Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Cara Menggunakan AC

cara menggunakan ac

Cara Menggunakan AC yang Tepat – Beberapa orang belum engetahui bagaimana cara menggunakan AC yang tepat. Jika anda mengalami masalah memilih ac, hubungi service AC jogja.

1. Pastikan PK AC Mencukupi Kebutuhan Ruangan

Hal seperti ini ialah hal yang paling sering sekali terjadi, banyak orang menyalahkan AC nya tidak bagus, atau AC setelah di service dan tambah Freon.

AC masih saja tetap tidak dingin, bahkan ada juga yang sampai menyalahkan kepada teknisi AC bahwa teknisi itu tidak becus kerjanya, padahal memang sudah diberikan penjelasan dari awal bahwa ukuran AC tersebut tidak bisa untuk mendinginkan ruangan tersebut

Hal ini dikarenakan memang ukuran ruangan yang terlalu besar bila dibandingkan dengan kapasitas AC nya.

Rumus untuk mengetahui kapasitas AC yang dibutuhkan untuk setiap ruangan yaitu, misalkan ruangan yang ana miliki adalah 4×3 meter, berapakah ukuran AC yang dibutuhkan untuk bisa mendingankan ukuran ruangan tersebut ???

Cara mengetahuinya ialah Panjang X Lebar X 500, jika ukuran ruangan yang anda miliki adalah 4×3 meter x 500 = 6000, jadi jika anda ingin membeli AC cukup dengan ukuran 3/4 PK, karena AC ukuran 3/4 PK memilik jumlah BTU 7000.

 2. Jika AC Tiba-tiba mati, apakah itu Turun MCB/meterannya, atau Human Error lainnya, jangan langsung untuk dinyalakan

Setidaknya berikan waktu jeda 1 menit untuk mulai kembali menyalakan AC, mengapa demikian?? karena kita memberikan waktu untuk Freon atau oli kompresor agar masuk kembali ke dalam kompresor.
Dengan cara ini maka kompresor akan memiliki umur lebih panjang atau lebih tahan lama.

3. Atur Suhu Remote AC jangan Sampai di 16 Derajat Celcius dengan Kecepatan Kipas Maksimum

Inilah salah satu terbesar kesalahan saat mengoperasikan unit AC. Tolong diingan bahwasanya AC adalah Air Conditioner dan bukan Water Cooler.

Cukup dengan mengatur pada suhu 24 derajat Celcius dan Kecepatan kipasa pada setelan 1 atau 2 harusnya sudah cukup untuk ruangan anda merasa nyaman jika BTU atau ukuran AC memang sudah cukup.

4. Jangan Lupa AC Selalu dibersihkan dan di Cek Freonnya minimal 3 Bulan Sekali

Unit AC yang sudah kotor terutama sekali di Fileter-nya, evaporator dan blowe AC akan membutuhkan daya yang sangat extra untuk bisa mencapai kondisi yang ideal untuk pendinginan

5. Ketika Menyalakan AC Jangan Sampai Pintu Terbuka atau sering Buka Tutup Pintu

Ini juga salah satu masalah yang sering terjadi bagi para pengguna unit AC, jika kita memang sering keluar masuk ruangan yang ber AC, mohon diperhatikan agar pintu selalu ditutup kembali

 

Kerusakan pada AC

AC tak kunjung menyala

Penyebab AC yang tak mau menyala meskipun tidak ada kerusakan pada remote, kemungkinan besar diakibatkan oleh masalah pada koneksi power. Periksa tombol power AC Anda atau sekring kontak, apakah ada gangguan atau tidak. Bila tidak ada gangguan yang terdeteksi, Anda harus memanggil teknisi untuk memperbaiki AC Anda lebih lanjut.

Keluar es ukuran kecil

Munculnya es-es kecil dari AC dibagi menjadi dua persoalan, yang pertama adalah jika es keluar dari pipa besar, maka Anda harus memanggil jasa teknisi AC karena evaporator AC Anda sudah terlalu kotor. Sedangkan jika es yang keluar berasal ari pipa kecil, itu berarti AC Anda kekurangan gas freon. Segera panggil jasa teknisi AC dan jangan menyalakan AC Anda sebelum freon diganti karena dapat mengakibatkan kompresor AC ikutan rusak.

AC tidak dapat dioperasikan menggunakan remote

Ada dua kemungkinan penyebab Anda tidak dapat mengutak-atik suhu AC menggunakan remote, yang pertama adalah kerusakan pada remote controller dan yang kedua adalah kerusakan pada sensor AC. Apabila yang rusak adalah remote AC, Anda hanya perlu mengganti batre atau membeli remote baru di toko elektronik. Namun apabila yang rusak adalah sensor AC, Anda harus memanggil teknisi AC untuk memperbaikinya.

Listrik turun setelah AC dihidupkan

Hal ini disebabkan oleh kinerja kompresor yang sudah tidak layak. Sehingga konsumsi listrik semakin lama semakin melebihi daya listrik rumah Anda. Penanganannya ialah mengganti kompresor AC Anda dengan yang baru sesuai dengan spefisikasi AC yang Anda miliki.

Keluar tetesan air dari AC

Menetesnya air dari bawah AC yang mengganggu aktifitas Anda dapat disebabkan oleh penyebab yang sama seperti di poin ke-2 diatas, atau juga karena saluran pembuangan AC tersumbat. Segera panggil teknisi AC agar genangan air yang keluar dari AC tidak lagi menghambat kegiatan Anda!

AC mengeluarkan bau

Jika muncul bau tidak sedap ketika AC baru dinyalakan, penyebabnya adalah bau makanan atau minuman yang terbawa udara dan menempel di evaporator. Hal ini dapat dicegah dengan cara rutin mencuci sendiri AC Anda atau dengan menggunakan jasa service AC.

AC tidak dingin

Sudah mengutak-atik suhu dan power AC ke tingkat paling dingin tapi suhu ruangan tak kunjung dingin? Hal ini disebabkan oleh freon AC yang bocor. Freon yang bocor pada umumnya disebabkan oleh sambungan pipa yang kendur, atasi hal ini dengan cara mengencangkannya menggunakan sekrup.

AC berisik

Tidur Anda terganggu karena saat dinyalakan, AC mengeluarkan suara yang berisik dan berderit? Hindari hal ini dengan cara rutin melakukan pengecekan dan pastikan pipa serta cover AC Anda tidak bersentuhan satu sama lain sehingga suara deritan yang mengganggu pun tak terdengar lagi.

Bagi anda yang mengalami kerusakan pada AC hubungi jasa service AC Jogja.

Theme by Anders Norén