Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Mau Tahu Bagaimana Cara Mencuci AC Sederhana? Penjelasannya Ada Disini

manfaat menggunakan ac

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara mencuci AC sederhana dan pastinya bersih.

Cara membersihkan AC rumah bisa dibilang susah-susah gampang jika kita tidak mengenali dengan baik karakteristik dari AC tersebut.

Cara Mencuci AC Sederhana

cara mencuci ac sederhana

Di daerah  seperti halnya ibukota Jakarta seringkali udara terasa panas baik siang hari maupun malam hari.

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yakni karena terlalu padatnya penduduk yang bermukim. Banyaknya area-area industri, kendaraan-kendaraan yang berada di jalan raya relatif banyak.

Nah, keadaan tersebut memicu meningkatnya kadar karbon dioksida dan memicu menurunnya kadar oksigen yang ada sehingga menimbulkan udara menjadi panas.

Dalam hal mengatasi masalah tersebut, pada akhirnya banyak orang yang memutuskan untuk memasang AC guna mengurangi rasa panas yang mereka rasakan.

Cara Merawat dan Cara Mencuci AC Sederhana

Apabila anda menggunakan AC di rumah, tentu suatu saat memerlukan proses perawatan dan pembersihan agar AC tetap berfungsi dengan baik, awet, dan tahan lama.

Untuk itu, dalam proses perawatan dan pembersihan diperlukan perhatian dan penanganan khusus. Juga tidak bisa sembarangan supaya tidak terjadi kerusakan pada AC anda tersebut.

Padahal dalam membersihkan AC tidak begitu sulit, tetapi banyak orang yang memiliki AC di rumah tetapi justru malah mempunyai rasa ketakutan yang berlebihan ketika akan melakukan pembersihan secara mandiri.

Nah, rasa takut tersebut yang biasanya menghambat perkembangan dan potensi diri kita untuk mencoba sesuatu hal yang baru.

Tidak hanya itu, anda juga perlu memahami dengan baik karakteristik dari AC yang ada di rumah.

Hal itu akan membuat anda lebih enak dan mudah pada saat melakukan perawatan dan juga membersihkannya.

Cara Mencuci AC Sederhana

Berikut beberapa cara yang bisa anda gunakan pada saat melakukan pembersihan terhadap AC anda di rumah, penjelasannya sebagai berikut :

1. Menggunakan Vacum Cleaner, Kemoceng, dan Lap Untuk  Membersihkan Filter AC

Anda dapat menggunakan alat penyedot debu, kemoceng, dan lap kering untuk memudahkan anda membersihkan AC di rumah.

Yang pertama harus anda lakukan adalah mematikan dan mencabut AC dari sambungan listrik agar tidak beresiko.

Karena air merupakan benda yang mempunyai sifat penghantar listrik yang baik yang nantinya bisa membahayakan anda.

Bersihkan dibagian cover depan AC anda dengan kemoceng terlebih dahulu ke semua bagian luarnya.

Setelah itu anda bisa mengelapnya dengan menggunakan lap dengan keadaan setengah basah.

Lakukan pengelapan secara menyeluruh untuk mengangkat sisa-sisa debu yang menempel.

Jangan lupa lakukan pengelapan kembali dengan menggunakan lap kering untuk mengangkat uap air agar tidak menimbulkan bercak-bercak uap air yang mengering sehingga akan mengotori cover AC anda.

Lalu anda harus mencari buku petunjuk mengenai cara membuka dan juga membersihkan bagian filter tersebut, juga membacanya terlebih dahulu dengan detail supaya bisa anda pahami dengan baik.

Apabila anda sudah paham betul, bersihkan debu yang bersarang pada filter AC dengan menggunakan alat penyedot debu.

Bisa juga anda lakukan dengan menggunakan kuas kecil yang bersih. Nah, proses tersebut bisa dilakukan sesuai dengan kenyamanan anda saja, alat penyedot debu atau pun kuas sama saja.

Kemudian cuci bagian filter AC tersebut menggunakan air bersih dan sabun pencuci piring.

Dan ingat untuk membilasnya sampai benar-benar bersih supaya anda tidak kerja dua kali.

Lalu yang perlu anda lakukan adalah menyandarkan filter tersebut pada dinding bagian luar rumah yang terkena sinar matahari secara langsung, untuk mendapatkan hasil pengeringan yang maksimal.

Selalu ingat untuk melakukan pengelapan untuk memastikan tidak ada air dan debu yang masih tersisa.

