Efek Samping Bawang Dayak – Bawang Dayak ialah tanaman yang saat ini menjadi sorotan bagi dunia pengobatan herbal, dan dikenal dengan Bawang Berlian, tanaman ini juga menjadi primadona pengobatan tradisional China dalam buku “Chinese Drugs of Plant Origin”, disini kita membahas tentang efek samping bawang Dayak.

Pada kesempatan kali ini kami ingin membahas tuntas tentang tanaman obat ini, jadi jika anda ingin mencari tau apa efek samping bawang Dayak maka anda berada ditempat yang tepat dan terus baca artikel ini.

Dengan beragamnya suku bangsa dan bahasa di Indonesa maka nama bawang ini pun berbeda-beda di tiap daerah ada yang menyebut bawang lubak, bawang siyem, bawang kambe, teki sabrang dan masih banyak lagi. Nama latinnya  ialah Eleutherine, tumbuhan monokotil berbunga yang menghasilkan biji ini dan berasal dari subkingdom Tracheobionta.

Tanaman ini tumbuh subur di daerah Kalimantan bahkan ada disetiap sudut tanah lapang warga oleh karena itu secara turun-temurun warga lokal memanfaatkannya sebagai obat tradisional dengan cara direbus, dibuat manisan, lalapan dan masyarakat modern bahkan sekarang bisa mengolahnya dengan dibentuk kapsul dan serbuk.

Bawang Dayak tidak menyengat baunya seperti bawang merah biasa tapi dapat membuat mata perih layaknya bawang biasa. Tumbuhan dengan bunga yang indah ini hanya dapat tumbuh subur di daerah pegunungan dengan tinggi 600-2000 mdpl, lahan yang kaya dengan humus dan belerang.

Baca juga :

Apa Saja sih Khasiat Bawang Dayak Kalimantan yang Wajib Kalian Tahu?

 

efek samping bawang dayak

Efek Samping Bawang Dayak

Seperti yang mungkin telah anda tahu penggunaan pengobatan herbal sebaiknya jangan bersamaan dengan pengobatan kimia karena akan menimbulkan efek samping negatif, beri jeda 2 jam untuk lebih amannya. Hal lain yang mungkin juga sudah anda ketahui bahwa penggunaan pengobatan herbal lebih efektif digunakan sebelum makan, kecuali untuk penderita maag kronis, sebaiknya dipakai 2 jam setelah makan.

Perlu diketahui bahwa bawang Dayak atau herbal lainnya menstimulasi produksi asam lambung sehingga saya sarankan penggunaan bawang Dayak dicampur dengan kayu manis. Konsumsi dalam bentuk tablet juga mungkin akan menyebabkan gangguan lambung apabila kapsulnya susah dicerna.

Senyawa Alisin dalam bawang Dayak berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan mengencerkan darah jadi untuk penderita Hipotensi atau darah rendah harus berhati-hati dengan mencampurkan wedang jahe ke ramuan herbal anda yang berfungsi menaikan tekanan darah sehingga efek negatifnya teratasi.

Yang terakhir ialah stop konsumsi bawang Dayak apabila kolestrol, tekanan darah atau penyakit apapun yang anda derita dirasa sudah mereda. Berikut daftar penyakit yang mitosnya insyaallah bisa disembuhkan oleh bawang Dayak.