Menjalani bisnis daur ulang botol plastik menjadi lampion unik adalah salah satu peluang bisnis yang potensial ternyata, hal ini sering di anggap remeh karena hanya bermodalkan sampah, tetapi jika di olah dengan baik maka hasilnya di luar dugaan.

Salah datu kerajinan dari plastik bekas yang memiliki nilai ekonomis tinggi adalah lampu lampion.  Dengan bermodalkan botol-botol plastik bekas dan kreativitas ternyata bisa menjadi bisnis yang cukup menjanjikan.

Kreativitas ternyata memberikan banyak keuntungan bagi setiap orang, salah satunya adalah kreativitas kerajinan dari plastik bekas. Plastik bekas yang semula hanya dibuang ternyata bisa disulap menjadi berbagai macam kerajinan.

Bisnis Daur Ulang Botol Plastik Menjadi Lampion

1). Peluang Kerajinan Lampu Lampion

Peluang bisnis produk-produk daur ulang merupakan bisnis yang cukup menggiurkan. Bisnis kerajinan bahan bekas ini tidak perlu modal besar, yang diperlukan dalam bisnis ini hanyalah kreativitas.

Dengan kreativitas kita bisa membentuk botol daur ulang dengan modal 20.000 rupiah-100.000 rupiah tergantung besar kecilnya produk yang kita buat menjadi barang yang harga per buahnya mulai dari Rp 150.000 sampai Rp 500.000.

Seperti yang di lakukan Bob Novandy. Mantan Sekretaris Pribadi Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, ia seorang yang melihat kesempatan dalam peluang mengelola sampah.

2). Membuat Daur Ulang Botol Plastik Menjadi Lampion

Gambar di bawah ini menunjukkan , bagaimana Bob Novandy yang mengubah sampah menjadi sebuah produk yang memiliki nilai guna. Ia menjalani bisnis daur ulang botol plastik menjadi lampion unik.

daur ulang botol plastik menjadi lampion

daur ulang botol plastik menjadi lampion

Mengapa sampah botol ini menjadi barang yang dapat dimanfaatkan, ternyata alasan nya sederhana saja.

“Saya melihat adanya unsur seni dalam benda ini. Di samping itu, botol plastik juga anti pecah, anti patah, dan anti basah,” jelas pria, yang akrab disapa Bob ini.

Dengan apa yang sudah di kerjakan Bob, dapat di lihat bahwa ini merupakan peluang bagi kita semua untuk mencoba peluang yang baru memanfaatkan barang bekas menjadi peluang bisnis.

Banyak cara menjalani bisnis daur ulang botol plastik menjadi lampion unik, salah satunya adalah untuk memulai mengumpulkan botol-botol plastik bekas, lalu untuk coba-coba membuat sesuatu dari mulai yang sederhana dulu.

Tetapi jika ingin secepatnya mendapatkan bahan botol bekas dan ingin memproduksi dalam jumlah besar dapat juga dengan memperoleh bahan bakunya itu dari para pemulung, yang mengumpulkannya dari berbagai tempat sampah.

Jika Anda di Jakarta banyak pemulung yang mengambil botol – botol tersebut di Kebon Jeruk dan Tomang, Jakarta Barat. Untuk setiap kilogramnya, saat itu botol-botol ini dihargai Rp4 ribu/kg.

Selanjutnya, dengan bantuan gunting, cutter, dan alat bantu lain, kita bisa menghasilkan satu lampion dalam tempo satu hari saja. Semuanya itu, bisa di kerjakan sendirian tanpa bantuan tenaga kerja, tentu saja dengan kreativitas kita.

Berbagai macam referensi ide juga dapat di lihat di sini sebagai tambahan dalam mempelajari dan memulai bisnis ini. Dalam Manfaatkan Limbah Plastik Anda Dengan 30 Ide Kreatif Daur Ulang Botol Plastik.

3). Pemasaran Bisnis Lampion

Untuk selanjutnya yang harus di lakukan adalah pemasaran. Pemasaran barang seperti ini dapat di jual melalui berbagai media online, seperti yang di lakukan Bob Novandy, ia pernah membuat lampion dari botol bekas merek Coca-Cola.

”Saya menjualnya dengan harga Rp75 ribu/buah. Lampion-lampion tersebut diborong oleh perusahaan itu”.

Menjalani bisnis daur ulang botol plastik menjadi lampion unik ini sangat menarik, karena  bisnis ini modalnya kecil sedangkan untungnya gede. Selain itu, bila dikelola secara profesional dapat menjadi home industry yang menjanjikan.

Oleh karena itu jika bisa di mulai sekarang untuk memulai bisnis UKM di rumah, ini adalah salah satu pilihan yang tepat, tidak ada yang tahu kesuksesaan akan di mulai dari mana.

Bahkanbeberapa kreasi yang semula di remehkan sekarang menjadi bisnis yang menjanjikan. Bob Novandi tadi adalah salah satu contohnya saja.

Itulah tadi bahasan tentang menjalani bisnis daur ulang botol plastik menjadi lampion unik. Jika anda tertarik maka silahkan anda memulainya,