Cara Menghemat Uang Jajan Sekolah – Bagi Anda yang masih membutuhkan uang jajan sekolah lebih untuk membeli segala keperluan pribadi tentu harus menghemat. Menciptakan gaya hidup hemat dari usia muda tentu akan bermanfaat bagi Anda sendiri.

Baca juga : 7 Cara Menghemat Uang Dalam Keseharian yang Sering Kali Disepelekan

7 Tips Cara Menghemat Uang Jajan Sekolah Yang Patut di Coba

1. Jangan lupa sarapan

Cara Menghemat Uang Jajan Sekolah

Cara Menghemat Uang Jajan Sekolah

Salah satu pengeluaran terbesar dari uang saku adalah untuk keperluan makan atau mengganjal perut. Sangat tidak nyaman jika kamu harus beraktifitas atau belajar di sekolah dengan keadaan perut yang lapar, karena kamu akan sangat sulit untuk fokus dan menjadikanmu malas untuk melakukan aktifitas.

Maka dari itu anda dianjurkan untuk sarapan dengan makanan yang bergizi. Artinya, jika kamu nggak sarapan dengan makanan yang bergizi seimbang, maka kemungkinan besar kamu akan menjadi loyo saat beraktifitas pada siang hari.

2. Jangan malu membawa bekal

Cara Menghemat Uang Jajan Sekolah

Cara Menghemat Uang Jajan Sekolah

Gak ada makanan terbaik saat di sekolah selain makanan yang dibuat sendiri dan menjadikannya sebagai bekal. Bekal makanan terbukti sangat ampuh membantu kamu untuk mengurangi pengeluaran uang saku, karena kamu nggak butuh beli makanan dari luar pada saat waktu makan siang tiba.

Jikalau memang dirasa ribet membawa bekal dalam bentuk makanan besar (seperti nasi, sayuran, dan sebagainya) maka kamu dapat membawa bekal dalam bentuk makanan ringan tapi bergizi seperti roti sandwich plus air minum. Mudah kan?

3. Hidup itu murah kok, yang mahal itu adalah gaya hidup

Cara Menghemat Uang Jajan Sekolah

Cara Menghemat Uang Jajan Sekolah

Yang harus kalian tau bahwa sebenarnya pengeluaran untuk aktifitas sehari-hari pada saat bersekolah itu tidak begitu banyak. Pengeluaran uang saku terbesar adalah pada gaya hidup.

Kamu nggak perlu kok beli keperluan mahal jika kamu bisa menemukan benda lain yang memiliki fungsi sama namun harganya jauh lebih murah, contohnya, belilah alat tulis yang sesuai dengan fungsinya, bukan dengan bentuknya yang blucu dan harganya mahal.

4. Gunakan semua fasilitas gratisan

Cara Menghemat Uang Jajan Sekolah

Cara Menghemat Uang Jajan Sekolah

Yah, jangan segan untuk menggunakan semua fasilitas gratisan. Ada banyak fasilitas gratis untuk pelajar yang biasanya tersedia di sekolah, misalnya wifi gratis, drinking fountain gratis, dan baca buku gratis di perpustakaan sebagai referensi tugas atau PR, dan sebagainya.

Daripada harus membeli kuota internet atau membayar sewa warnet, kan lebih enak kalo pake wifi gratisan, hehehe.

5. Usahakan untuk langsung pulang ke rumah

Ketika waktu sekolah telah usai, sebaiknya anda langsung pulang kerumah dan tak perlu keluyuran. Dan usahakan untuk tidak nongkrong di warung, mall ataupun tempat jajan. Karena dengan demikian kita tanpa sadar akan mengeluarkan uang untuk sekedar beli minuman dan camilan.

6. Nggak usah membalas sms yang kurang penting

Jangan membalas sms yang tidak penting, jikalau memang sms itu dirasa penting baru kita balas. Dan tidak perlu juga memforward sms lucu atau hanya iseng-iseng saja. Kan sayang pulsanya.

7. Biasakan untuk nggak naik kendaraan pribadi, dan memakai kendaraan umum.

Usahakan jangan membawa kendaraan pribadi kesekolah, karena itu sama saja pemborosan. Lebih baik naik kendaraaan umum itu malah lebih irit.

Dan itulah gengs 7 Tips Cara Menghemat Uang Jajan Sekolah Yang Patut di CobaLakukan kegiatan tersebut dengan keseriusan dan penuh totalitas agar kamu bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari cara-cara jitu penghematan uang jajan di atas. Semoga berhasil.

Baca juga : Beginilah Cara Menabung di Bank BNI Melalui Teller