Bakso memiliki rasa yang gurih yang menggoda ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia maupun luar Indonesia. Sudah banyak warung-warung bakso kemanapun Anda pergi. Bakso adalh bahan makanan yang tidak dapat bertahan lama jika lepas dari freezer, jadi Anda perlu tau cara menyimpan bakso tanpa freezer yang satu ini.

Bahan dasar utamanya yang berasal dari daging dapat mempercepat proses perkembangbiakan yang menyebabkan bakso mudah busuk. Namun jika Anda menyimpannya pada tempat hal itu tidak akan terjadi.

cara menyimpan bakso tanpa freezer

Cara Menyimpan Bakso Tanpa Freezer

  • Taruh dalam wadah kedap udara

Disarankan Anda menggunakan wadah plastik saat menyimpan bahan makanan yang satu ini. Walaupun cara ini tidak dapat membuat bakso bertahan lama seperti Anda menyimpannya dalam freezer, namun setidaknya bisa mengawetkan hingga beberapa hari.

Selain itu suhu juga berpengaruh dalam penyimpanan seperti ini, jadi setiap hari Anda harus selalu memastikan bahwa bakso simpanan Anda dalam keadaan baik-baik saja.

  • Hindari membuka tutup wadah

Walaupun Anda harus tetap menjaga suhu pada bakso simpanan Anda, tapi jangan membuka tutup wadah Anda agar tidak ada bakteri yang masuk ke dalam wadah.

Sebaiknya gunakan wadah kecil saat Anda ingin menyimpan bakso dalam stok yang banyak. Apalagi jika Anda ingin mengolahnya sedikit demi sedikit atau secara berkala.

Hal itu agar bakso yang Anda simpan tetap terjaga kualitasnya.

  • Simpan dalam lemari es (chiller)

Jangan sampai salah ya, lemari es ini berbeda loh dengan freezer. Lemari es fungsinya mendinginkan bahan makanan (bakso), sedangkan freezer gunanya untuk membekukan bahan makanan agar dapat bertahan lama hingga beberapa minggu.

Jika Anda menyimpan dalam lemari es, tetap gunakan wadah plastik yang berukuran kecil saja atau bisa menggunakan kantong plastik. Lalu Anda bisa menaruhnya dalam lemari es.

Nah, bakso yang disimpan pada lemari es mampu bertahan hingga kurang lebih 5 hari lamanya.

Dan bila kita ingin mengolahnya dalam bentuk masakan, hanya perlu mencucinya saja hingga bersih. Nah cara yang sangat mudah dan sederhana bukan?

Jumpai juga artikel menarik lainnya Mau Cara Baru Mengolah Daging Ayam? Perhatikan Cara Membuat Abon Daging Ayam Berikut!