Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Cara Pembuatan Gula Batu Cirebon Yang Sukses Mendongkrak Industri !!!

cara pembuatan gula batu cirebon

Sebelum membahas cara pembuatan gula batu cirebon, siapa disini yang belum tahu atau bahkan baru mendengar gula batu nih?? Mari kita simak terlebih dahulu mengenai penjelasan gula batu

Gula Batu atau bahasa kerennya Rock Sugar yaitu gula pasir yang dikristalkan, melalui air yang dipanaskan sampai mencapai kondisi jenuh lalu kemudian menjadi dingin. Dalam sejarahnya Gula batu pertama kali dibuat dan diperkenalkan di Iran pada abad 9 Masehi.

Pada saai itu gula batu dibuat dengan cara melarutkan gula pasir dengan air, lalu dipanaskan sampai jenuh, kemudian kristalisasi akan terjadi dengan sendirinya seiring dengan terjadinya penurunan suhu.

Gula batu sendiri sering sekali digunakan pada budaya minum teh di Frisia Timur, dengan menaruh bongkahan kecil gula batu di dasar cangkir Teh, kemudian menuangkan baru menuangkan Teh ke dalam cangkir tersebut. Dibeberapa daerah di Jawa Tengah gula batu juga masih banyak digunakan untuk menikmati beberapa jenis minuman, antara lain minuman Kopi, Teh, Wedang Jahe, Ronde, dan lain sebagainya.

cara pembuatan gula batu cirebon

Cara Pembuatan Gula Batu Cirebon

Bahan-bahan :

  • Gula pasir 1 kg
  • Air 450 ml
  • Air kapur 30-40 ml
  • Putih telur

Alat-alat :

  • Panci email atau gelas beker
  • Pemanas
  • Isolator (dari jerami, kulit padi, serbuk gergaji, dsb)
  • Kain saringan yang bersih
  • Bak/kaleng untuk tempat pengkristalan yang bagian dalamnya dilapis kertas minyak dan diberi benang-benang yang digantungkan

Cara pembuatan:

  1. Melarutkan gula dalam panci hingga benar benar gula larut lalu saring semua kotoran yang ada menggunakan kain penyaring atau jika larutan terlalu banyak maka tambahkan putih telur yang sudah dikocok (1 butir telur cukup untuk 30 kg gula)
  2. Larutan gula yang telah bersih ini kemudian ditambah air kapur yang jernih dan dipanaskan terus sambil terus diaduk.
  3. Pemanasan dilakukan sampai mendapat larutan gula yang kental dan suhunya ± 1150 C.
  4. Selanjutnya larutan gula yang panas ini di tuangkan ke dalam bak/kaleng pengkristalan yang sebelumnya ditanam dalam isolator dan disimpan selama ± 1 minggu, agar terjadi proses pengkristalan yang perlahan-lahan.

Perbedaan Gula Pasir, Gula Batu dan Gula Merah

1. Gula Pasir

untuk mengubah gula pasir menjadi gula darah. Tubuh hanya memerlukan waktu 3 menit.Tetapi untuk mengubah gula darah menjadi energi yang dapat disimpan dalam otot, pankreas memerlukan 140 menit. Sisa gula pasir yang tidak dapat diperoses oleh pankreas akan tertimbun dalam tubuh menjadi “gula darah dan lemak”. Lama-kelamaan tubuh kita akan terkena penyakit diabetes.

2. Gula Batu

Gula batu merupakan gula yang berbentuk seperti batu pastinya. Proses pembuatannya hampir sama dengan gula pasir,dan suhu yang diperlukan untuk memproses tidak tinggi seperti pada pembuatan gula pasir. dalam 1 hari pankreas yang normal mampu mengubah 60 Gr (sekitar 6 sendok makan) gula batu menjadi energi, dengan demikian maka mengkonsumsi gula batu bisa dibilang lebih sehat dibanding mengkonsumsi gula pasir.

3. Gula Merah

Dikenal juga dengan nama gula jawa kalau di jawa, gula aren kalau di sulawesi. Adalah gula yang dibuat dari bunga pohon kelapa/ pohon aren. Gula jawa biasanya lebih sering digunakan untuk bumbu dapur. Dalam 1 hari, pankreas yang normal/ sehat mampu mengubah 90 Gr (sekitar 9 sendok makan) gula merah menjadi energi.

Demikian pembahasan mengenai Cara Membuat Gula Batu dan Berbagai Ulasan Mengenai Gula Batu, jika anda tertarik untuk membuat gula karamel bisa anda kepoin artikel lain di website ini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan berguna untuk menambah wawasan anda mengenai cara membuat gula batu. Terima kasih.

Theme by Anders Norén