Hidroponik Bawang Daun-Bagaimanakah cara untuk menanam daun bawang pada media hidroponik?.  Menanam daun bawang hidroponik hampir sama dengan polybag atau teknik tanam dalam pot . Maksud dari penggunaan wadah berisi air tanpa tanah sebenarnya hanya agar tanaman nampak cantik, maksudnya bukan konsep budidaya. Pada dasarnya semua bawang-bawangan cukup sulit dibudidayakan secara hidroponik. Pada umumnya batang daun bawang akan membusuk apabila terlalu lama direndam didalam air.

hidroponik bawang daun

Hidroponik Bawang Daun :

1. Penyiapan Bibit Bawang Daun

 

Bibit bawang daun mudah untuk didapatkan, hanya dengan membeli bawang daun untuk keperluan memasak  akan tetapi pastikan bawang daun yang  dibeli masih berakar dan  segar. Potonglah daun bawang yang berwarna hijau dan sisakan batang  daun bawang yang berwarna putih beserta akarnya.

2. Penyiapan Media Tanam Dan Wadahnya

Siapkanlah botol bekas air mineral atau dapat menggunakan toples agar telihat menarik.  Pastikan botol yang digunakan bersih, apabila ragu maka cuci botol dahulu.

Isi botol tersebut dengan menggunakan air yang bersih secukupnya hingga dapat membenamkan akar bawang. Jika yang digunakan adalah PDAM atau  air ledeng sebaiknya air didiamkan semalaman terlebih dulu agar bau klorin yang terkandung dapat hilang.

Akan tetapi menggunakan air sumur maka dapat langsung digunakan.

3. Penanaman Bawang Daun

Masukkan potongan batang beserta akarnya ke dalam tempat yang berisi air bersih. Sesuaikan dengan volume air. Kemudian taruhlah tempat yang berisi tanaman di dekat jendela agar dapat terkena cahaya matahari yang cukup.

4. Perawatan

Sebenarnya hidroponik daun bawang ini mudah dan sederhana tidak memerlukan banyak perawatan. Namun mengganti media dan menambahkan air secara teratur.

Cucilah  media dan gantilah air secara teratur agar terhindar dari jenuhnya akar mengambil udara, jangan lupa periksa air dalam wadah agar tidak kekurangan air. Jika daun bawang kekurangan air maka akan mudah mati.

5. Panen

Panen daun bawang dapat dilakukan kapan saja akan tetapi daun bawang sudah panjang dan bisa untuk dipotong.

 

Demikian para pembaca setia databisnisekonomi.com  pembahasan  terkait dengan Hidroponik Bawang Daun yang dapat  diterapkan didalam rumah. Penanaman ini dapat dilakukan didalam rumah baik digunakan sendiri atau sebagai penghias rumah. Selain dalam Hidroponik Bawang Daun ternyata ada cara lain yaitu Hidroponik Bawang Merah Yang Menguntunkan Bagi Keluarga Anda. Sebenarnya hidroponik (tanpa tanah) mirip dengan polybag (dengan menggunakan tanah) .