Cara Menanam Bawang Merah

Saat ini cara menanam bawang merah sudah banyak mengalami inovasi dan kemajuan. Banyak petani yang memanfaatkan berbagai teknologi terbaru untuk budidaya bawang merah, sehingga hasil yang didapat juga lebih melimpah. Bawang merah merupakan jenis tanaman holtikutura musiman yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi. Pada saat musim panen yang dilakukan secara bersamaan terkadang membuat harga bawang merah anjlok.

Memilih Bibit Bawang Merah

Ada banyak sekali varietes benih bawang merah yang bisa Anda budidayakan. Diantaranya ada benih lokal sampai benih hibrida impor. Bntuk benih yang dijual ada yang berupa biji, ada juga benih yang berupa umbi. Jenis bibit yang kedua yang banyak digunakan oleh petani dalam budidaya bawang merah. Benih bawang merah yang baik adalah benih yang berasal dari umbi yang dipanen tua atau sekitar usia 80 -100 hari tergantung pada lokasi tanam.

Mengolah Tanah dan Menanam Bibit Bawang Merah

Sebelum menanam bawang merah terlebih dahulu perlu dipersiapkan lahan tanam. Buatlah bedengan dengan lebar 1-1,2 meter, tinggi bedengan 50 cm, dan pajang bedengan disesuaikan dengan lahan yang tersedia. Buatlah jarak antar bedengan sekitar 50 cm, sekaligus dijadikan sebagai parit dengan kedalaman 50 cm. Gemburkan tanah di bedengan dengan cara mencangkulnya sedalam 20 cm. Bentuk permukaan bedengan menjadi rata.

Perawatan Budidaya Bawang Merah

Cara Menanam bawang merah yang perlu diperhatikan adalah penyiraman tanaman. Aktivitas ini sebaiknya dilakukan dua kali sehari yakni pada waktu pagi dan sore hari. Hal ini dilakukan dari awal penanaman sampai tanaman berusia 10 hari, setelah itu frekuensinya dikurangi menjadi satu kali sehari.Perawatan selanjutnya adalah pemberian pupuk tambahan yang dilakukan ketika tanaman berumur 2 minggu dari awal tanam.

Pengendalian Hama Tanaman Bawang Merah

Tanaman bawang merah mempunyai beberapa jenis hama dan penyakit yang menyerang. Tapi ada beberapa jenis penyakit yang sering menyerang budidaya bawang merah yakni hama ulat dan penyakit layu. Hama ulat sering menyerang daun bawang, gejala yang ditimbulkan terlihat bercak putih pada daun. Bila daun diteropong akan terlihat bekas gigitan ulat.Untuk mengatasi hama ini bisa dilakukan dengan cara manual yakni dengan mengambil ulat dan telur secara langsung, kemudian dimusnahkan.

Panen Budidaya Bawang Merah

Salah satu ciri tanaman bawang merah yang sudah siap untuk dipanen apabila 60-70% daun bawang sudah mulai rebah. Atau bisa dilakukan pemeriksaan umbi secara acak. Khusus bila menggunakan bibit dari umbi, tingkat daun yang rebah harus mencapai 90%.Cara menanam bawang merah selanjutnya adalah memperhatikan tanaman yang sudah mulai bisa dipanen. Biasanya bawang merah merah bisa mulai dipanen dalam rentang waktu 55-70 haris sejak tanam.

Tips Menanam Bawang Merah Di Musim Hujan

Persiapan Tanam

Cara menanam bawang merah di musim hujan yang pertama adalah pengolahan lahan atau persiapan media tanam. Dimana lahan digemburkan melalui pencangkulan atau pembajakan hingga kedalaman 20-30 cm, lalu buat bedengan dengan ketinggian 25-35 cm, dengan jarak pada bedengan 40 sampai 50 cm. Taburi lokasi terlebih dulu sebelum Anda membuat bedengan memakai takaran sekitar 3 ton per hektar, dengan dolomit sekitar 0,5 sampai 1 ton per hektar yang ditambah pula dengan pupuk NPK dan SP.

Persiapan Benih

Cara menanam bawang merah di musim hujan yang kedua meliputi persiapan benih. Benih atau bibit dari bawang merah yang diperlukan ketika musim hujan yaitu jenis lokal atau bauji. Pastikan dalam cara menanam bawang merah di musim penghujan ini bibit sudah disimpan hingga 2 bulan lamanya sesudah panen, adapun umbi memiliki titik untuk tumbuh akar dengan munculnya tunas.

Penanaman Bawang Merah Di Musim Hujan

Cara menanam bawang merah di musim hujan selanjutnya adalah dengan penanaman bawang merah. Sebelum Anda menanamnya, pastikan kulit luar pada benih di buang berikut sisa-sisa pada akarnya. DI musim penghujan sendiri, ujung umbi pada bawang merah perlu dipotong sekitar 1/5-1/6 supaya tak tertimbun tanah jika terjadi hujan seusai di tanam. Pada bibit bawang merah yang telah kawak berumur sekitar 4 bulan, ujung umbi tak perlu dipotong.

Pemupukan Bawang Merah Di Musim Hujan

Cara menanam bawang merah di musim hujan berikutnya adalah dengan pemberian pupuk pada bawang merah, yakni pupuk dasar dan pupuk susulan. Pupuk susulan sendiri dilakukan sesudah pendangiran maupun pembersihan gulma, dimana pemberian pupuk sendiri diberikan pada sela tanaman melalui pembuatan lubang atau larikan, dan pupuk dicampur merata.

Pemanenan Bawang Merah Di Musim Hujan

Cara menanam bawang merah di musim hujan terakhir yaitu tahap pemanenan. Untuk pemanenan sendiri sebaiknya dilakukan ketika cuaca sedang cerah atau ketika daun sudah kering atau tiris dari air hujan. Tahapan cara menanam bawang merah di musim hujan ini bertujuan agar mempermudah pengeringan supaya buah tak membusuk.

baik lah itu sedikit panduan bagi temen temen yang ingin mendapatkan hasil berlimpah membudidayakan bawang merah,semoga artikel ini bisa membantu temen temen semua