Cara Menyimpan Dokumen Pribadi Di Brankas – Dokumen adalah bukti tertulis. Beberapa dokumen dapat berupa surat penting.

Dokumen ada dua yaitu dokumen diri dan  keluarga. Dokumen diri adalah dokumen yang dimiliki oleh seseorang. Setiap orang memiliki dokumen diri.

Sedangkan dokumen keluarga adalah dokumen yang dimiliki oleh seluruh anggota keluarga. Setiap keluarga memiliki dokumen keluarga. Berikut ini cara menyimpan dokumen pribadi di brankas yang terbukti aman.

Cara Menyimpan Dokumen Pribadi Di Brankas

cara menyimpan dokumen pribadi di brankas

Brankas merupakan sebuah perangkat yang terbuat dari bahan logam kuat tahan api serta dilengkapi dengan sistem keamanan yang sangat mutakhir.

Lemari Besi, sebutan lain dari perangkat tersebut, Lemari Besi dirancang untuk melindungi barang – barang berharga dari bahaya kebakaran dan pencurian / pembobolan ( Semisal Uang, Surat – Surat Berharga, Perhiasan dan lain – lain. ).

Untuk itu, bagi anda yang ingin mengamankan Uang, Surat–Surat Berharga, Perhiasan, Dan Barang Berharga lainnya, Brankas merupakan pilihan paling tepat buat anda.

Anda tidak perlu khawatir kalau anda akan hilang atau rusak terbakar, karena Brankas merupakan perangkat yang dirancang sangat kuat, aman, dan tahan api.

Jenis Jenis Brankas Berdasarkan Ketahanan

1). Steel Safes (Brankas Yang Terbuat Dari Pelat Besi/Baja Saja).

Brankas seperti ini tidak tahan api dan biasanya hanya di pergunakan untuk penyimpanan uang yang relatif sedikit untuk kebutuhan operasional usaha sekala kecil.

2). Fire Safes (Brankas Yang Sudah Di Lengkapi Dengan Fitur Tahan Api).

Brankas jenis ini terlihat dari ketebalan body brankas dan bila di ketuk terasa ada isi dari body brankas tersebut.

3). Fire And Burglar Safes (Brankas Yang Masuk Klasifikasi Tahan Api Dan Tahan Dobrak).

Brankas jenis ini sangat di rekomendasikan untuk digunakan karena sudah memiliki keamanan yang relatif tinggi. Biasanya sudah di lengkapi fitur relocking (penguncian otomatis yang di design khusus).

Dari fisik brankas terlihat berdinding tebal, bahan pelat juga lebih tebal dari jenis Brankas Tahan Api.

Contoh Dokumen Pribadi

Berikut ini adalah contoh dokumen pribadi.

1. Akta Kelahiran

cara menyimpan dokumen pribadi di brankas

Merupakan bukti kelahiran. Akta berisikan keterangan kelahiran seseorang. Yaitu berisikan nama anak, hari dan tanggal dan tempat lahir anak, nama orang tua dan juga kota/kabupaten tempat akta kelahiran ini di buat.

Setiap anak harus memiliki akta kelahiran. Akta kelahiran dibuat oleh kantor catatan sipil. Akta kelahiran merupakan dokumen penting serta memiliki banyak kegunaan. Misalnya, ketika mendaftarkan sekolah.

Akta kelahiran adalah dokumen. Dokumen harus disimpan dengan baik. Akta kelahiran tidak boleh hilang, harus disimpan rapi.

Akta kelahiran merupakan bukti resmi sebagai warga negara yang punya kekuatan hukum bagi semua negara. Akta ini berlaku secara internasional.

Untuk mendapatkan akta kelahiran ada syarat-syaratnya, yaitu: surat keterangan melahirkan dari dokter, RS, bidan atau RB (1), surat nikah (2), kartu keluarga (3), pengajuan surat permohonan (4), Datang ke kantor catatan sipil.

2. Ijazah

Merupakan tanda bukti lulus sekolah. Ijazah disebut juga Surat Tanda Tamat belajar (STTB). Ketika kalian lulus TK kalian mendapatkan ijazah TK.

Nanti saat kalian lulus dari SD/MI makan kalian akan mendapatkan ijazah SD/MI. Ijazah digunakan untuk melanjutkan sekolah yang  berguna untuk melamar pekerjaan. Ijazah merupakan dokumen penting dan harus disimpan dengan baik

3. KTP

Adalah singkatan dari Kartu Tanda Penduduk. KTP adalah bukti diri seseorang menyatakan kita warga negara Indonesia. Saat ini kalian belum memilikinya karena diberikan ketika kalian berusia 17 tahun.

4. SIM

Adalah singkatan dari Surat Izin Mengemudi. SIM merupakan izin mengendarai kendaraan. Misalnya, izin untuk mengendarai mobil atau motor. Ayah mengendarai motor.

Ayah harus membawanya. Jika tidak, ayah melanggar peraturan. Jika melanggar, ayah akan ditilang.

Ada beberapa jenis, yaitu: SIM A untuk mengendarai mobil, SIM B untuk mengendarai bus, truk dan kendaraan besar dan SIM C untuk mengendarai motor.

5. Buku Rapor

Apa kalian punya buku rapor? Buku rapor berisi laporan hasil belajarmu. Kalian dapat melihat nilai setiap mata pelajaran. Buku rapor dibagikan setiap akhir semester.

Buku rapor adalah dokumen penting. Apakah rapor kelas satumu bagus? Sekarang kalian harus rajin belajar. Agar nilai di rapormu lebih bagus. Jika rajin belajar nilai rapor akan bagus. Jika malas nilai rapor akan jelek.

Itulah beberapa contoh dokumen pribadi serta cara menyimpan dokumen pribadi di brankas. Gunakanlah fasilitas brankas dengan baik agar dokumen tersebut benar benar aman.