Cara Menabung Unik – Dengan segala keterbatasan teknologi, orang jaman dahulu nyatanya tetap menabung. Hanya, mereka menabung dengan cara yang lebih unik dari orang sekarang. Dahulu mana ada ATM, Kartu Debit dan Kartu Kredit. Sehingga ketika ingin mendapatkan uang cash akan sangat repot jika harus pergi dahulu ke Bank yang lokasinya tidak dekat.

Baca Juga : 5 Tips Menabung Dirumah Agar Cepat Terkumpul dan Untung Besar

Beginilah 6 Cara Menabung Unik Orang Zaman Dulu

1. Celengan

Celengan merupakan media penyimpanan uang dan media untuk melatih anak menabung. Pada zaman dahulu celengan merupakan barang yang sangat berguna banget.

Hal itu dikarenakan celengan merupakan tempat penyimpanan uang yang aman karena tidak semua orang tau bahwa benda tersebut adalah celengan. Jika kepepet butuh uang, yang memiliki celengan tinggal membukanya, lalu mengambil uang secukupnya.

Cara Menabung Unik

Cara Menabung Unik

Tinggal masukkan semua uang koin dan uang kertas, anda secara resmi sudah memiliki tabungan! Hanya resikonya adalah celengan bisa dengan mudah dibawa sehingga rentan untuk dicuri.

2. Gulungan Kasur

cara ini dapat digunakan ketika uang yang akan kita tabung tak bisa lagi disimpan di celengan. Orang dahulu lebih percaya bahwa menyimpan uang di lipatan kasur atau di gulungan kasur yang tidak terpakai adalah lebih praktis.

Cara Menabung Unik

Cara Menabung Unik

3. Lipatan Buku

Cara Menabung Unik

Cara Menabung Unik

Selain menyimpan uang di celengan, uang kertas juga biasanya pada zaman dahulu  disimpan dalam lipatan buku. Maksudnya sih agar tidak terlipat dan tetap terlihat seperti uang baru.

4. Koperasi

Menabung di Koperasi pada zaman dahulu terasa sama kerennya dengan menabung di Bank. Hal ini karena Koperasi memberikan kemudahan kepada anggotanya untuk menyimpan dan meminjam uang. Menemukannya pun mudah.

Sekarang ini juga masih banyak kita jumpai koperasi yang cukup besar dan berhasil. Akan tetapi koperasi pada saat ini sudah mulai tenggelan dikarenakan kalah pamor dengan bank-bank yang memiliki teknologi yang canggih.

5. Emas

Zaman dahulu, kebanyakan orang menganggap dengan membeli emas merupakan sebuah investasi yang dirasa sangat bisa diandalkan.

Menganggap emas sebagai salah satu bentuk investasi, sebenarnya orang jaman dahulu tidak salah, karena emas memang memiliki kecenderungan sebagai ‘safe heaven’. Dengan emas, uang anda malah justru naik.

6. Membeli Tanah, Rumah dan Kios

Jika uang mereka sudah banyak terkumpul, orang zaman dahulu akan menabung uang mereka dalam bentuk sepetak tanah ataupun malah membuat kios.

Banyak orang masih menjadi seorang pedagang pada zaman dahulu sehingga trend membeli kios di pasar juga merupakan pilihan menabung yang tak kalah keren dari membeli tanah dan rumah. Hal ini karena kios dapat disewakan dalam berbagai macam harga.

Baca Juga : Inilah 3 Tempat Menyimpan Uang Paling Aman di Rumah Anda