Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Cara Menanam Kubis Di Pot Dengan Hasil Panen Memuaskan

cara menanam kubis di pot

Pada artikel kali ini, kita akan belajar cara menanam kubis di pot, sangat banyak jenis sayuran yang dibudidayakan di Indonesia, mulai dari sawi, kangkung, bayam, dan lain-lain. Namun pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara menanam sayur kubis, jika kalian ingin tahu cara menanam sayuran yang lain seperti cara menanam kangkung,jadi simaklah artikel kali ini karena akan membahas tentang cara menanam kubis di pot.

Kubis (Brassica oleracea var. capitata) adalah salah satu jenis sayuran yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia, tanaman yang satu ini sangat diminati oleh berbagai kalangan, karena harganya yang murah, dan banyak juga varian masakan yang bisa dimasak menggunakan sayur kubis ini.

Cara Menanam Kubis Di Pot :

1. Bahan dan Alat Yang Anda Butuhkan:

  • Tanaman kubis
  • Media tanam (tanah dan pupuk kandang (1:1) atau media tanam lain yang kaya nutrisi)
  • Sprayer (penyiram tanaman)
  • Pupuk
  • Pot / polybag (semakin besar semakin baik)

2. Cara Menyemai Benih Kubis 

Sebelum ditanam, biji atau benih tanaman kubis harus disemai terlebih dahulu. Penyemaian benih dapat dilakukan dibedengan yang berukuran 200 cm x 500 cm. Cara menyemaianya adalah sebagai berikut.

  1. Persiapkan media tanam (pupuk kompos dan tanah) dengan perbandingan satu berbanding satu.
  2. Keringkan bedengan selama tujuh hari dibawah sinar matahari.
  3. Sebarkan benih diatas bedengan sampai rata.
  4. Sebelum disebarkan, rendam benih di dalam air hangat selama setengah jam. Setelah itu barulah disemai.
  5. Setelah disebarkan, kemudian benih ditutup dengan menggunakan tanah tipis dan kemudian ditutup dengan menggunakan daun pisang.

3. Pembibitan Benih Kubis.

Setelah benih di semai, selanjutnya lakukanlah tahap pembibitan benih. Benih dapat dilakukan pembibitan pada saat berumur tujuh hari setelah di semai. Tepatnya pada saat benih sudah berkecambah. Cara menanam kubis di pot sebagai berikut :

  • Sediakan polibag.
  • Sediakan media tanam (tanah dan pupuk kandang yang telah matang) dengan perbandingan satu berbanding satu.
  • Pindahkan kecambah yang ada di persemaian ke dalam polibag yang telah diisi dengan media tanam.
  • Setelah ditanam, selanjutnya pindahkan ke tempat persemaian kembali.

Rawatlah benih tersebut dengan cara disiram setiap pagi dan sore hari. Selain itu, bersihkan tanaman dari rumput-rumput liar agar tidak ada hama dan penyakit yang datang. Bibit dapat ditanam di lahan terbuka pada saat sudah berumur 21–28 hari setelah tanam.

4. Cara Menanam Kubis Di Pot

  1. Pilih tempat yang terkena sinar matahari. Sebaiknya, Anda menggunakan pot atau polybag berukuran besar. Ukuran pot atau polybag sebaiknya berdiameter minimal 45 cm. Pot atau polybag sebaiknya memiliki lubag air yang cukup.
  2. Isi pot atau polybag dengan media tanam yang kaya akan nutrisi. Lubangilah bagian tengah media tanam.
  3. Cabut tanaman kol atau kubis yang sudah memiliki dua daun dari media penyemaian dengan hati-hati. Masukkan akarnya ke dalam lubang yang sudah disediakan. Tutup sisa akar dengan media tanam. Padatkan bagian akar dengan hati-hati. Biasanya, bagian yang terkubur setinggi dua sampai lima sentimeter.
  4. Siramlah dengan lembut.
  5. Berilah pupuk sesuai instruksi dari kemasan pupuk yang Anda gunakan.
  6. Selama 3-5 hari pertama, letakkan pot atau polibag di tempat teduh untuk beradaptasi.

5. Pemupukan

Yang dilakukan ketika melakukan budidaya tanaman kubis ada dua jenis, yaitu pemupukan dasar dan pemupukan anorganik. Pemupukan dasar dilakukan pada saat pengolahan lahan. Sedangkan pemupukan anorganik dapat dilakukan ketika tanaman berumur 14 hari dan 31 hari setelah tanam.

Cara melakukan pemupukan anorganik adalah dengan memasukkan pupuk ke dalam lubang pupuk yang telah dibuat sebelumnya disebelah tanaman jika step semua dilakukan maka tinggal diterapakan ke cara menanam kubis dalam pot semoga berhasil.

 

Itulah ulasan tentang cara menanam kubis di pot, Semoga bermanfaat bagi anda semua, simak semua artikel di situs ini ya, terimakasih.

Theme by Anders Norén