Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara menanam pisang terbalik tapi hasil memuaskan.

Pisang adalah tanaman yang masuk keluarga musaceae berdau lebar, serta semua bagian dari tanaman pisang ini bisa dimanfaatkan baik itu buah, batang serta daunnya. Buah pisang memiliki rasa yang manis dan nikmat, oleh karena banyak orang suka pengkonsumsi buah satu ini.

Jadi jika anda berniat melakukan budidaya pisang, namun belum paham cara menanam pisang dengan benar dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tahap-tahap menanam pisang dari proses pemilihan lahan, pemilihan bibit, proses penanam proses perawatan hingga proses panen dibawah ini.

Cara Menanam Pisang Terbalik

1. Menyiapkan Lahan

Lahan harus memenuhi beberapa kriteria berikut:

  • Lahan harus lembab dan subur agar dapat ditanami dengan baik.
  • Buat lubang pada lahan kurang lebih berdiameter 50-100 cm dengan kedalaman 80 cm, atau disesuaikan dengan ukuran bonggol agar tidak terlalu sempit dan tidak terlalu lebar sebagai tempat pertumbuhan akar dan batang dari dalam tanah.

2. Menyiapkan Bonggol yang Berkualitas

Yang dipilih harus memiliki beberapa kriteria dan harus dipotong sesuai dengan aturannya.

  • Bonggol berukuran besar dan sehat.
  • Bersihkan bonggol dan aman dari penyakit tanaman lain, untuk itu periksa dengan teliti keadaan bonggol.
  • Potong akar yang masih menyambung dengan bonggol baik dengan pisau atau gunting secara rapi dan menyeluruh.
  • Potong bonggol dengan panjang kurang lebih 40 hingga 50 cm.
  • Sirami bonggol dengan air hingga basah pada seluruh bagian untuk membersihkan dan melembabkan

3. Cara Menanam Pisang Terbalik

Penanamannya sangatlah mudah, yaitu dengan cara:

  1. Masukkan bonggol pisang tersebut ke dalam lubang tanam dengan posisi yang terbalik
  2. Letakkan tegak lurus agar pertumbuhan batangnya bagus dan tidak miring, karena apabila sudah tumbuh buah, massanya akan bertambah besar dan akan memberatkan sehingga batang tidak stabil.
  3. Tutup bonggol pisang dengan tanah galian tadi, lebih baik apabila dicampurkan dengan pupuk organik yang mempercepat dan menyuburkan tanaman.
  4. Dapat juga ditambah dengan jerami atau merang yang juga berfungsi sebagai pupuk alamiah.

4. Perawatan

Perawatan terdiri dari beberapa cara. Cara tersebut terdiri dari penyiraman, pemupukan dan pemberian hormon perangsang buah, dan pemberantasan hama dengan cara penyiangan, pemangkasan, ataupun menggunakan pestisida

5. Panen

Masa panen pertama biasanya mulai terlihat dalam hitungan bulan saja. Paling cepat, pohon ini akan mulai bertunas setelah 3 bulan, namun juga tergantung dengan perawatan yang diberikan kepadanya. Biasanya, pada musim kemarau, buah pisang sudah dapat dipanen dengan waktu yang lebih cepat, yaitu terhitung 80 hari sejak keluarnya jantung pisang. Sedangkan pada musim penghujan, biasanya masa panen lebih lambat, yaitu 120 hari sejak keluarnya jantung pisang. Hal ini dikarenakan pisang lebih cocok dengan iklim panas, walaupun bukan berarti tidak tumbuh dengan baik di musim penghujan.

 

Demikianlah penjelasan dari artikel cara menanam pisang terbalik tapi hasil memuaskan jadi semangat untuk menerapkan metode yang kita berikan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan jangan lupa berdoa agar hasil panennya mendapatkan yang cukup memuaskan,Ikuti tahap-tahap diatas agar bisa menghasilkan buah cabai yang berkualitas baik. Demikian informasi dari tentang cara menanam pisang terbalik dari kami, semoga bisa menjadi referensi bagi anda semua, terima kasih.