Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Jagung Pakan Ternak Sebagai Peluang Bisnis Yang Menguntungkan

Jagung pakan ternak saat ini banyak dicari oleh berbagai kalangan. Mulai dari peternak ayam layer (petelur) sampai dengan industry pakan ternak. Tanaman jagung merupakan tanaman serelia yang menjadi salah satu bahan utama sebgai pakan ternak ayam.

Seorang penyandang gelar pasca sarjan pada sebuah kampus swasta di Ibukota, memilih jagung sebagai pakan untuk lading usahanya. Pria yang berusia 44 tahun tersebut sangat terkenal di Nusa Tenggara Barat (NTB). Masyarakat disana mengenalnya sebgai pengusaha jagung. Lahan yang dikelola oleh pria tersebut lumayan luas hingga mencapai 7000 ha.

Pria tersebut bercerita mengenai pengalaman nya terjun dalam bidang usaha jagung ini. Dia bercerita hal ini terjadi karena keuletannya mempelajari dan mencoba beragam macam komoditi. Ia mengenal dengan sangat baik karakter dan potensi pasar komoditas pada bahan pangan.

Beras misalnya, pasar beras merupakan pasarnya konsumen dan bulog. Kalau pasar pada jagung ialah pasarnya konsumen dan kita yang bertugas untuk menjual retailnya. Sementara jika mau partai besar lewat bulog, tetapi biasanya akan terkendala dengan Harga Pembelian Pemerintahan (HPP).

Bisnis Jagung Pakan Tak Membuat Jantungan

jagung pakan ternak

 

Pria tersebut juga bercerita bahwa bisnis jagung pakan tak membuat pebisnis nya jantungan. Dikarenakan ia sudah mencoba lebih kurang tujuh komoditi. Dimulai dari kakao, kopi, rempah, dan rumput laut.

Dari semua komoditi yang telah ia coba, membuktikan bahwa jagung yang paling stabil diantara semua komoditi tersebut. Selain itu resiko dalam bisnis jagung pakan juga bisa diukur disbanding komoditi lain. Dan pasar dari jagung pakan pun juga masih sangat luas.

Alasan lainnya mengapa beliau memilih jagung pakan adalah karena ketika ia baru memulai usahanya impor tanaman jagung sangat tinggi. Berdasarkan data selama sepuluh tahun terakhir rata-rata impor jagung mencapai kurang lebih 3 juta ton. Selain itu menanam jagung juga mudah dan murah. Tidak sampai separuh modal bila dibandingkan dengan padi.

Limbah Jagung Sangat Dahsyat.

Pada daun kering dan batangnya dapat diolah menjadi silase (pakan berkadar air tinggi). Bongkolnya juga dapat diolah menjadi pakan ternak yang mempunyai protein tinggi lewat fermentasi. Dan tentu saja biji buah jagung yang sudah dipipil menjadi bahan utaman pakan ternak. Memipil biji jagung dapat dengan menggunakan mesin pemipil jagung.

Ramai Orang Menanam Jagung

Jika dilihat dari segi ekonomi jagung pakan sebelumnya bukanlah termasuk komoditas yang menarik. Semangat para petani menanam jagung mulai terdongkrak sejak Presiden Joko Widodo mengubah HPP.

Bahkan Menteri Pertahanan (Menhan) Amran Sulaiman pernah memberikan penjelasan terkait harga jagung yang sebelumnya dibanderol dari Rp 1000 hingga Rp 1500 per kilogram. Sebab nilai tersebut dinilai terlalu rendah, sehingga bisa merugikan para petani jagung.

Hingga saat itu langsung dikeluarkan PEPRES, sehingga harga jagung menjadi Rp 3150 per kg. Hal ini menjadikan produksi bertani naik menjadi 3-4 juta ton. Karna keantusian masyarakat menanam jagung disebabkan nilai jual jagung yang tinggi, karna itu lahan kosong banyak ditanami oleh jagung.

Ada masyarakat yang memanfaatkan pinggiran jalan seperti di Lampung. Ada yang memanfaatkan pematang sawah, pegunungan seperti di daerah Jeneponto, Sulawesi Selatan. Bahkan di daerah Yogyakarta, kuburan juga dimanfaatkan untuk ditanami jagung.

Nah itulah artikel terkait jagung pakan ternak. Jagung memang memiliki beragam fungsi dan manfaat yang sangat banyak. Maka tak heran bila jagung menjadi komoditi paling diminati dalam dunia bisnis. Rasanya buah yang enak, kulitnya jagung pun juga bisa kita gunakan dalam membuat kerajinan tangan.

Theme by Anders Norén