2. Bersihkan Bagian Kumparan Evaporator dan Juga Kipas

Anda bisa membeli cairan yang digunakan untuk pembersih AC di toserba atau semacamnya yang biasanya tersedia dalam bentuk semprotan agar lebih memudahkan penggunanya.

Pasalnya bagian kumparan evaporator dan juga kipas terpasang secara permanen di bagian dalam AC tersebut.

Jadi membutuhkan tingkat ketelitian dan ketelatenan dari anda agar nantinya pada saat melakukan penyemprotan bisa tepat ke sasaran yang dituju.

Nah selain itu, anda juga perlu melakukan pengalasan di bagian dinding bawah AC dan juga lantai bawah AC anda

Hal tersebut berfungsi untuk mencegah kotoran yang menetes dan mungkin akan tercecer di lantai sehingga akan membuat kotor bagian dinding dan lantai anda.

Proses pengalasan sebaiknya dilakukan sebelum melakukan penyemprotan. Yang perlu diingat dalam melakukan penyemprotan yakni ikuti cara penggunaannya dengan benar agar tidak merusak komponen AC anda tersebut.

3. Bersihkan Bagian Unit Outdoornya

Tidak perlu khawatir secara berlebihan ketika anda dihadapkan pada situasi yang mengharuskan anda untuk membersihkan sendiri bagian unit AC yang ada di outdoor.

Pada umumnya masyarakat merasa ragu untuk melakukan pembersihan bagian unit AC yang ada di outdoor dan hanya membersihkan unit AC yang di indoor saja.

Untuk memulai membersihkan unit yang ada di outdoor, sebaiknya copot terlebih dahulu sambungan kabel yang terhubung langsung dengan listrik agar tidak beresiko.

Jangan ragu ketika anda menyemprotkan air yang bertekanan ke arah unit outdoor karena bagian tersebut sudah di design sedemikian rupa supaya air tidak mudah masuk ke bagian dalam sistem yang berhubungan langsung dengan listrik

Penyemprotan berguna untuk merontokkan debu dan kotoran yang bersarang di unit tersebut.

Oleh karena itu sangat diperlukan penyemprotan dengan sedikit tekanan untuk memaksimalkan proses terangkatnya kotoran yang membandel.

Proses tersebut tidak perlu anda lakukan terlalu sering seperti halnya unit AC ya

Cara Membersihkan AC Agar Tetap Dingin

AC bekerja dengan menarik semua udara ruangan Anda ke dalam unit, mendinginkannya, dan kemudian meniupnya kembali ke ruangan.

Jika filter AC Anda dalam keadaan baik, udara Anda juga akan sedikit lebih bersih dalam prosesnya.

Tapi ada juga penyebab ac tidak dingin dan membuat ruangan Anda tetap dalam keadaan panas.

Jika tidak, tagihan energi Anda akan meningkat, karena A / C Anda harus bekerja lebih keras untuk mendorong udara bersih dan sejuk di tengah semua gunk. Jadi, pastikan untuk membersihkan filter unit jendela minimal sebulan sekali.

  1. Beli tas cuci AC. Ini tersedia secara online dan merupakan tas khusus yang dirancang untuk menangkap air limbah yang terakumulasi saat Anda membersihkan AC Anda.
  2. Beli pembersih koil yang bagus. Hindari pembersih kumparan jenis busa karena bisa berantakan dan busa tersebar di mana-mana.
  3. Pasanglah tas cuci AC di sekitar unit a / c split (disebut Unit Coil FCU-Fan) di dinding. Dengan cara ini Anda tidak perlu meruntuhkan sistem seperti profesional.
  4. Mulai penyemprotan larutan kimia di atas gulungan. Cobalah menyemprotkan pada sudut ke permukaan sirip pendingin dan juga langsung ke gulungan. Pastikan solusinya bisa sampai ke koil sebanyak mungkin.
  5. Semprotkan pisau putar yang tersembunyi di outlet aliran udara. Untuk mendapatkan hasil yang baik.
  6. Tunggu 10 sampai 20 menit agar larutan pembersih bisa bekerja. Kemudian bilas kumparan dan pisau putar dengan semprotan air dan lihat semua kotoran dan kotoran mengalir ke dalam kantong cuci AC.
  7. Usap ke bawah unit koil kipas. Hidupkan AC dan angkat bagian depan tas untuk memungkinkan semua air bilasan disiram ke dalam tas. Sekarang lepaskan kantung cuci dengan ujungnya dengan hati-hati dan buang air limbahnya. Dapatkan kepuasan melihat semua kotoran dan kotoran yang keluar dari AC Anda!

Demikianlah pembahasan kita kali ini. Semoga bermanfaat untuk Anda.

 

Theme by Anders Norén