digunakan

R22/R32

R22/R32

R401 (lebih mahal dari R22 atau R32)

Harga

Paling murah

Diantara AC Standard & AC Inverter

Paling mahal. AC inverter adalah AC dengan kasta tertinggi.

Skenario Ruangan Yang Cocok

  • Cocok untuk rumah dengan daya listrik yang rendah
  • Cocok untuk ruangan dengan pintu yang sering dibuka tutup atau orang keluar masuk
  • Sangat cocok untuk penggunaan yang tidak terlalu lama (2-3 jam).
  • Ini adalah AC ideal untuk kantor, karaoke, ruang tamu
  • Tidak cocok untuk rumah dengan daya listrik rendah (tidak akan kuat untuk tarikan awalnya)
  • Cocok untuk kamar tidur yang jarang dibuka tutup sehingga temperatur udara bisa dijaga konstan selama berjam jam sehingga penggunaan listrik akan amat efisien
  • Ini adalah AC ideal untuk ruang tidur

Jika AC anda bermasalah, hubungi jasa service AC jogja.